Kenali Risiko Gunakan Jasa Hapus Data Pinjol

18 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 18 Oct 2022

Jasa hapus data pinjol semakin menuai popularitas akibat adanya peminjam yang mengalami gagal bayar pada penyedia pinjaman online. Gagal bayar adalah sebuah situasi di mana peminjam tidak bisa melakukan pembayaran ke penyedia pinjaman karena berbagai hal. Kemudian, muncullah sekelompok orang yang menawarkan jasa hapus data pinjaman online melalui forum media sosial. 

jasa hapus data pinjol

Sayangnya, penggunaan jasa tersebut mengundang berbagai risiko. Agar tak terjebak, kenali apa itu jasa penghapusan data pinjol beserta risikonya.  

Baca juga : Cara Menghindari Jebakan Joki Pinjol

Apa Itu Jasa Hapus Data Pinjol?

Sesuai namanya, jasa penghapusan data pinjol menawarkan layanan penghapusan data pada aplikasi pinjaman online. Dengan memilih jasa ini, pengguna jasa berharap bisa mendapatkan penghapusan tagihan pinjaman dan akhirnya terbebas dari kewajiban pembayaran. Menariknya, salah satu penyedia jasa ini menyertakan berbagai disclaimer bahwa jasa tersebut dikategorikan sebagai tindakan ilegal. Kemudian, alih-alih terbebas dari kewajiban pembayaran, ternyata pengguna jasa masih harus melakukan pembayaran pinjaman setelahnya. 

Dengan demikian, praktek jasa hapus data pinjaman online bisa dikategorikan sebagai tindakan penipuan. 

Mengapa Jasa Penghapusan Data Pinjol Cukup Populer?

Meskipun dikategorikan sebagai aktivitas ilegal, nyatanya penipuan hapus data pinjol terbilang cukup populer. Penyedia jasa tersebut umumnya gencar mempromosikan jasa melalui berbagai forum gagal bayar, yang mana anggota forum tersebut umumnya terdiri dari peminjam yang bermasalah dalam membayar tagihan pinjaman online. Alhasil, sebagai jalan pintas, tidak sedikit anggota forum tersebut yang bersedia menggunakan jasa hapus data pinjol. 

jasa penghapusan data pinjol

Dengan berkembangnya forum sejenis di berbagai media sosial, artinya kemungkinan besar ada kenaikan permintaan pada jasa tersebut. Oleh karenanya, masyarakat bisa dengan mudah menemukan jasa penghapusan data pinjol.

Risiko Penggunaan Jasa Hapus Data Pinjol

Jasa penghapusan data pinjol memiliki berbagai risiko baik secara material dan keamanan, di antaranya: 

  1. Jasa hapus data pinjaman online dikategorikan sebagai pekerjaan abu-abu karena pengguna jasa tidak bisa memantau proses pengerjaan
  2. Adanya potensi penyadapan data karena pengguna jasa diharuskan memberikan data sesuai KTP kepada penyedia jasa hapus data yang notabene tidak memiliki otoritas resmi, sehingga tidak bisa dituntut untuk memberikan pertanggungjawaban jika ada kasus penyalahgunaan data
  3. Setelah mendapatkan data diri pengguna jasa, penyedia jasa bisa saja menjual data yang diterima untuk meraup lebih banyak keuntungan

Baca juga : Kenali Beragam Modus Penipuan Berikut Ini

Dikategorikan Sebagai Aktivitas Ilegal, Mengapa Jasa Hapus Data Pinjaman Online Dilihat Sebagai Sebuah Solusi Gagal Bayar? 

Tak dapat dipungkiri bahwa pinjaman online adalah salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan, saat dana yang dimiliki tidak mencukupi. Dengan adanya pinjaman online, pengguna bisa dengan mudah membuat pengajuan pinjaman tanpa harus keluar rumah. Jika dibandingkan dengan prosedur pengajuan pinjaman bank, pinjaman online dinilai lebih unggul karena calon peminjam bisa mengajukan pinjaman kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi yang terdapat pada smartphone.

jasa hapus data pinjaman online

Sayangnya, di tengah kemudahan tersebut tidak semua peminjam memiliki kesadaran untuk bertanggung jawab membayar pinjaman pada tanggal jatuh tempo. Alhasil, mereka cenderung mengabaikan pengaturan keuangan yang baik agar bisa melakukan pembayaran pinjaman secara tepat waktu. Perilaku ini memberikan efek beruntun berupa gagal bayar, hingga akhirnya mendapatkan penagihan di tempat oleh penyedia pinjaman.

Tak berhenti di situ, peminjam yang benar-benar tidak bisa melakukan pembayaran pinjaman setelah tenor berakhir, akan mendapatkan konsekuensi skor kredit yang buruk sehingga tidak bisa mengajukan pinjaman di manapun. Oleh karenanya, sebelum tenor berakhir, biasanya peminjam yang telah memiliki riwayat gagal bayar akan berusaha menemukan jasa penghapusan data pinjaman online di berbagai forum media sosial agar tidak menerima konsekuensi tersebut. 

Baca juga : Waspadai Penipuan yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

Tips Menghindari Gagal Bayar 

Dari penjelasan pada rangkaian paragraf di atas, tindakan gagal bayar merupakan salah satu konsekuensi yang terjadi apabila peminjam tidak mengelola keuangan dengan baik. Selain itu, tindakan tersebut memberikan efek beruntun yang tidak diinginkan sehingga peminjam menggunakan berbagai cara untuk bisa terlepas dari kewajiban pembayaran pinjaman. Untuk mencegahnya, berikut ini ada berbagai tips yang bisa dilakukan. 

  1. Menyesuaikan kemampuan pembayaran pinjaman, idealnya cicilan bulanan tidak melebihi 30% dari pendapatan
  2. Memilih tenor yang sesuai dengan menghitung kemampuan pembayaran pinjaman per bulan
  3. Memilih pinjaman online resmi yang berizin dan diawasi OJK agar bisa terlindungi dari berbagai skenario penipuan terkait permintaan pembayaran pinjaman

Itulah berbagai hal yang dapat dipelajari dari kemunculan jasa hapus data pinjol beserta risikonya. Semoga bermanfaat! 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

18 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download