Bagaimana jika Pinjaman Dana Online Tidak Dibayar

25 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 02 Sep 2022

Pinjaman dana online adalah salah satu inovasi teknologi yang sangat membantu masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan hidup dalam kondisi mendesak. Sementara itu, dalam transaksi peminjaman uang, umum terjadi peminjam yang tidak dapat melakukan pembayaran pinjaman dengan beragam alasan  Lantas, bagaimana jika pinjaman dana online tidak dibayar?

Kenali berbagai risikonya dalam artikel ini.

Baca juga : Risiko Salah Memilih Pinjaman Online

bagaimana jika pinjaman dana online tidak dibayar

Kenali berbagai risikonya dalam artikel ini.

Bagaimana Jika Pinjaman Dana Online Tidak Dibayar?

Pinjaman online menawarkan tenor pinjaman lebih singkat dengan nominal yang lebih kecil, jika dibandingkan pinjaman dana dari bank. Hal tersebut bisa menjadi sebuah kelebihan bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana tunai dalam keadaan mendesak, misal; biaya berobat, reparasi gadget, maupun menambah modal usaha.

bagaimana kalau kita tidak membayar pinjaman online

Sayangnya, dengan tenor singkat tersebut, terkadang ada pengguna yang kesulitan untuk mengumpulkan dana pembayaran pinjaman yang berakibat pada kasus gagal bayar. Gagal bayar adalah keadaan di mana peminjam dana tidak dapat melakukan pembayaran pinjaman kepada penyedia layanan pinjaman online.

Baca juga : Kenali Ciri Modus Penipuan Pinjaman Online Ilegal

Bagaimana jika pinjaman dana online tidak dibayar? Berikut risikonya.  

1. Penagihan oleh debt collector

Jika tidak membayar pinjaman online, peminjam akan terus menerus dihubungi oleh debt collector. Mereka bisa melakukan penagihan di mana pun peminjam berada. Jadi, selama pinjaman belum dibayar, peminjam akan mendapatkan kunjungan debt collector.

Namun, ada peraturan yang menyebutkan bahwa penagihan oleh debt collector akan berlangsung selama maksimal 90 hari. Lebih dari itu, peminjam akan otomatis masuk dalam blacklist pengajuan peminjaman sehingga tidak bisa mengajukan pinjaman di mana pun.

2. Adanya bunga dan denda pinjaman yang kian bertambah

Bunga pinjaman adalah adalah nominal balas jasa yang wajib dipenuhi oleh peminjam saat melakukan pembayaran pinjaman. Bunga pinjaman umum diterapkan dalam layanan pinjaman baik yang dilayani oleh bank maupun pinjaman online.

Jika tidak membayar pinjaman online tepat waktu, peminjam bisa mengalami bunga yang membengkak dan denda yang kian bergulir selama pinjaman belum dibayarkan. Tentunya, hal tersebut bisa sangat memberatkan peminjam.

3. Masuk dalam daftar blacklist SLIK OJK

Telah disebutkan dalam paragraf sebelumnya bahwa jika tidak membayar pinjaman online selama lebih dari 90 hari, peminjam akan masuk dalam blacklist pengajuan

pinjaman. Kemudian, blacklist tersebut akan dirangkum dalam SLIK OJK yang menyatakan bahwa peminjam tidak layak mendapatkan pinjaman dari penyedia pinjaman resmi manapun.

Penyebab Pinjaman Dana Online Tidak Dibayar

Setelah mengenali berbagai risiko jika tidak membayar pinjaman online, mari kita ketahui berbagai alasan gagal bayar berikut ini.

  1. Dana tidak cukup untuk melunasi pinjaman
  2. Adanya musibah yang dialami oleh peminjam sehingga menyebabkan mereka berada dalam kondisi pailit
  3. Peminjam tidak melakukan analisa terhadap kemampuannya untuk membayar pinjaman
 jika tidak membayar pinjaman online

Cara Agar Terhindar dari Gagal Bayar

Dengan mengenali berbagai risiko gagal bayar dalam paragraf sebelumnya, sebaiknya kamu menjaga riwayat pembayaran pinjaman secara disiplin. Apa saja tipsnya? Simak di sini.

1. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial

Sebelum mengajukan pinjaman, lakukan perhitungan terhadap rasio pendapatan dan jumlah pinjaman yang harus dilunasi beserta jumlah cicilannya per bulan. Formula yang sering direkomendasikan oleh penasihat keuangan adalah, jangan ajukan pinjaman dengan nilai cicilan lebih dari 30% pendapatan yang dimiliki.

2. Ajukan pinjaman untuk kebutuhan produktif

Hindari mengajukan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif, seperti; memberi barang hanya karena ingin mengikuti tren tanpa memiliki nilai guna. Akan lebih bijaksana, apabila pengajuan pinjaman dilakukan untuk kebutuhan produktif, misal; membeli gadget untuk keperluan pekerjaan, renovasi rumah, kebutuhan sehari-hari, dan biaya berobat.

3. Pasang pengingat sebelum masa tenor berakhir.

Penting untuk memasang pengingat sebelum masa tenggang pinjaman berakhir. Keterlambatan pembayaran pinjaman akan menyebabkan bunga dan denda keterlambatan kian menumpuk.

Baca juga : Tips Pengajuan Pinjaman Online

Demikianlah berbagai jawaban dari pertanyaan; bagaimana jika pinjaman dana online tidak dibayar. Semoga artikel ini bisa menjadi pencerahan bagi pembaca untuk memahami betapa pentingnya pembayaran pinjaman dengan tepat waktu. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

02 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download