6 + Tips Menggunakan Pinjaman Uang Online dengan Aman

26 Nov 2021 by Andro, Last edit: 26 Nov 2021

Ada kalanya kita terdesak oleh keperluan yang mendadak namun kondisi kantong tidak memungkinkan. Meski dana darurat sejatinya harus dimiliki semua orang, tetapi kondisi mendesak bisa terjadi kapan saja, bahkan saat pengeluaran sedang menggunung. Untungnya, saat ini ada layanan pinjaman online terpercaya yang bisa diandalkan sebagai solusi segala kebutuhan dadakan. Sayangnya tidak semua masyarakat menjatuhkan pilihannya pada aplikasi pinjaman online terpercaya untuk mengajukan pinjaman, karena alasan keamanan.

pinjaman online terpercaya

Ketahui tips menggunakan pinjaman online dengan aman, selengkapnya dalam artikel ini.

1. Pahami Bahwa Pinjaman Online Akan Menagihkan Pelunasan Seperti Pinjaman Pada Umumnya

Meminjam uang kepada kerabat atau keluarga seringkali menjadi pilihan utama. Namun, bagaimana jika keduanya juga tidak memiliki uang lebih untuk dipinjamkan?

Memang, ada produk pinjaman dari berbagai perusahaan perbankan yang tersedia untuk nasabahnya.

Baca juga: 4 Syarat Pinjaman Online Mudah dari Kredit Pintar

Namun, seringnya pinjaman tersebut tersedia dalam nominal yang cukup besar sehingga tenor pinjaman berlangsung dalam waktu yang cukup Panjang. Sedangkan, pinjaman online menawarkan nominal yang lebih kecil dengan tenor yang lebih singkat dan dinilai lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat mendadak.

Meskipun jumlahnya lebih kecil namun peminjam wajib melakukan pembayaran pinjaman secara tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang tertera saat mengajukan pinjaman, 

2. Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya, Telah Terdaftar di OJK

Sebelum melakukan pinjaman uang atau pinjaman online, Sobat Pintar harus mencari tahu terlebih dahulu apakah aplikasi yang ingin digunakan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Terdaftarnya suatu aplikasi pinjaman online di OJK merupakan jaminan bahwa perusahaan aplikasi melakukan operasinya secara legal dan mengikuti peraturan yang berlaku, mulai dari cara penagihan, besaran bunga, dan data pribadi pengguna.

aplikasi pinjaman online terpercaya

Pinjaman online, atau pinjol bunga rendah belum tentu menjamin bahwa aplikasi tersebut aman digunakan dan telah terdaftar dan diawasi OJK. Sobat Pintar bisa mencari tahu status pendaftaran aplikasi pinjaman online di OJK melalui whatsapp OJK di nomor 081-157-157-157.

3. Pilih Pinjaman Online yang Memberikan Transparansi

Melakukan riset terlebih dahulu terhadap aplikasi pinjaman online yang akan digunakan adalah sebuah keharusan. Pastikan Sobat Pintar memilih aplikasi pinjaman uang online terpercaya yang memberikan transparansi saat melakukan pengajuan pinjaman, seperti; bunga pinjaman, potongan administrasi, dan jumlah pinjaman yang diberikan. 

Baca juga: 7 Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Ribet, Cukup Modal KTP

Jangan lupa untuk memperhatikan jatuh tempo pembayaran pinjaman dan metode pembayaran yang tersedia.

4. Pastikan Bahwa Aplikasi Pinjaman Hanya Bisa Mengakses Camera, Microphone, dan Location

Ketika melakukan instalasi aplikasi pinjaman online, aplikasi tersebut akan meminta izin pengguna untuk mengakses beberapa fitur smartphone. Permintaan akses tersebut dibuat agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan aplikasi dengan optimal.

Perusahaan aplikasi pinjaman online resmi hanya boleh mengakses camera, microphone, dan location. Tonton video ini untuk cari tahu penjelasan selengkapnya.

5. Catat Jumlah Pinjaman dan Jadwal Jatuh Tempo

Agar Sobat Pintar tidak kewalahan dalam melunasi pinjaman, disarankan untuk mencatat jumlah uang yang dipinjam dalam buku khusus. Ketahui berapa besaran uang yang harus dibayarkan saat pelunasan. 

Aplikasi pinjaman online biasanya menawarkan berbagai pilihan bentuk pinjaman uang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan bahwa Sobat Pintar memilih nominal pinjaman yang tepat dan sesuai dengan kemampuan pelunasan pinjaman.

Jangan lupa untuk mencatat dan mengingat tanggal jatuh tempo yang merupakan batas akhir pembayaran utang. Apabila Sobat Pintar lupa atau tidak dapat membayar pada tanggal yang ditentukan, akan ada konsekuensi berupa biaya keterlambatan dan bunga harian yang terus berjalan.

6. Pahami Kontrak Pinjaman

Meminjam uang ke perusahaan fintech mengharuskan Sobat Pintar untuk menandatangani kontrak pinjaman. Kontrak inilah yang menjadi dasar hukum terjadinya pinjam meminjam. 

Maka dari itu, Sobat Pintar harus membaca dan memahami isi kontrak pinjaman dan mengajukan pertanyaan apabila belum jelas.

Kontrak tersebut dibuat agar peminjam dapat memahami risiko dari pinjaman online.  Kontrak ini memuat sanksi yang akan diberikan kepada peminjam apabila melanggar satu peraturan, seperti tidak dapat melunasi utang di waktu jatuh tempo. 

Maka dari itu, penting untuk mempelajari dan memahami isi kontrak agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Kredit Pintar, Aplikasi Pinjaman Online Aman

Itulah berbagai tips pinjaman online yang bisa Sobat Pintar terapkan saat memutuskan untuk mencari pinjaman online terpercaya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cari Pinjaman Uang Cicilan Per Bulan? Jawabannya di Sini

Kredit Pintar menawarkan aplikasi pinjaman online yang dapat memberikan pinjaman cepat cair hingga Rp 20 juta! Nikmati kemudahan pengajuan pinjaman melalui aplikasi Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

pinjol bunga rendah

Download aplikasinya dan ajukan pinjaman sekarang juga!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

26 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload