Ini Pilihan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Bank dan Syaratnya

13 Jan 2022 by Andro, Last edit: 13 Jan 2022

Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau pinjaman uang tanpa jaminan merupakan jenis pinjaman yang tidak memerlukan agunan dari nasabah. Pinjaman tanpa agunan sangat cocok buat nasabah yang membutuhkan dana cepat namun tidak memiliki aset untuk diagunkan. 

pinjaman uang tanpa jaminan

Saat ini, masyarakat bisa mendapatkan layanan kredit tanpa agunan dari perusahaan perbankan. Namun, bagi beberapa golongan masyarakat, sekilas konsep kredit tanpa agunan terdengar sebagai hal yang too good to be true sehingga mereka menganggap bahwa proses pengajuan pinjaman ini akan lebih rumit.

Baca juga: 4 Syarat Pinjaman Online Mudah dari Kredit Pintar

Jangan khawatir, dalam artikel ini Sobat Pintar bisa mendapatkan informasi tentang syarat dan pilihan pinjaman uang tanpa jaminan di bank. 

Keunggulan Pinjaman Tanpa Agunan dibandingkan Pinjaman Dengan Agunan

Berikut ini adalah berbagai keunggulan yang dimiliki oleh kredit tanpa agunan.

1. Proses pencairan pinjaman, relatif lebih cepat

Proses pengajuan kredit tanpa agunan seringkali berlangsung tanpa adanya survey ke tempat tinggal peminjam, seperti yang terdapat pada pinjaman dengan agunan. Bisa jadi, hal ini yang mempercepat proses pencairan atas pinjaman yang diajukan. 

Dengan kelebihan ini, bisa dikatakan bahwa pinjaman tanpa agunan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana tunai segera. 

2. Peminjam tidak perlu memberikan jaminan

Ini adalah keunggulan utama dari kredit tanpa agunan. Umumnya, jenis kredit ini tersedia dalam nominal yang lebih kecil daripada kredit yang menggunakan agunan, dengan kisaran ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. 

Artinya, dengan adanya keunggulan ini, masyarakat tidak perlu memiliki aset berharga untuk dijadikan sebagai agunan saat mengajukan pinjaman. Selain itu, banyak masyarakat golongan menengah ke bawah yang merasa cocok menggunakan pinjaman uang tanpa jaminan karena keunggulan ini. 

3. Plafon rendah, cocok untuk digunakan saat ada keperluan mendesak

Apa yang akan Sobat Pintar lakukan jika harus segera beli laptop baru untuk mendukung pekerjaan, dalam keadaan tidak punya cukup tabungan? Tidak perlu bingung dan resah jika mengalami hal ini karena Sobat Pintar bisa mengandalkan pinjaman tanpa agunan.

Umumnya pinjaman ini dibuat untuk menjadi solusi atas segala kebutuhan yang tidak terencana, sehingga plafon pinjaman yang tersedia di kredit tanpa agunan lebih kecil dibandingkan pinjaman dengan agunan. 

Pilihan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Bank

Persiapkan 2 hal berikut sebelum mengajukan kredit tanpa agunan.

1. Pilih nominal pinjaman sesuai dengan kemampuan pembayaran

Dengan adanya kebutuhan yang mendesak dan kebebasan untuk mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan, jangan sampai Sobat Pintar tergiur untuk mengajukannya tanpa menghitung kemampuan pembayaran. 

Kredit Tanpa Agunan

Ingat, meskipun tidak ada jaminan yang diberikan, peminjam memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran pinjaman. Jika kewajiban tersebut tidak terlaksana dengan baik, akan ada risiko berupa penagihan pinjaman secara langsung dan buruknya nilai SLIK/BI Checking yang dimiliki peminjam. 

2. Cari tahu penilaian kredit melalui SLIK/BI Checking

SLIK/BI Checking adalah sebuah platform yang memiliki catatan kredit masyarakat, baik yang telah dilunasi, maupun yang belum. Sebelum mengajukan pinjaman, cari tahu penilaian kredit Sobat Pintar melalui SLIK/BI Checking yang bisa diakses di alamat https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.

Baca juga: Pinjam 5 Menit Cair, Inilah Pilihan Pinjaman Dana Online Terbaik 2021

Ikuti panduan yang ada di layar dan dapatkan hasil penilaiannya sesuai dengan tanggal yang dijanjikan. Jika hasil penilaian tergolong baik, Sobat Pintar punya kesempatan besar untuk mendapatkan pencairan pinjaman. 

Persyaratan Pengajuan Pinjaman Tanpa Jaminan

Penyedia pinjaman tanpa agunan menetapkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh peminjam. Secara umum, berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman. 

1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan minimal berusia 21 tahun

2. Fotokopi KTP

3. Fotokopi Kartu Keluarga

4. Fotokopi NPWP

5. Rekening koran

6. Payroll, slip gaji, dan lain sebagainya.

Pilihan Pinjaman Tanpa Jaminan di Bank

Berikut ini adalah berbagai perusahaan perbankan yang menyediakan layanan kredit tanpa agunan.

  1. Bank Bukopin
  2. Bank BNP
  3. Citibank
  4. ANZ
  5. Bank Amar
  6. Bank Danamon
  7. BRI
  8. BCA
  9. Bank Mandiri 
  10. BNI

Itulah berbagai pilihan pinjaman tanpa agunan yang bisa jadi pilihan saat Sobat Pintar butuh dana pinjaman tunai tanpa harus menggunakan aset sebagai agunan. Tetapi jika Sobat Pintar lebih cocok dengan pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan oleh koperasi, berhati-hatilah  dalam memilih pinjaman dengan memastikan bahwa pinjaman yang dipilih bukanlah pinjaman tanpa agunan yang ilegal. 

pinjaman tanpa agunan

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi 2021

Agar Sobat Pintar terhindari dari jeratan pinjaman illegal, cari tahu terlebih dahulu apakah penyedia pinjaman yang terpilih termasuk dalam pinjaman yang telah terdaftar di OJK. Untuk mencari tahu, Sobat Pintar bisa hubungi OJK melalui Whatsapp di nomor 081-157-157-157.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

13 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download