Cara Cek Aplikasi Saham OJK: Rekomendasi dan Keuntungannya

19 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 22 Aug 2022

Para milenial dan generasi Z saat ini harus mulai banyak membuka mata untuk memilih tabungan jangka panjangnya guna mengamankan aset dimasa mendatang. Namun sebelum memulai menabung, ada baiknya untuk memilih aplikasi saham OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang terpercaya.

Cara Cek Aplikasi Saham OJK: Rekomendasi dan Keuntungannya

Dalam hal ini, sobat harus benar-benar jeli untuk memilih aplikasi saham OJK karena nantinya uang sobat akan ada di dalam platform tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengetahui dan aplikasi saham OJK apa saja yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Ada baiknya sobat pintar mengetahui terlebih dahulu apa itu saham.

Investasi secara garis besar yakni tindakan menanam dana atau asset dengan tujuan untuk dapat menghasilkan return dimasa yang akan datang. 

Sedangkan, dalam berinvestasi banyak dengan beberapa instrumen seperti saham, reksadana, obligasi, surat utang, dan lain sebagainya.

Saat ini, hampir semua orang sudah bisa melakukan transaksi saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui beberapa aplikasi Saham OJK yang dapat didownload secara gratis di Playstore ataupun App Store.

Hingga saat ini, sudah banyak aplikasi saham terbaik yang sudah terdaftar di sistem OJK dan mungkin Sobat seringkali mendengar aplikasi tersebut di berbagai iklan di sosial media.

Namun, sebelum sobat bertransaksi, ada baiknya untuk mengetahui cara cek aplikasi saham terdaftar di OJK.

Baca Juga: 10 Aplikasi Saham Terbaik dan Legal di Indonesia

Pentingnya Memilih Aplikasi Saham Terbaik & Terdaftar OJK

Saham yang diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia dengan harga yang berubah-ubah sesuai kondisi perusahaan dan juga kondisi ekonomi. Namun, saat ini Sobat Pintar  dimudahkan dengan hanya perlu mengunduh aplikasi untuk melakukan registrasi dan mulai investasi saham.

Meski begitu, Sobat Pintar perlu memilih aplikasi saham terbaik yang sesuai preferensi dan kebutuhan. Memilih aplikasi saham yang sudah terdaftar OJK juga penting agar Sobat Pintar  bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman.

Masing-masing aplikasi punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Jadi, Sobat Pintar  harus bisa memilih aplikasi saham terbaik yang cocok. Unsur penting yang harus Sobat Pintar pertimbangkan, antara lain fitur, keamanan, hingga biaya transaksi.

Cara Cek Aplikasi Saham Terdaftar OJK

Terdapat sebagian metode yang dapat dicoba buat mengecek legalitas investasi saham online, mulai dari website OJK sendiri, pengecekan pesan izinnya, sampai bermacam media sosial yang lain. Berikut detailnya.

1. Lewat Web OJK

Metode pertama dengan menggunakan pengecekan melalui web OJK secara langsung untuk melihat informasi data. Informasi data perusahaan sekuritas ini akan terlihat saat Sobat melakukan pengecekan secara langsung melalui website resmi OJK.

– Buka web ojk.go.id

– Arahkan kursor pada menu Statistik

– Pada sub- menu Pasar Modal, klik Informasi Perusahaan Efek

– Klik salah satu informasi yang di cari, sangat disarankan buat memilih informasi terkini dari yang teratas

– Nantinya akan muncul dokumen PDF yang dapat di download, Sobat Pintar dapat mencari dengan memencet Ctrl+F pada keyboard serta mencari perusahaan yang di inginkan.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Main Saham Pemula, Mudah dan Cepat Profit

2. Surat Izin OJK

Dengan mengecek surat izin OJK Sobat Pintar bisa mengetahui apakah aplikasi saham sudah resmi atau tidak. Dengan mengecek surat izin OJK akan tertera bagian dimana surat akan mencantumkan QR Code yang dapat di scan dan akan terhubung ke situs sipena.ojk.go.id.

Namun, jika surat izin pada aplikasi saham tersebut tidak dapat di scan dan QR Code menampilkan hasil yang tidak valid. Sudah dipastikan bahwa surat izin tersebut palsu.

3. Melalui telepon, email perusahaan atau media sosial

Selain dua cara diatas, Sobat Pintar bisa mencoba dengan menggunakan sosial media atau mengecek email perusahaan dan nomor teleponnya. Terkadang, jika memang sebuah entitas perusahaan akan tercantum di email. Misalnya, informasi@stockbit.com.

Atau jika Sobat Pintar masih ragu, bisa langsung menghubungi Otoritas Jasa Keuangan yang ada di beberapa sosial media ataupun call canter yang tertera. Sobat Pintar pintar dapat mengaksesnya dengan beberapa informasi dibawah ini:

– Telepon: 157

– WhatsApp: 081 157 157 157

– Media sosial:@kontak157

– Email: konsumen@ojk. go. id

5 Aplikasi Saham OJK yang sudah Resmi di Indonesia

Setelah Sobat Pintar paham apa itu saham dan tau cara memilih aplikasi saham hingga mengenal pentingnya memilih aplikasi saham terbaik, Sobat Pintar kini harus mengetahui 6 aplikasi saham terbaik dan terdaftar OJK yang mungkin bisa dipilih. Apa saja? Berikut daftar lengkapnya.

