Tips Cara Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Kamu Generasi Milenial!

13 Apr 2021 by kreditpintar
cara mengatur keuangan pribadi

Mengelola keuangan tentunya menjadi hal yang penting dilakukan. Kenapa? Agar kamu dapat mulai merintis bagaimana masa depan yang diinginkan. Namun, tidak semua orang dapat mengatur keuangannya terutama remaja usia 18-30 tahun atau generasi milenial. Pada saat sekolahpun tidak ada yang mengajarkan bagaimana mengatur keuangan, padahal seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa mengatur keuangan sangatlah penting untuk masa depan. Jadi, bagaimana tips cara mengatur keuangan pribadi yang baik dilakukan oleh generasi milenial?

Sebelum mengetahui cara mengatur keuangan pribadi, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu apa sebenarnya tujuan dari keuangan itu sendiri. Nah, jadi tujuan keuangan terbagi menjadi 2 yaitu untuk jangka pendek dan jangka panjang. Keuangan jangka pendek biasanya bersifat 3-6 bulan seperti mengumpulkan dana darurat, tagihan kartu kredit, dana pernikahan, liburan, dan lainnya. Sedangkan jangka panjang yang biasanya untuk 2-5 tahun bisa untuk pendidikan anak, dana pensiun, modal bisnis, dan lainnya. Tentunya semua itu hanyalah contoh, semua kembali pada kebutuhan dan keinginan pribadi kamu. Berikut tips cara mengatur keuangan pribadi untuk milenial.

Buka rekening tabungan

Tips ini mudah kamu lakukan karena sekarang ini banyak perbankan yang menawarkan fasilitas tabungan, dimana mereka memberikan manfaat untuk kedepannya. Untuk milenial juga dapat coba investasi, karena kini kamu dapat melakukan investasi melalui aplikasi seperti bibit, tokopedia, dan dana. Aplikasi investasi seperti ini cocok untuk milenial karena dapat diakses dimana saja dan kanpan saja menggunakan smartphone.  Selain mudah, hal ini juga dapat menguntungkan kamu agar pengeluaran terkontrol.

Buat daftar pengeluaran

Untuk tips satu ini kamu hanya perlu membuat daftar pengeluaran sehari-hari. Kamu dapat membuat daftar di buku catatan atau di smartphone. Usahakan daftar pengeluaran yang kamu buat sangat rinci ya! Agar tahu untuk apa saja sebenarnya uang kamu dikeluarkan. Hal ini penting agar kamu dapat lebih mengatur keuangan lebih sederhana.

Sisihkan sedikit penghasilan

Jangan anggap remeh untuk tips satu ini, walaupun hanya sedikit, jika kamu secara konsisten atau teratur selalu menyisihkan sedikit penghasilan maka akan membuahkan hasil. Misalnya, sisihkan 10% dari penghasilan atau dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan. Hal ini terbilang sederhana, lho! Asalkan kamu tertib setiap bulan menyisihkan maka masa depan kamu dapat lebih terencana.

Cari penghasilan lebih

Buat kamu yang merasa penghasilan saat ini belum cukup untuk menabung, gak perlu galau. Kamu bisa coba cari penghasilan tambahan yang sederhana seperti buka usaha online, reseller, dan usaha lainnya yang sekiranya tidak akan menganggu sekolah atau pekerjaan utama kamu, ya!

Nah, seperti salah satu tips cara mengatur keuangan yang diberikan sebelumnya yaitu mencari penghasilan tambahan dengan melakukan usaha bisnis. Jangan khawatir, jika kamu tidak memiliki modal untuk memulai bisnis. Sekarang telah hadir pinjaman instan yaitu kredit pintar. Apa sih kredit pintar? Apakah Kredit Pintar dapat dipercaya?

Kredit pintar merupakan salah satu pinjaman online yang menawarkan bunga rendah. Tidak hanya menawarkan bunga yang rendah, untuk mengajukan pinjaman instan di kredit pintar juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menunjukan Kartu Tanda Penduduk dan melakukan beberapa proses verifikasi identifikasi. Kredit Pintar juga telah terdaftar di OJK sehingga dapat dipercaya. Jadi, dengan ini kamu dapat merealisasikan salah satu tips cara mengatur keuangan pribadi yang telah dijabarkan sebelumnya.

kredit pintar