5 Syarat Mudah Untuk Mengajukan Proses Cepat Pinjaman Uang Online

5 Syarat Mudah Untuk Mengajukan Proses Cepat Pinjaman Uang Online

27 May 2021 by kreditpintar
5 Syarat Mudah Untuk Mengajukan Proses Cepat Pinjaman Online

Pengajuan pinjaman tunai saat ini semakin mudah, bahkan bisa dilakukan tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, dan secara online. Tidak heran jika pinjaman online saat ini semakin diminati oleh masyarakat, karena bisa memperoleh uang cepat. Namun ada syarat-syarat untuk mengajukan proses cepat pinjaman online uang cepat yang akan dibahas dalam ulasan berikut ini.

Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman Online

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah untuk memperoleh pinjaman online.

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Pinjaman dana cepat ini tersedia untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Maka, persyaratan paling utama yang harus dipenuhi adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia (KTP WNI) dan menetap di Indonesia. 

2. Batas Usia

Batas usia untuk mengajukan pinjaman biasanya adalah 21-60 tahun. Namun ada beberapa penyedia pinjaman yang memberikan kelonggaran, dengan usia minimal 18 tahun. Sobat Pintar perlu memperhatikan syarat ini supaya proses cepat pinjaman bisa dilakukan tanpa kendala berarti.

Akan tetapi, lebih baik tidak mengajukan pinjaman sebelum berusia 21 tahun. Hal ini berkaitan dengan kematangan pola pikir yang berpengaruh terhadap pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman. Selain itu, biasanya orang-orang yang berusia 21 tahun ke atas sudah berpenghasilan tetap, sehingga lebih mudah untuk membayar cicilan.

3. Batas Penghasilan

Setiap penyedia jasa pinjaman biasanya memiliki kebijakan masing-masing terkait batas minimal penghasilan tetap perbulan calon nasabahnya. Selain kebijakan internal, kondisi perekonomian daerah juga turut menentukan batas minimal penghasilan tetap untuk mengajukan pinjaman. 

Supaya pengajuan pinjaman online cepat cair tidak ditolak, Sobat Pintar harus memperhatikan syarat ini. Jika penghasilan tetap per bulan di atas UMR, pengajuan pinjaman kemungkinan besar akan disetujui. Namun jika penghasilan tetap per bulan di bawah UMR, biasanya pengajuan pinjaman sulit disetujui. Asumsinya, kalau untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari saja masih kurang, pembayaran cicilan pinjaman bisa saja terhambat.

4. Masa Tenor Pinjaman

Masa tenor pinjaman online biasanya tidak lama, sekitar 30 hari sampai dengan 360 hari. Dengan masa tenor yang singkat, pinjaman yang ditawarkan biasanya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Di Kredit Pintar, misalnya, limit pinjaman yang diberikan maksimal Rp20.000.000.

Selain bunga per bulan, keterlambatan pembayaran menyebabkan penambahan biaya keterlambatan. Biaya keterlambatan ini tergantung pada kebijakan masing-masing penyedia pinjaman.

5. Slip Gaji

Syarat berikutnya untuk memperoleh uang cepat adalah slip gaji. Jadi, pinjaman ini cocok untuk pekerja dengan gaji tetap, namun tidak memiliki jaminan atau kartu kredit. Tidak adanya syarat jaminan dan kartu kredit membuat pinjaman online mudah diajukan. Cukup lampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan tempat bekerja.

Proses Pengajuan Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman dana cepat ini dapat dilakukan secara online. Kurang lebih begini proses cepat pinjaman secara online.

Mengunjungi situs pinjaman atau mengunduh aplikasi pinjaman tersebut. Setelah itu, pilih jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan masa tenor yang Sobat Pintar sanggupi. Jika sudah, klik pilihan “Ajukan Pinjaman”.

Sesudah pengajuan pinjaman dana cepat  disetujui, peminjam akan dihubungi melalui telepon atau email untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Kalau dokumen sudah lengkap, peminjam akan dikirimi contoh surat perjanjian melalui email untuk dipelajari sebelum ditandatangani. Dalam surat itu sudah terdapat syarat-syarat dan ketentuan serta jadwal angsuran.

Surat perjanjian yang asli akan dikirim melalui pos untuk ditandatangani oleh peminjam. Proses berikutnya adalah penyedia pinjaman akan memeriksa data peminjam. Saat surat m perjanjian yang ditandatangani peminjam sudah diterima, uang akan ditransfer ke rekening peminjam. Jadwal jatuh tempo angsuran peminjam biasanya juga akan dikirimkan.

Proses cepat pinjaman di atas memang mudah ya, namun Sobat Pintar perlu bijak dalam memanfaatkannya. Kalau Sobat Pintar ingin mengajukan pinjaman online cepat cair, Kredit Pintar bisa membantu untuk itu.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk