Cara Cek Skor Kredit Di SLIK OJK

17 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 22 Nov 2021

Semenjak adanya Paylater, banyak anak-anak muda yang tergiur untuk selalu berbelanja tanpa memikirkan kondisi keuangannya saat ini. Akhirnya, mereka kelabakan mencari uang untuk melunasi pinjaman mereka. Paylater memang dibuat untuk memudahkan kita untuk berbelanja, tapi terlalu sering menggunakannya bisa menyebabkan skor kredit menjadi hitam! Untuk jaga-jaga, kali ini Kredit Pintar akan memberikan tips cara cek skor kredit di SLIK OJK.

Berikut penjelasannya:

Cara Biar Tidak Memiliki Skor Kredit Jelek

  1. Ketahui Kemampuan Membayar Cicilan atau Hutang

Cara pertama biar Sobat Pintar tidak memiliki skor kredit jelek adalah menjadi realistis dengan status keuangan Sobat Pintar. Dengan begitu, Sobat Pintar akan mengetahui batas kemampuan Sobat Pintar saat mengajukan kredit atau pinjaman ke bank.

Jadi, Sobat Pintar harus tahu dulu nih, bagaimana kondisi perekonomian keluarga Sobat Pintar, mengelola keuangan, berapa banyak kemampuan mengajukan cicilan dan pembayaran cicilan tersebut.

Selalu hindari mengajukan pinjaman atau mencicil dengan nominal di luar kemampuan. Mengajukan dana dengan jumlah banyak dapat membuat keadaan keuangan Sobat Pintar tidak stabil.

  1. Jangan Memanipulasi Pihak Bank

Mungkin Sobat Pintar memang membutuhkan pinjaman bank dalam jumlah yang besar, tapi jangan sampai Sobat Pintar memanipulasi kondisi keuangan dan penghasilan yang Sobat Pintar hasilkan setiap bulannya ke pihak bank. Tindakan ini selain membuat Sobat Pintar masuk ke dalam masalah hukum, Sobat Pintar juga akan mengalami masalah keuangan yang lebih berat.

Memang, bank mungkin saja akan menyetujui permohonan Sobat Pintar dan memberikan pinjaman sejumlah yang diminta, tapi setelahnya Sobat Pintar akan kesulitan membayar cicilan pinjaman tersebut. Alhasil, Sobat Pintar akan melakukan gali-tutup lubang. Jika sudah begini, berawal dari meminjam di satu tempat, Sobat Pintar akan mulai mencari-cari tempat lain untuk meminjam sejumlah uang untuk menutup hutang di tempat yang lain.

  1. Tepat Waktu Membayar Cicilan

Setelah memiliki pinjaman di bank, Sobat Pintar memiliki kewajiban untuk membayar nilai cicilan yang dipinjam setiap bulannya. Idealnya, besaran cicilan ini tidak boleh melebihi 30% gaji yang Sobat Pintar terima setiap bulannya.

Hal ini dilakukan supaya Sobat Pintar tidak akan kewalahan untuk membayar cicilan tetap waktu. Dengan begitu, Sobat Pintar terbebas dari rasa takut dan cemas untuk membayar cicilan dan juga kredit skor Sobat Pintar akan selalu baik.

  1. Disiplin Membayar Cicilan

Sobat Pintar harus tahu kapan tanggal jatuh tempo bayar cicilan kamu. Jangan sampai kamu hanya sigap mencari dan mengajukan kredit saja tapi sangat loyo ketika membayar hutang kamu.

Jadi, selalu perhatikan kapan jatuh tempo cicilan hutang Sobat Pintar. Jika tangal jatuh tempo cicilan kamu dapat kiriman gajian di tanggal 25 dan jatuh tempo hutang Sobat Pintar di tanggal 30, segeralah bayar cicilan tersebut supaya Sobat Pintar tetap memiliki penilaian kredit yang baik.

“Saya sudah terlanjur mengalami hambatan dalam membayar cicilan, bagaimana saya bisa cek skor kredit saya?”

Nah, buat Sobat Pintar yang sudah terlanjur memiliki riwayat skor kredit yang jelek dan sekarang ingin mengajukan pinjaman yang baru, kalian bisa melihat skor kredit Sobat Pintar dengan cara berikut ini:

Cara Cek Skor Kredit di SLIK OJK

  1. Persiapkan Dokumen Pendukung

Pertama, Sobat Pintar harus menyiapkan berkas-berkas pendukung seperti fotokopi identitas diri dan tanda pengenal. Jika Sobat Pintar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) maka gunakan KTP, jika Sobat Pintar merupakan Warga Negara Asing (WNA), maka harus menggunakan fotokopi paspor. Jika Sobat Pintar diberikan kuasa, maka siapkan fotokopi identitas beserta surat kuasa asli.

