Tips Mengatur Budget untuk Hari Raya Imlek

15 Feb 2018 by Edwin

Libur imlek yang berdekatan dengan hari valentine tentu merupakan sesuatu yang menyenangkan. Namun hal ini memberikan kesulitan bagi beberapa orang dalam mengatur budget liburan. Lantas bagaimana cara terbaik mengatur budget untuk 2 hari yang konon menghabiskan banyak uang ini?

Hari valentine memang sangat menyenangkan jika dirayakan bersama orang yang dikasihi. Entah itu kekasih, suami/istri, dan anak-anak. Apalagi jika diiringi dengan perayaan imlek. Suasana kekeluargaan menjadi sangat melekat.

Namun kedua hari tersebut nyatanya harus disikapi dengan serius. Jangan sampai pengeluaranmu boncos untuk hal-hal yang nyatanya tidak terlalu diperlukan.

Untuk itu beberapa tips berikut sekiranya dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua:

  1. Tidak Harus Membeli Barang di Hari H
    Di hari valentine dan imlek, banyak barang-barang yang harganya melonjak tinggi. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar mengingat hukum ekonomi “ketika permintaan meningkat, hargapun akan naik.”Namun sejatinya barang-barang yang sedang naik harga tersebut tidak serta merta harus kamu beli di hari H.Sebagai contoh, kamu tidak harus membeli coklat di hari valentine. Kamu bisa membelinya beberapa hari kemudian. Hal ini nyatanya tidak akan mengurangi esensi perayaan kasih sayang ini.

    Atau jika kamu merayakan imlek, benda-benda berbau imlek pun tidak serta merta harus dibeli h-3 sampai hari h imlek loh.

    Kamu bisa menyiapkan angpao beberapa hari setelah perayaan imlek. Kamupun bisa mengatur open house imlek beberapa hari setelahnya.

    Di hari H sebaiknya difokuskan untuk merayakannya bersama keluarga terdekat saja.

  2. Aturlah Prioritas
    Kamu yang merayakan valentine dan juga imlek, sebaiknya memberikan prioritas mana yang sebaiknya diberikan porsi lebih besar.Apakah valentine sebegitu pentingnya, ataukan hari imlek lebih berarti.Namun untuk kamu yang merasa kedua hari tersebut sangat penting dan merupakan moment spesial, tips di bawah ini mungkin dapat membantumu keluar dari masalah budget tersebut :
  3. Rayakan Secara Bersamaan
    Kamu bisa menjadikan perayaan valentine dan imlek sebagai acara yang diselenggarakan bersamaan. Tidak harus memberikan coklat, namun benda-benda lain yang sekiranya sesuai, seperti kue manis dengan bentuk hati yang sesuai dengan suasana imlek.
  4. Berikan Tambahan Budget pada Keuangan Anda
    Jika kamu memang membutuhkan biaya untuk merayakan 2 moment spesial ini, kamu bisa mencoba dengan mencari pinjaman dana tunai. Salah satu alas an meminjam uang ini antara lain karena dana yang dimiliki hendak dipakai untuk investasi atau suatu keperluan lainnya.Namun meminjam uang harus pintar. Jangan sampai kebutuhan pinjaman uang ini menjadikan kamu:- tertekan secara batin karena tidak mampu melunasinya
    – kesulitan dalam proses pengajuan dana
    – terkena jerat bunga yang memberatkanUntuk itu cobalah memanfaatkan fintech dalam setiap pengajuan pinjaman. Beberapa kelebihan yang dimiliki fintech antara lain adalah:

    – Proses pengajuannya mudah
    – Bunga tergolong lebih rendah
    – Proses pembayarannya mudah
    – Tanggung jawab yang dibebankan kepada debitur tergolong ringan

Semoga Tahun Baru raya Imlek-mu menyenangkan!

 

Kini KreditPintar tersedia di google play. Yuk, download aplikasinya disini https://goo.gl/NpwFBz

mobile-closeKredit PintarDownload