5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi 2021

12 Jul 2021 by Rindang Maulidia

Banyak aplikasi pinjaman dana online resmi beredar di tahun 2021 untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan finansial Sobat Pintar. Di pertengahan tahun 2021, banyak sekali hal terjadi yang mengakibatkan aktivitas ekonomi terhambat, salah satunya akibat adanya Pandemi COVID-19.

Untuk penuhi kebutuhan mendesak , Sobat Pintar bisa memilih untuk mengandalkan 5 aplikasi pinjaman online resmi berikut ini.

Vaksinasi tengah dijalankan, namun sayangnya aktivitas ekonomi belum bisa berjalan secara lancar. Akibatnya, cukup banyak Sobat Pintar yang harus mengelola keuangan dengan lebih baik lagi, serta kembali menata rencana jangka panjang dengan hati-hati.

Jika ada kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi, Sobat Pintar bisa memilih untuk mengandalkan 5 aplikasi pinjaman online resmi berikut ini.

Pengertian Aplikasi Pinjaman Online Resmi

Aplikasi tersebut, juga dikenal sebagai aplikasi fintech lending. Di Indonesia, era kemunculan fintech lending dimulai sejak tahun 2017.  Hingga saat ini, kehadiran fintech lending masih didambakan oleh masyarakat yang membutuhkan dana tunai cepat cair untuk segala kebutuhan.

Jika dibandingkan dengan layanan pinjaman dari bank, fintech lending menawarkan kemudahan berupa efisiensi metode pengajuan.

Sobat Pintar bisa mendapatkan dana pinjaman hanya dengan mengakses aplikasi fintech lending dengan cara mendaftarkan diri sebagai pengguna aplikasi dan mengajukan pinjaman.

Selain itu, proses pengajuan dan pencairan pinjaman tersedia dalam waktu 24 jam tanpa terbatas oleh jam kerja. Fintech lending juga umumnya menawarkan pinjaman bebas agunan. 

Mungkin, bagi peminat produk pinjaman, hal ini sounds too good to be true, namun plafon yang tersedia dalam aplikasi fintech lending tidak sebesar yang disediakan oleh layanan pinjaman dari perusahaan perbankan.

Di sisi lain, fintech lending tetap jadi idaman bagi Sobat Pintar yang mencari tambahan dana untuk berbagai kebutuhan mendadak.

Segala keunggulan yang dimiliki oleh fintech lending, sayangnya dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan melalui penipuan dengan iming-iming pinjaman tunai cepat cair tanpa aplikasi.

Untuk itu, Sobat Pintar wajib berhati-hati dengan adanya potensi penipuan tersebut. Percayakan kebutuhan finansial Sobat Pintar melalui 5 rekomendasi fintech lending di bawah ini.

Daftar Pinjaman Online Resmi 2021

Fintech lending di bawah ini memiliki status resmi beroperasi di Indonesia. Simak masing-masing kelebihannya dan carilah yang sesuai dengan kebutuhan finansial Sobat Pintar.

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi fintech lending tanpa agunan yang telah berdiri sejak tahun 2017 dan saat ini memiliki status resmi sebagai penyedia pinjaman dana online yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dengan Kredit Pintar, nasabah cukup menyertakan foto KTP sebagai syarat pengajuan pinjaman online legal yang dibutuhkan dalam aplikasi. Sobat Pintar bisa ajukan pinjaman hingga 20 juta rupiah, tergantung dari skor kredit yang dimiliki.

Proses pengajuan pinjaman berlangsung dalam waktu kurang dari 3 menit dan dana akan cair dalam kurun waktu 1×24 jam setelah persetujuan diterima.

Aplikasi Kredit Pintar tersedia untuk diinstall melalui Google Play Store.

Sebagai sebuah fintech lending terpercaya, Kredit Pintar menyediakan “kitab khusus” bagi pengguna dan Sobat Pintar yang berminat untuk menggunakan aplikasi Kredit Pintar. Kitab tersebut, dinamai sebagai Kredit Pintar Call Center FAQ.

Umumnya, halaman tersebut berisi berbagai pertanyaan yang dikumpulkan oleh tim Call Center Kredit Pintar yang sering ditanyakan oleh nasabah.

Halaman tersebut didedikasikan agar nasabah bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang sekiranya hendak diajukan dengan lebih cepat melalui halaman tersebut.

2. IndoDana

IndoDana adalah fintech lending yang menyediakan layanan pinjaman dana tunai dan bayar nanti, dalam satu aplikasi. Dalam layanan bayar nanti. IndoDana telah bekerjasama dengan berbagai merchant di Indonesia, seperti iStyle,Sepulsa, dan lain-lain.

Layanan bayar nanti tersebut, bisa dimanfaatkan apabila nasabah ingin membeli barang tertentu secara cicil, tanpa memiliki kartu kredit. Sementara itu, apabila nasabah membutuhkan dana tunai cepat cair, nasabah bisa memilih layanan pinjaman dana tunai.

Untuk menikmati layanan yang disediakan dalam aplikasi tersebut, nasabahnya harus memiliki penghasilan setidaknya sejumlah Rp 3.500.000,- per bulan.

3. Julo

Julo adalah fintech lending yang resmi beroperasi di Indonesia. Dengan Julo, nasabahnya bisa mendapatkan pinjaman hingga 8 juta rupiah. Perkiraan dana cair ke rekening setelah mendapatkan persetujuan adalah selama 2 x 24 jam.

Apabila nasabah membayar cicilan/melunasi pinjaman lebih awal dari tenggang waktu, maka akan berkesempatan untuk mendapatkan cashback.

4. Koinworks

Sebagai sebuah aplikasi fintech lending, Koinworks menyediakan 2 jenis layanan berdasarkan kategori penggunanya, yaitu bisnis dan personal.

Bagi pengguna untuk keperluan bisnis, syarat untuk mengajukan pinjaman adalah berupa KTP direktur/pemilik perusahaan, NPWP perusahaan, Mutasi rekening 3 bulan terakhir, dan laporan keuangan.

Sementara itu, bagi pengguna untuk kebutuhan personal, nasabah bisa mengajukan pinjaman melalui Koinworks dengan memenuhi persyaratan dokumen berupa; KTP, NPWP bila pengajuan pinjaman di atas 50 juta, KK apabila sudah menikah, dan mutasi rekening 3 bulan terakhir.

Tidak hanya mengajukan pinjaman, nasabah Koinworks juga bisa menjadi investor dengan mendaftarkan diri sebagai lender dalam aplikasi KoinWorks. Aplikasi Koinworks bisa didapatkan melalui App Store dan Google Play Store.

5. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah salah satu fintech lending yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga termasuk fintech lending yang resmi beroperasi di Indonesia. Aplikasi tersebut menawarkan pengajuan pinjaman hingga 20 juta rupiah dengan tenor selama 3 bulan. Nasabah bisa mendapatkan aplikasi Rupiah Cepat melalui Google Play Store.

Sobat Pintar, itulah 5 rekomendasi aplikasi pinjaman online resmi di Indonesia. Saat butuh dana tunai cepat cair, pastikan aplikasi yang dipilih merupakan aplikasi pinjaman online resmi agar terhindar dari penipuan pinjaman online ilegal.

Semoga membantu!