1. Bareksa

Bareksa merupakan marketplace finansial dan investasi yang sudah terintegrasi pertama di Indonesia. Aplikasi saham Bareksa juga sudah terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh OJK. Sobat Pintar dapat membeli berbagai saham dalam bentuk reksadana di Bareksa.

Kelebihan utama dari aplkasi Bareksa adalah registrasi bisa dilakukan secara online, terdapat lebih dari 100 produk reksadana, lebih dari 60 manajer investasi, dan ada juga berbagai metode pembayaran. Selain bisa transaksi dengan lebih cepat dan mudah, Bareksa juga punya fitur Robo Advisor.

Baca Juga: Inilah Kelebihan Utama Aplikasi Data Saham Indonesia 

2. IPOT / Indo Premier

Aplikasi saham terbaik lainnya adalah IPOT yang merupakan milik PT Indo Premier Sekuritas yang pastinya juga sudah terdaftar di OJK. Aplikasi IPOT dilengkapi dengan banyak fitur seperti Robot Trading yang bisa menjalankan instruksi pembelian dan penjualan dengan harga saham yang Sobat Pintar inginkan.

Keunggulan aplikasi saham ini adalah tidak ada minimal deposit yang diperlukan sehingga sangat direkomendasikan untuk Sobat Pintar yang ingin memulai investasi saham dengan modal kecil. Keunggulan lain adalah proses pendaftaran secara online. Untuk biaya yang dikenakan per transaksi, fee jual saham adalah sebesar 0,29% dan beli saham sebesar 0,19%.

3. BCAS Best Mobile

BCAS Best Mobile sangat cocok untuk Sobat Pintar yang suka bertransaksi di Bursa Efek Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh BCA Sekuritas. BCAS menyediakan fitur Quick Order sehingga wajar jika aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi saham yang user friendly.

Namun, deposit awal yang harus Sobat Pintar miliki cukup tinggi, yakni sebesar Rp3 juta. Untuk fee per transaksi online trading, yaitu fee beli sebesar 0,18% dan jual 0,28%. Sementara, jika Sobat Pintar menggunakan jasa sales broker, fee per transaksi akan lebih tinggi, yaitu fee beli 0,25% dan jual 0,35%.

4. SimInvest

SimInvest merupakan aplikasi investasi saham online dari Sinarmas Sekuritas yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga legalitasnya terjamin untuk investor mendapatkan haknya dengan baik.

SimInvest dinaungi oleh PT Sinarmas Sekuritas yang berpengalaman lebih dari 20 tahun dengan melayani masyarakat Indonesia di bidang keuangan dan investasi.

Selain terdaftar dan diawasi OJK, SimInvest yang diinovasi oleh Sinarmas Sekuritas ini sudah mendapat ISO 27001 atau Information Security Management Systems (ISMS), yakni standar internasional yang diakui secara global dalam perlindungan keamanan data dan informasi nasabah.

5. Stockbit

Stockbit adalah salah satu aplikasi saham terbaik yang direkomendasikan untuk pemula. Aplikasi saham ini bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.

Kelebihan utama aplikasi saham ini adalah fitur Komunitas Online yang bisa menjadi tempat diskusi bersama trader lain. Tak jarang, beberapa trader profesional memberi rekomendasi saham beserta analisis teknikal atau fundamentalnya.

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa memantau pergerakan bursa saham melalui aplikasi saham ini secara real time. Aplikasi saham ini juga sudah terdaftar di OJK dan menyediakan fitur Touch ID untuk menjamin keamanan transaksi.

Baca Juga: Inilah Sejarah, Valuasi, dan Prospek dari Saham BBRI 

6. RTI Business

RTI Business adalah salah satu aplikasi saham terbaik karena sudah banyak dikenal di kalangan investor. Ada informasi seputar pergerakan pasar modal di aplikasi saham ini.

Selain itu, RTI Business juga dilengkapi dengan informasi income statement, probability, cash flow, balance sheet, earnings, dan growth. Sobat Pintar bisa menganalisis kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir.

7. Bibit

Terakhir, aplikasi Bibit yang mana merupakan aplikasi saham dari PT Bibit Tumbuh Bersama. Melalui aplikasi Bibit, Sobat Pintar bisa membeli saham dalam bentuk reksadana. Selain itu, ada juga pilihan reksadana lain, seperti obligasi hingga pasar uang. Ada juga fitur Robo Advisor yang bisa membantu Anda berinvestasi sesuai profil risiko.

Kelebihan aplikasi saham Bibit adalah registrasi bisa dilakukan secara online, gratis biaya komisi pembelian reksadana, hingga investasi yang bisa dicairkan kapan saja tanpa penalti. Bibit juga sudah termasuk ke dalam aplikasi saham yang terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK.

Itulah berbagai aplikasi saham OJK yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk memulai berinvestasi di Bursa Efek Indonesia dengan berbagai instrumen yang ada disetiap aplikasinya. Yang terpenting adalah mengetahui bagaimana cara cek aplikasi saham yang terdaftar di OJK terbaru.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download