Ketahui Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online Agar Tidak Membebani!

13 Apr 2021 by Laruan
cara melunasi hutang pinjaman online

Pinjaman online di Indonesia atau perusahaan financial technology sangat berkembang pesat di Indonesia. Bagaimana tidak? Perusahaan fintech menawarkan pinjaman online yang mudah diakses, bunga rendah dan cepat cair kurang dari 24 jam. Namun, sayangnya banyak orang yang tidak dapat mengatur keuangannya sehingga menjadi terlilit hutang pinjaman online. Jika kamu tidak ingin mengalami hal seperti ini, berikut beberapa kiat-kiat cara melunasi hutang pinjaman online.

Cari tambahan penghasilan

Ketika kamu melakukan pinjaman online, tentunya kamu akan menyesuaikan dengan penghasilan. Jika ternyata penghasilan kamu belum cukup untuk menutupi hutang pinjaman online dengan kebutuhan, kamu dapat mencari penghasilan tambahan. Salah satu penghasilan tambahan bisa dengan buka usaha online yang tidak memerlukan banyak modal. Atau apabila kamu sama sekali tidak ada modal, cobalah usaha online dengan sistem dropship dimana kamu hanya bertugas untuk memasarkan produk saja.

Buat list semua hutang pinjaman online

Jika meminjam dari banyak pinjaman online, maka alangkah baiknya kamu mencatat seluruh rincian hutang. Mulai dari jumlah hutang, nama pinjaman online, minimal cicilan, sampai dengan besar bunga yang harus dibayarkan. Hal ini mungkin terlihat remeh, namun akan membantu kamu untuk membayar hutang pinjaman online lebih terencana.

Susun hutang berdasarkan prioritas

Kiat cara melunasi hutang pinjaman online selanjutnya adalah susunlah hutang pinjaman berdasarkan prioritas. Kamu dapat menyusunnya berdasarkan hutang pinjaman online mana yang terlebih dahulu harus dibayarkan. Bisa berdasarkan jumlah pinjaman online yang terkecil sampai terbesar, atau dari yang bunga rendah sampai dengan yang terbesar. Yang mana saja boleh, asalkan kamu sebagai peminjam konsisten dengan daftar yang telah dibuat tersebut.

Hindari refinancing

Kiat ini bukan saja harus dihindari melainkan jangan pernah dilakukan! Apa itu refinancing? Refinancing ialah upaya membayar hutang dengan melakukan pinjaman baru dengan bunga rendah daripada hutang sebelumnya. Kondisi ini biasa dikenal dengan istilah “gali lubang, tutup lubang”. Walaupun terlihat akan menyelesaikan masalah, namun kamu akan semakin masuk dalam pusaran hutang.

Berhemat

Memiliki hutang pinjaman online maka sudah seharusnya kamu berhemat. Batasi keinginan yang sebenarnya tidak terlalu kamu perlukan. Kurangi jajan di luar rumah dan mulai bawa bekal sehingga uangnya dapat disisihkan untuk membayar hutang pinjaman online. Mungkin akan sulit pada awalnya, namun jika kamu tekun maka akan terbiasa.

Diskusikan dengan keluarga

Bicarakan perihal hutang pinjaman online dengan keluarga, mungkin keluarga kamu dapat memberikan solusi atau bantuan dana untuk melunasi hutang pinjaman online kamu. tidak hanya itu, dengan berdiskusi dengan keluarga akan membantu kamu untuk tidak stres dan lebih rileks. Jika kamu canggung membicarakan masalah hutang dengan keluarga, kamu dapat berdiskusi dengan teman dekat. Walau mungkin tidak dapat membantu material, namun dapat melepaskan beban pikiran.

Setelah mengetahui kiat cara melunasi hutang pinjaman online, sudah yakin untuk melakukan pinjaman online? Kamu dapat coba kredit pintar, ialah perusahaan financial technology yang berpusat di Jakarta. Kredit Pintar telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. OJK merupakan lembaga yang mengawasi bidang perbankan, sehingga kamu tidak perlu takut tertipu. Jika sudah mantap melakukan pinjaman online di kredit pintar, pastikan kamu menerapkan kiat cara melunasi hutang pinjaman online yang sebelumnya telah dijelaskan, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload