Waspadai Bahaya Pinjaman Abal-Abal Kredit Tanpa Agunan

07 Feb 2018 by Edwin

Personal loan atau kerap disebut KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah salah satu layanan bank di mana nasabah dapat mengajukan pinjaman uang tanpa perlu memberikan jaminan. Baik itu sertifikat tanah, BPKB, maupun surat-surat berharga lainnya.

Semua orang dapat mengajukan KTA sepanjang memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan oleh bank itu sendiri.

KTA memiliki sistem di mana terdapat beban bunga dan biaya administrasi. Berbeda dengan pinjaman pada umumnya, KTA akan memotong biaya administrasi secara langsung.

Sebagai contoh, jika kamu meminjam Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), maka biaya administrasinya harus kamu bayar di muka. Jadi kamu mungkin hanya akan mendapatkan dana sebesar Rp9.500.000,00, atau bahkan kurang dari itu.

Potongan biaya administrasi inilah yang kerap dijadikan modus penipuan berkedok KTA (kredit tanpa agunan). Penipuan ini biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan bank-bank tertentu.

Trik penipuan berkedok KTA ini kerap dilakukan melalui telepon, email, maupun pesan SMS. Lalu bagaimana caranya agar tidak menjadi korban penipuan berkedok KTA?

  1. Ajukan KTA Langsung di Bank
    Seberapapun meyakinkannya seorang sales, kamu jangan langsung tergiur akan tawaran KTA yang dijanjikannya. Cara terbaik dan teraman mengajukan KTA adalah dengan:- Mendatangi langsung bank tersebut
    – Melakukan transaksi dengan sales secara langsung di bank yang bersangkutanKamu juga dapat mengunjungi fintech-fintech populer yang sekiranya dapat memberikan saran, bantuan, ataupun konsultasi mengenai pengajuan KTA.
  2. Jangan Langsung Tergiur, Kenali Produk KTA Tersebut
    Berbeda bank, berbeda juga kewajiban-kewajiban yang harus kamu penuhi ketika mengambil produk KTA.Check dengan teliti berbagai hal yang meliputi syarat pengajuan dana, besaran bunga dan biaya administrasi, biaya lain-lain, serta hak dan tanggung jawab kedua belah pihak (kamu maupun pihak bank).Jangan sampai kamu mengambil produk pinjaman uang yang kewajibannya tidak sanggup kamu penuhi.
  3. Jangan Terlalu Mudah Memberikan Data Pribadi
    Perhatikan dengan seksama berbagai hal ketika kamu mengajukan KTA melalui sales/marketing. Kamu tidak perlu membagikan seluruh data diri kamu kepada sales KTA. Beberapa data yang sangat sensitif di antaranya adalah pin ATM, nama ibu, dan berbagai jenis password.

Semoga beberapa cara di atas dapat membantu kamu dalam mendapatkan kredit tanpa agunan dengan persyaratan yang mudah, dan dengan potongan biaya yang kecil dan transparan.

Kalau Kamu masih bingung menentukan pinjaman tanpa agunan dengan tenor yang relatif singkat, coba aja KreditPintar dengan proses install yang mudah, pengisian data yang nggak ribet, bahkan hanya bermodal KTP. Kamu bisa mendapatkan pinjaman sampai 2 juta rupiah lho!

Penasaran? Yuk install app-nya di https://goo.gl/NpwFBz

mobile-closeKredit PintarDownload