Apa itu Kredit? Tujuan, Jenis dan Fungsi Kredit

Apa itu Kredit? Tujuan, Jenis dan Fungsi Kredit

20 Apr 2021 by dan.shen
apa itu kredit

Apa itu Kredit? Kredit adalah kemampuan untuk meminjam uang atau mengakses barang dan jasa dengan pemahaman bahwa Anda akan membayarnya nanti.

Pemberi pinjaman, pedagang dan penyedia pinjaman online memberikan kredit berdasarkan kepercayaan mereka. Dalam artian Anda dapat dipercaya untuk membayar kembali apa yang Anda pinjam, bersama dengan biaya keuangan tambahan yang mungkin berlaku.

Sejauh kreditor menganggap Anda layak atas kepercayaan mereka, Anda bisa dikatakan layak mendapatkan kredit, atau memiliki “kredit yang baik”

Bagaimana Cara Kerja Kredit?

Ketika anda bertanya apa itu kredit, maka Anda mengacu pada perjanjian untuk membeli produk atau layanan dengan janji tegas untuk membayarnya nanti. Ini dikenal sebagai membeli secara kredit.

Bentuk paling umum dari pembelian secara kredit saat ini adalah melalui penggunaan kartu kredit. Cara ini menjadi perantara pada perjanjian kredit: bank yang menerbitkan kartu membayar pedagang secara penuh dan memberikan kredit kepada pembeli, yang dapat membayar kembali bank tersebut dari waktu ke waktu.

Jumlah uang yang dimiliki konsumen atau bisnis atau kelayakan kredit mereka umum juga disebut kredit. Misalnya, seseorang mungkin berkata, “Dia memiliki kredit yang bagus, jadi dia tidak khawatir tentang bank yang menolak aplikasi KPR-nya”

Tujuan Kredit

Kredit adalah bagian dari kekuatan finansial Anda. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan apa saja yang Anda butuhkan sekarang, seperti pinjaman untuk mobil atau kartu kredit, berdasarkan janji Anda untuk membayar nanti.

Bekerja untuk meningkatkan kredit Anda membantu memastikan Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman saat Anda membutuhkannya. Jadi, memiliki kredit yang baik merupakan kebutuhan bagi semua orang.

Ketika pihak kreditur meminjamkan uang kepada debitur, tujuan kredit dapat disimpulkan sebagai berikut ini:

  1. Mencari keuntungan dari bunga yang diberikan oleh nasabah
  2. Membantu nasabah untuk membeli kebutuhan maupun mengembangkan usahanya
  3. Membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian bangsa

Semakin banyak kredit tersalur maka semakin baik pula perekonomian bangsa. Terlebih lagi, jika kredit yang dimainkan adalah kredit usaha. Banyaknya kucuran dana dalam kredit usaha akan meningkatkan pembangunan bangsa dalam berbagai sektor ekonomi.

Fungsi Kredit

Karena kredit menyumbang hal-hal besar bagi perekonomian negara maka kredit memiliki beragam fungsi antara lain:

  1. Meningkatkan daya guna dari uang
  2. Memotivasi gairah dalam membangun usaha
  3. Menunjang peredaran serta lalu lintas uang negara
  4. Menjaga stabilitas perekonomian bangsa
  5. Mempererat hubungan internasional
  6. Meningkatkan daya guna dari komoditas barang
  7. Membantu pemerataan pendapatan bagi masyarakat
  8. Sebagai dinamisator dan motivator bagi seluruh kegiatan perekonomian dan perdagangan
  9. Memperluas jangkauan modal dari sebuah perusahaan
  10. Memperbesar nominal IPC (Income Per Capita) warga negara
  11. Merevolusi pola pikir dan tindakan ekonomi masyarakat unggul agar lebih dinamis dan terstruktur.

Kredit memiliki banyak sekali jenisnya. Dibagi menjadi dua bagian, kredit yang diambil dapat bersifat konsumtif maupun produktif.

Apa itu kredit dan jenis-jenisnya?

Apa itu kredit berdasarkan jenisnya? Inilah jawaban lengkapnya!

Kredit konsumtif meliputi kredit kendaraan bermotor, kredit kepemilikan rumah, kartu kredit dan masih banyak lagi. Kredit konsumtif artinya kredit yang Anda ambil untuk membeli barang maupun properti yang merupakan kebutuhan Anda sendiri. Dalam artian, kredit ini tidak Anda ambil untuk proses usaha.

Sedangkan, kredit produktif meliputi Kredit usaha rakyat (KUR) dan segala urusan kredit yang menyangkut berbagai sektor usaha. Kredit seperti ini disebut produktif karena uang kredit akan diputar kembali untuk menghasilkan usaha yang menguntungkan.

Sekian ulasan kami mengenai apa itu kredit beserta fungsi dan tujuan. Semoga dapat membantu seluruh proses kredit Anda.

kredit pintar