  1. Isi Formulir Pendaftaran SLIK OJK Online

Kunjungi situs SLIK pada https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi. Setelah itu, Sobat Pintar lengkapi formulir yang tersedia dan memilih jadwal waktu yang tersedia dalam slot antrian.

  1. Jam Antrian Online

Pastikan untuk memperhatikan waktu layanan yang disediakan oleh OJK pada saat mengisi formulir pendaftaran SLIK. Biasanya, Sobat Pintar bisa melakukan pengecekan riwayat kredit melalui SLIK OJK pada hari Senin-Jumat.

  1. Verifikasi Data

Setelah itu, Sobat Pintar akan menerima surat persetujuan melalui email untuk proses verifikasi data ke nomor WhatsApp OJK-SLIK yang tercantum dalam email yang dikirim.

  1. Periksa EMail

Periksalah email yang masuk pada akun email Sobat Pintar secara berkala. Biasanya, SLIK OJK akan mengirimkan dokumen berupa informasi kredit melalui email. Jika Sobat Pintar masih merasa kesulitan untuk melihat riwayat kredit, SLIK OJK sudah menyediakan panduan yang bisa Sobat Pintar lihat di website resminya.

Apa Itu Sistem SLIK OJK?

SLIK merupakan singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan yang merupakan sistem untuk kita mengecek riwayat kredit dalam sistem yang dirancang oleh OJK. SLIK ini juga merupakan sistem pengawasan keuangan yang digunakan sebagai pengganti dari BI Checking.

SISTEM SLIK-OJK ini sudah diatur dalam UU No.21 Tahun 2011 peralihan layanan SID dari BI (Bank Indonesia) ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sistem SLIK ini dimanfaatkan oleh banyak bank untuk mengetahui riwayat kredit untuk menjadikannya pertimbangan apakah debitur tersebut layan mendapatkan pinjaman atau kredit.

Keunggulan Mengecek Riwayat Kredit Dengan SLIK

Sistem SLIK ini memang diharapkan untuk mempermudah bank memproses pengajuan kredit, sehingga tingkat kemampuan masyarakat yang mengajukan kredit yang macet dan bermasalah akan berkurang. Selain itu, SLIK memiliki banyak keunggulan-keunggulan lain seperti:

  1. Melihat riwayat kredit melalui SLIK Online Sangat mudah melalui perangkat desktop dan ponsel pintar.
  2. Informasi yang tercantum dan disimpan dalam sistem SLIK merupakan informasi yang akurat dan detail, termasuk segala jenis transaksi seperti di lembaga keuangan bank, non-bank, dan pengadilan.
  3. Pelaku UMKM akan mendapat kemudahan untuk mengajukan pinjaman dan menerima pinjaman dengan mengecek riwayat kredit.
  4. Data yang ada pada SLIK sangat terperinci, bahkan tagihan listrik dan air ada di dalam data SLIK.

Cara Keluar Dari Daftar Hitam

Jika Sobat Pintar sudah terlanjur masuk dalam daftar hitam di BI Checking dan ingin keluar dari daftar tersebut, Sobat Pintar harus melakukan tiga hal berikut ini:

  1. Melunasi Hutang Kredit

Cara pertama supaya Sobat Pintar bisa keluar dari daftar piham adalah dengan menyelesaikan hutang kredit yang sudah Sobat Pintar ajukan.

Sobat Pintar bisa mengunjungi bank dan berbicara secara langsung dengan pihak bank untuk mencari solusi terbaik untuk kedua belah pihak. Meskipun nominal pinjaman Sobat Pintar besar, tetap berusaha untuk melunasi hutang tersebut dan tidak menghindarinya.

  1. Mengajukan Keringanan Cicilan

Kedua, mintalah kepada pihak bank untuk menurunkan nominal cicilan dan juga masa tenor yang lebih panjang. Biasanya, bank akan menerima permohonan tersebut dan memberikan keringanan paling tinggi 50% dari jumlah hutang yang dibayarkan.

  1. Membuat Laporan Pelunasan Hutang

Setelah melunasi semua hutang yang ada, pihak bank akan memberikan surat pernyataan bahwa Sobat Pintar telah melunasi semua tanggungannya. Selanjutnya, Sobat Pintar bisa datang ke kantor OJK dengan membawa bukti tersebut. Setelah itu, pihak OJK akan memperbarui status Sobat Pintar dan keluar dari daftar hitam BI Checking.

Yuk, Cek Skor Kredit di SLIK OJK!

Jadi itulah cara cek skor kredit di SLIK OJK. Jangan sampai Sobat Pintar masuk ke daftar hitam BI Checking, ya! Tetap jaga alur kas keuangan kamu tetap sehat.

22 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload