3 Tips Memilih Pinjaman Online Tenor Panjang

20 Apr 2021 by Laruan
pinjaman online tenor panjang

Pinjaman Online dengan tenor panjang memberikan kesempatan pada Anda untuk melunasi hutang dalam jangka panjang sehingga cicilan terasa lebih ringan. Oleh karena itu, pinjaman dana seperti ini sangatlah menarik minat masyarakat.

Meskipun tentu saja tenor pendek sebenarnya lebih menguntungkan, membayar pinjaman online dengan tenor panjang dapat memberi ruang gerak yang leluasa terhadap Anda. Jadi, ketika Anda membutuhkan kredit, Anda juga harus memperhatikan baik-baik durasi pembayaran cicilannya.

Tenor dan cicilan harus Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial sendiri. Hitunglah terlebih dahulu berapa pendapatan Anda per bulan serta berapa yang mampu Anda sisihkan untuk membayar kredit. Dengan demikian, Anda akan mendapat gambaran yang lebih baik ketika melakukan pinjaman dana.

Jika ternyata penghasilan Anda tidak mencukupi untuk membayar cicilan dalam tempo yang pendek, ada baiknya Anda tidak memaksakan diri. Apalagi Anda pun juga pasti telah memiliki tanggung jawab lain yang harus dipenuhi bagi keluarga.

Pinjaman online tenor panjang akhirnya jadi solusi terbaik. Anda tetap bisa mengambil dana tambahan dan membayarnya dengan cicilan yang rendah. Berikut ini adalah tips-tips dari Kredit Pintar ketika hendak memutuskan tenor pinjaman jangka panjang.

Tips 1: Menghitung Kemampuan Anda

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan perhitungan khusus untuk mengetahui kemampuan finansial Anda. Hal ini penting ketika hendak menentukan pinjaman online tenor panjang.

Pasalnya, tenor pinjaman akan berkaitan erat dengan jumlah uang yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Jadi, pastikan Anda telah mengetahui alokasi budget yang dapat Anda sisihkan per bulannya untuk melunasi hutang Anda.

Cara mudah yang dapat Anda ikuti adalah dengan membuat daftar kebutuhan bulanan. Setelah itu, Anda juga dapat menghitung total pendapatan Anda dan menguranginya dengan perkiraan kebutuhan. Nominal sisanya menjadi kisaran alokasi dana untuk membayar cicilan.

Sudah tahu berapa kisaran dana yang Anda punya? Sekarang saatnya memilih tenor yang sesuai dengan alokasi dananya. Jangan lupa untuk memastikan Anda tetap memiliki dana darurat sehingga segala kebutuhan dapat terpenuhi dan hutang pun aman! 

Tips 2: Gunakan Asuransi Kredit pada Pinjaman Online Tenor Panjang

Jika Anda ternyata ingin mengambil pinjaman online tenor panjang, asuransi kredit adalah hal yang wajib menjadi pertimbangan. Apalagi, ada banyak sekali hal yang mungkin terjadi dalam tempo yang lebih panjang misalnya PHK, kecelakaan dan lain sebagainya.

Untuk menghindari risiko seperti ini, Anda membutuhkan asuransi kredit. Tujuannya adalah supaya sisa hutang Anda tetap bisa lunas meskipun banyak hal telah terjadi.

Fitur asuransi kredit dapat menjadi mitigasi risiko yang baik. Maka dari itu, ketika melakukan pinjaman online tenor panjang asuransi menjadi hal yang wajib. 

Tips 3: Memilih Bunga Pinjaman Rendah

Membanding-bandingkan bunga pinjaman merupakan hal yang wajar ketika hendak mengambil kredit. Terlebih lagi jika yang Anda pilih adalah pinjaman online tenor panjang.

Jangan termakan promo atau terburu-buru memilih. Anda perlu juga mempertimbangan bunga pinjaman yang akan Anda ambil. Risetlah dengan baik segala aplikasi pinjaman dana yang tersedia dan lakukan komparasi sebelum memilih.

Kredit Pintar menyarankan agar Anda juga mengecek terlebih dahulu apakah aplikasi pinjaman online yang telah Anda pilih sudah memiliki izin dari OJK. Ini supaya Anda aman dari masalah legal yang mungkin datang di masa depan.

Pada akhirnya, pinjaman online tenor panjang membutuhkan kontrak kepercayaan penuh antara pihak penyedia dan pemohon. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati dengan komitmen yang akan Anda ambil.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload