Cara Pinjam Uang di Bank Tanpa Jaminan

28 Jan 2021 by Andro
Cara pinjam uang di bank tanpa jaminan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan jenis pinjaman yang tidak memerlukan agunan dari nasabah. Cara pinjam uang di bank tanpa jaminan ini sangat cocok buat nasabah yang membutuhkan dana cepat namun tidak memiliki aset untuk diagunkan. Namun, bukan hanya bank saja yang menyediakan pinjaman uang tanpa jaminan, karena saat ini KTA bisa didapatkan melalui pinjaman online yang disediakan oleh perusahaan fintech. Namun, sebelum Anda mencari tahu cara pinjam uang di bank tanpa jaminan, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal yang sangat penting.

Pertama, pastikan Anda mengetahui status finansial Anda. Selain KTA, ada juga produk KMG yang membutuhkan aset untuk di menjadi jaminan. Jika Anda memiliki aset dan ingin meminjam uang dalam jumlah yang cukup besar, sebaiknya memilih KMG. Namun, jika kondisi finansial yang terjadi pada Anda adalah kondisi sebaliknya, maka Anda bisa memilih produk KTA.

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa kolektibilitas kredit Anda baik. Kolektibilitas kredit yang dimaksud adalah status pembayaran cicilan kredit Anda kepada debitur. Biasanya, bank akan melakukan BI checking terlebih dahulu terhadap nasabah yang mengajukan permohonan kredit. Jika sebelumnya Anda bermasalah dalam kolektibilitas kredit, maka sebaiknya lakukan pemulihan terlebih dahulu atas kewajiban Anda yang belum terselesaikan.

Setelah tahu kondisi finansial dan kolektibilitas kredit, saatnya bagi Anda untuk tahu cara pinjam uang di bank tanpa jaminan. Banyak yang beranggapan bahwa cara pinjam uang di bank tanpa jaminan itu ribet dan merepotkan. Namun, dengan cara berikut ini, Anda tidak akan mengalami hal-hal tersebut.

Mengetahui Persyaratan Yang Diminta oleh Bank dan Melengkapinya

Cara pinjam uang di bank tanpa jaminan yang pertama kali adalah mengetahui persyaratan yang diminta oleh pihak Bank. Setiap bank telah menetapkan syarat yang berbeda satu sama lain, khususnya berkaitan dengan syarat administratif dan dokumen. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan yang diminta oleh bank. Anda bisa mendapatkannya melalui website atau call center bank. Selanjutnya, Anda bisa segera melengkapi persyaratan yang diminta 

Secara umum ada 2 syarat utama bagi calon nasabah, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) dan minimal berusia 21 tahun. Selain kedua syarat tersebut, biasanya bank akan meminta persyaratan dokumen berupa fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi NPWP, rekening koran, payroll, slip gaji, dan lain sebagainya.

Lakukan Secara Offline atau Online

Setelah syarat-syarat disiapkan, Anda bisa melakukan permohonan untuk pinjam uang di bank. Mekanismenya bisa Anda lakukan secara offline atau online. Jika Anda melakukan secara offline, maka Anda harus membawa hard copy dokumen Anda langsung ke KCP atau KCU bank. Sedangkan jika Anda melakukan secara online, maka Anda hanya membutuhkan soft copy dokumen Anda yang nantinya akan diunggah pada portal atau website bank yang Anda pilih sebagai tempat meminjam uang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pinjaman melalui aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh pihak bank melalui perangkat mobile Anda yang terhubung dengan internet.

Perlu Anda ketahui bahwa cara pinjam uang di bank tanpa jaminan membutuhkan waktu untuk proses verifikasi sebelum pinjaman Anda disetujui. Bisa jadi Anda harus menunggu berhari-hari bahkan tidak jarang bisa lebih dari 2 minggu. Tentunya, pinjaman ini tidak ideal buat Anda yang ingin dana instan untuk keperluan mendesak.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada pinjaman tanpa jaminan melalui aplikasi pinjaman online yang disediakan oleh perusahaan fintech. Kredit pintar adalah satu-satunya aplikasi pinjaman yang memungkinkan Anda mendapatkan dana dengan bunga pinjaman online yang sangat rendah. Selain bunga pinjaman online yang rendah, Anda tidak akan dibuat frustasi menunggu proses verifikasi bank yang sangat lama. Kredit pintar akan melakukan proses verifikasi yang cepat dan pencairan dana hanya dalam hitungan detik. Jadi, tidak ada kekhawatiran lagi ketika Anda membutuhkan dana darurat, Kredit Pintar siap memberikan bantuan pinjaman online untuk Anda.

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Online Mudah dan Cepat, Modal KTP

Tren Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Untuk Melayani Kebutuhan Keuangan Masyarakat

mobile-closeKredit PintarDownload