Salah Pilih Pinjaman Online Tenor Panjang, Ini Bahayanya

27 Jan 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 12 Aug 2022

Pinjaman Online tenor panjang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk melunasi utang dalam jangka panjang sehingga cicilan terasa lebih ringan. Oleh karena itu, pinjaman dana seperti ini sangatlah menarik minat masyarakat.

pinjaman online tenor panjang

Tetapi masih ada saja masyarakat yang terjebak dalam penawaran pinjaman online yang tidak resmi dan tidak menyadari bahayanya. Untuk itu, Sobat Pintar, yuk simak berbagai bahaya yang mengintai jika kita salah memilih pinjaman online limit besar tenor panjang dan berbagai tips agar Sobat Pintar bisa mendapatkan pinjaman online yang aman.

Bahaya jika Salah Memilih Pinjaman Online Tenor Panjang

Dengan adanya pinjaman online, masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk mengajukan pinjaman karena proses pengajuan bisa dilakukan hanya dengan aplikasi yang terpasang di smartphone. Sayangnya, dengan proses online, tidak semua masyarakat bisa mengetahui apakah pinjaman yang dipilih merupakan pinjaman online resmi atau tidak. Jika tidak berhati-hati dalam memilih pinjaman, inilah bahaya yang mengintai.

pinjaman online tenor panjang

1.      Bunga dan denda tinggi

Pinjaman online tenor panjang yang tidak resmi, bisa menerapkan bunga dan denda tanpa mengikuti anjuran yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Misalnya, bunga yang ditetapkan saat pengajuan bisa jadi berubah menjadi lebih besar tanpa sepengetahuan debitur.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi 2021

Hal tersebut bisa saja terjadi karena pinjaman online yang tidak resmi tidak memberikan perjanjian pinjaman saat debitur mengajukan pinjaman. Alhasil, debitur hanya mengetahui bahwa dirinya bisa mengakses pinjaman online limit besar tenor panjang tanpa mengetahui kalau pinjaman tersebut bukanlah pinjaman resmi.

2.      Besarnya risiko pencurian data pribadi

Jangan asal memilih pinjaman online limit besar tenor panjang jika Sobat Pintar ingin menjaga keamanan data pribadi. Data pribadi merupakan aset individu yang wajib dilindungi oleh negara dan terbukti telah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) No 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) ditetapkan 7 November 2016, diundangkan dan berlaku sejak 1 Desember 2016.

Bocornya data pribadi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan tindak kriminal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika Sobat Pintar menggunakan pinjaman online tidak resmi, akan ada potensi risiko pencurian data yang dilakukan pinjaman online tersebut karena mereka tidak beroperasi di bawah pengawasan OJK.

Tips Memilih Pinjaman Online Tenor Panjang yang Aman

Pinjaman online tenor panjang sering dianggap sebagai solusi terbaik untuk mendapatkan pinjaman saat ada kebutuhan mendadak. Tetapi jangan sampai Sobat Pintar mengorbankan keamanan untuk menggunakan pilihan tersebut. Simak tips memilih pinjaman online yang aman berikut ini.

pinjaman online limit besar tenor panjang

Tips 1: Menghitung Kemampuan Pembayaran

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah menerapkan perhitungan khusus untuk mengetahui kemampuan finansial Sobat Pintar. Hal ini penting untuk direncanakan sebelum menentukan pinjaman online tenor panjang.

Pasalnya, tenor pinjaman akan berkaitan erat dengan jumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jadi, pastikan Sobat Pintar telah mengetahui alokasi dana yang dapat disisihkan per bulannya untuk melunasi utang pinjaman online.

Baca juga: 4 Syarat Pinjaman Online Mudah dari Kredit Pintar

Ada cara mudah untuk melakukan perhitungan ini, yaitu, dengan membuat daftar kebutuhan bulanan. Setelah itu, Sobat Pintar juga dapat menghitung total pendapatan dan menguranginya dengan perkiraan kebutuhan. Nominal sisanya menjadi perkiraan jumlah dana untuk membayar pinjaman.

Tips 2: Gunakan Pinjaman Online Tenor Panjang yang Resmi

Tidak semua pinjaman online yang beredar di media sosial merupakan pinjaman yang resmi. Untuk mengetahui apakah pinjaman online resmi atau tidak, Sobat Pintar bisa menghubungi layanan OJK melalui Whatsapp di 081157157157.

Layanan tersebut tersedia di jam kerja dan Sobat Pintar bisa menanyakan apakah pilihan pinjaman online yang akan digunakan sudah terdaftar/berizin dan diawasi OJK melalui nomor Whatsapp tersebut.

Jika terbukti sudah terdaftar/berizin dan diawasi OJK, Sobat Pintar bisa menggunakannya untuk mengajukan pinjaman. Namun, jika tidak, jangan gunakan pinjaman online tersebut karena sudah pasti bukanlah pinjaman yang resmi.

Tips 3: Pastikan Bahwa Pinjaman Online yang Dipilih Memiliki Situs Resmi

Penting bagi Sobat Pintar untuk mencari tahu apakah pinjaman online yang akan digunakan sudah memiliki situs resmi di Google. Misalnya, sebagai pinjaman online resmi, situs Kredit Pintar bisa dengan mudah ditemukan di google dengan alamat www.kreditpintar.com.

Dalam situs tersebut, pengunjung bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang produk, cara pengajuan, daftar pertanyaan yang sering ditanyakan, dan informasi layanan pelanggan secara lengkap.

pinjaman online limit besar tenor panjang

Dengan menampilkan berbagai informasi tersebut, artinya Kredit Pintar berkomitmen sebagai pinjaman online resmi yang ingin berkontribusi dalam menyediakan pinjaman yang bisa diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Limit Besar Tenor Panjang

Meskipun pinjaman diajukan tanpa perlu tatap muka, bukan berarti debitur bisa melalaikan pembayaran pinjaman. Jadi, sebelum Sobat Pintar mengajukan pinjaman tenor panjang, mohon perhatikan baik-baik durasi pembayaran cicilannya.

Baca juga: Mengenal 4 Ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Tenor dan cicilan harus disesuaikan dengan kemampuan finansial agar Sobat Pintar bisa membuat perhitungan yang matang dan tidak mengganggu pengelolaan pengeluaran dana per bulan.

Semoga bermanfaat!

Pinjaman online tenor panjang

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

12 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download