Apa Itu CEO? Ini 5+ Peran dan Tugasnya

28 Jun 2021 by Laruan
Apa Itu CEO? Ini 5+ Peran dan Tugasnya

Apa itu CEO? CEO yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer, adalah seseorang dengan jabatan tertinggi dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

CEO bertanggung jawab atas kinerja dan keberhasilan bisnis atau organisasi lain, selain itu juga bertanggung jawab dalam membuat keputusan manajerial tingkat atas.

Apa saja kewajiban seorang CEO?

Setelah mengetahui apa itu CEO, sekarang kita akan melanjutkan pembahasan lain. kewajiban seorang Chief Executive Officer di sebuah perusahaan atau organisasi berbeda-beda tergantung pada misi, tujuan, dan kebutuhan organisasi.

Selain itu, kewajiban tersebut juga bergantung pada ukuran organisasi dan jumlah karyawan, serta faktor-faktor lainnya.

Secara umum kewajiban dan tanggung jawab CEO adalah:

  1. Melakukan komunikasi, atas nama perusahaan, dengan pemegang saham, badan pemerintah, dan publik.
  2. Memimpin pengembangan bisnis atau perusahaan sesuai dengan strategi jangka pendek dan jangka panjang.
  3. Menciptakan dan mengimplementasikan visi dan misi perusahaan atau organisasi.
  4. Mengevaluasi pekerjaan para pemimpin eksekutif lainnya dalam perusahaan, termasuk direktur, wakil presiden, dan presiden.
  5. Memiliki kesadaran akan kondisi pasar yang kompetitif, peluang ekspansi, perkembangan industri, dan lainnya.
  6. Memastikan bahwa perusahaan mempertahankan tanggung jawab sosial yang tinggi pada saat melakukan bisnis.
  7. Memantau risiko yang dapat muncul dalam perusahaan dan memastikannya dan meminimalisirkan risiko tersebut.
  8. Menetapkan tujuan strategis dan memastikannya tetap terukur dan dapat dicapai.

Peran CEO dalam perusahaan

Chief Executive Officer selalu menjadi manajer eksekutif dengan peringkat tertinggi dalam sebuah organisasi dan memiliki tanggung jawab atas keberhasilan organisasi secara keseluruhan,

Ia merupakan pengambil keputusan utama untuk sebuah bisnis. Meskipun tugas harian setiap kepala eksekutif berbeda-beda, visi keseluruhan dari posisi ini lah yang menyediakan kerangka kerja bagi fungsionalitas semua departemen.

Kriteria menjadi CEO adalah memimpin, membimbing, mengarahkan, dan mengevaluasi pekerjaan para pemimpin eksekutif lainnya, termasuk presiden, wakil presiden, dan direktur, tergantung pada struktur pelaporan organisasi.

Dalam proses memimpin para manajemen senior ini, salah satu kriteria menjadi CEO adalah memastikan bahwa strategi perusahaan dapat diimplementasikan dengan baik dan dapat dicapai.

Tidak hanya itu saja, ia harus memastikan bahwa para pemimpin eksekutif organisasi mengalami konsekuensi dari tindakan mereka baik melalui penghargaan dan pengakuan atau pembinaan kinerja dan tindakan disiplin.

Tanpa tanggung jawab dan akuntabilitas yang diharapkan dan diperkuat secara aktif, ia akan gagal mencapai kesuksesan dan profitabilitas yang diinginkan.

Berikut adalah fungsi penting dan kriteria menjadi CEO perusahaan:

Peran CEO dalam perusahaan

1. Membuat keputusan strategis untuk perusahaan

Seorang Chief Executive Officer memiliki fungsi dan tanggung jawab untuk menentukan keputusan strategis perusahaan yang mencakup nilai, misi, visi, dan arah yang ingin dicapai.

Ia kemudian harus memastikan bahwa setiap rencana dan pelaksanaannya sesuai dengan strategi secara keseluruhan.

CEO harus piawai dalam menentukan apa proposisi penjualan unik perusahaannya dan menetapkan proposisi itu di pasar.

Sebagian besar CEO harus mempertimbangkan visi yang didefinisikan dengan jelas yang penting bagi kesuksesan perusahaan.

Visi ini harus didasarkan pada penilaian yang realistis terhadap pasar, persaingan, dan potensi perusahaan. Visi harus menetapkan arah perusahaan secara keseluruhan dan prinsip-prinsip operasi intinya.

