Restrukturisasi Kredit: Definisi dan Syarat Pengajuan

28 Apr 2021 by kreditpintar
restrukturisasi kredit

Ketika terjadi masalah dalam sebuah kontrak perjanjian pinjaman, maka restrukturisasi kredit adalah sebuah langkah yang dapat dilakukan. Misalnya saja, nasabah yang gagal membayar cicilan karena masalah-masalah tertentu seperti PHK massal, bencana, atau kejadian alam yang tak terelakkan.  

Apa itu Restrukturisasi Kredit? 

Dalam bahasa mudahnya, restrukturisasi kredit atau penataan kredit kembali adalah pemberian keringanan yang dilakukan oleh pihak bank maupun leasing kepada nasabah. 

Penataan kredit kembali merupakan upaya perbaikan yang ditempuh bank dalam kegiatan peminjaman uang terhadap nasabah yang punya potensi mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya. 

Dalam kasus pandemi yang terjadi pada tahun 2020 kemarin, misalnya, banyak bank yang memberlakukan kebijakan tersebut, karena keadaan perekonomian dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya menjadi terhambat.  

Jangan salah mengartikannya, hal tersebut bukanlah penghapusan hutang melainkan pemberian keringanan terhadap cara pembayarannya. Hutang Anda tetap masih Ada namun bank atau kreditur yang lain akan memberikan penundaan cicilan maupun perpanjangan tenor.  

Ada banyak cara untuk memberlakukan kebijakan yang satu ini. Bank maupun kreditur dapat melakukan penataan kredit kembali antara lain melalui:

  • Penurunan suku bunga 
  • Perpanjangan jangka waktu
  • Pengurangan tunggakan bunga
  • Pengurangan tunggakan pokok
  • Penambahan fasilitas
  • Konversi kredit menjadi Modal Sementara

Dengan cara-cara ini, cicilan Anda harus tetap dibayar tapi kreditnya akan terasa lebih ringan. 

Syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan permohonan

Untuk dapat memohon restrukturisasi pada pihak bank atau pinjaman online, ada 2 syarat yang mesti Anda penuhi:

  1. Anda atau kreditur mengalami kesulitan dalam melakukan pelunasan hutang pokok serta bunga kredit yang telah disepakati.
  2. Nasabah juga mempunyai prospek usaha yang menjanjikan jadi Bank maupun pihak peminjam menilai bahwa kemampuan nasabah dalam melunasi kewajiban hutang setelah restrukturisasi masih baik.  

Proses pengajuan permohonan

  1. Anda sebagai nasabah harus mengajukan permohonan terlebih dahulu untuk mendapatkannya. 
  2. Selanjutnya pihak bank maupun pinjaman online akan melakukan survey dan assesment. 
  3. Pihak perusahaan atau bank kemudian memberikan penataan kredit kembali dengan merujuk pada analisa risiko nasabah. 
  4. Informasi persetujuan pemberian penataan kredit dapat disampaikan secara online maupun melalui situs masing-masing kreditur.

Saat Anda mengajukan penataan kredit kembali, pihak bank akan menilik ulang kemampuan finansial Anda. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen keuangan dengan lengkap sebelum mengajukan permohonan. 

Karena kebijakan ini cenderung diberikan kepada pengusaha maka Anda harus memberikan laporan keuangan usaha agar Bank percaya pada kemampuan Anda membayar sejumlah kredit yang diberikan. 

Sangatlah penting bahwa usaha Anda memiliki pengelolaan keuangan yang jelas. Terlebih lagi Anda harus mampu membuktikan kondisi keuangan Anda kepada peminjam dengan baik. 

Selain pengelolaan keuangan, Anda juga harus dapat menunjukkan pencatatan transaksi dengan baik. Untuk itu, kami sarankan untuk memilih-milih software keuangan yang cocok dengan usaha Anda supaya laporan dapat Anda dapatkan secara praktis serta instan. 

Contoh Penerapan Restrukturisasi Kredit karena Kondisi Khusus

Tidak hanya bagi pengusaha, kebijakan ini dapat dilakukan dalam sebuah kondisi khusus. Misalnya, penataan kredit kembali yang diberikan kepada mitra ojek online baru-baru ini. 

Pasa pandemi, ojek online mengalami penurunan konsumen yang drastis. Apalagi PSBB diberlakukan dimana-mana sehingga mereka tidak dapat bekerja dengan maksimal. Untuk itulah kebijakan khusus restrukturisasi dapat diberlakukan. 

Para mitra ojek online dapat keringan tenor angsuran dan suku bunga pinjaman dalam jangka waktu tertentu yaitu 3 bulan hingga 12 bulan. Restrukturisasi kredit ini adalah kebijakan yang harus diambil karena kondisi khusus.

kredit pintar