2. Menjadi wajah bagi perusahaan

Seorang Chief Executive Officer sering menjadi wajah publik perusahaan. Mark Zuckerberg, misalnya, identik dengan Facebook.

Tugas yang dihasilkan dapat mencakup wawancara dan permintaan media, tampil di radio dan TV, mengeluarkan siaran pers dan menghadiri acara lokal.

Banyak pengusaha pemula melihat tokoh seperti Mark Zuckerberg dan Elon Musk dan percaya bahwa, untuk menjadi sukses, mereka juga perlu membangun citra yang menghadap publik.

Tetapi tidak sedikit juga CEO yang  tetap  memilih untuk bersembunyi di balik layar; jadi setiap pengusaha harus memutuskan apakah fungsi yang dihadapi publik sesuai dengan keinginannya.

Jangan sampai apa yang dilakukan dapat membawa reputasi buruk terhadap perusahaan yang dipimpin.

3. Memberi laporan kepada direksi

Pada umumnya, CEO akan melapor langsung kepada dewan direksi dan meminta saran atau bimbingan  diri mereka.

Hal ini karena CEO ditunjuk oleh dewan direksi walaupun dalam beberapa kasus, perusahaan didirikan oleh CEO, yang  memiliki mayoritas saham pada perusahaan tersebut

4. Memilih sumber daya manusia yang tepat

Seorang Chief Executive Officer harus selalu berpikir secara strategis tentang  karyawan organisasi. Kunci agar perusahaan bisa sukses adalah jika karyawan terus belajar dan berkembang.

Membangun tim impian tidak mudah, tetapi usaha tersebut sangat berharga bagi kemajuan perusahaan. Berinvestasi pada karyawan juga akan mengurangi retensi karyawan.

CEO yang baik paham bagaimana meningkatkan skill atau keterampilan sumber daya manusia dalam perusahaan dan memastikan kenyamanan dan kebahagiaan dalam lingkungan kerja agar betah dan produktif.

5. Membangun jaringan bisnis

Membangun jaringan bisnis merupakan fungsi penting yang harus dilakukan oleh seorang CEO. Contohnya seperti memiliki relasi dengan pengusaha lain, menghadiri acara-acara penting dan melakukan networking dengan sesama pelaku industri.

Relasi adalah fondasi dari bisnis, karena itu penting bagi Chief Executive Officer untuk membangun relasi atau jaringan bisnis agar membuka kesempatan baru yang dapat memberi manfaat bagi perusahaan.

Apa saja kriteria yang harus dimiliki untuk menjadi seorang CEO?

Ada beberapa kriteria dan keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang CEO agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, apa saja itu?

  1. Kemampuan interpersonal: Kemampuan dalam menjalin hubungan yang baik dengan para eksekutif lain dan menerima masukan sehingga dapat menentukan keputusan strategi yang tepat.
  2. Kemampuan analitis: Kemampuan mengevaluasi kinerja perusahaan sesuai data yang ada. CEO harus memastikan bahwa setiap tujuan strategis dapat terukur.
  3. Kepemimpinan: Menjalankan visi dan misi perusahaan, menjadi sosok yang dipercaya oleh karyawan maupun publik.
  4. Kemampuan manajemen: Kemampuan menciptakan budaya perusahaan yang baik untuk  mengembangkan kemampuan karyawan.

Penutup

Posisi Chief Executive Officer memiliki fungsi, kewajiban, dan tanggung jawab yang sangat besar dalam struktur organisasi atau perusahaan.

Ibarat kata, kinerja perusahaan sangat bergantung pada kemampuan CEO. Jika ia dapat memimpin perusahaan dan membuat keputusan strategis yang tepat, maka perusahaan akan ikut berkembang ke arah yang lebih baik.

Sebaliknya, jika ia tidak mampu memimpin dan membuat keputusan yang benar, maka dapat memberi dampak yang buruk pada kinerja perusahaan.

Melalui penjelasan di atas, apakah Sobat Pintar tertarik untuk menjadi seorang CEO? Mudah-mudahan Sobat Pintar dapat memahami lebih jelas tentang apa itu CEO, peran, kewajiban, tanggung jawab, dan juga kriteria apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang CEO.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload