Tips Menggunakan Paylater agar Keuangan Tetap Sehat

27 Apr 2021 by kreditpintar
tips menggunakan paylater

Buat Kamu yang sering belanja online di marketplace pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah paylater. Paylater menjadi andalan marketplace dalam rangka promosi. Kamu dapat menggunakan paylater ini untuk belanja, sedangkan untuk pembayarannya dapat dilakukan di kemudian hari. Karena kemudahan ini, banyak orang menjadi kalap saat berbelanja menggunakan paylater hingga bertanya bagaimana sih tips menggunakan paylater yang bijak dan tidak menyebabkan dompet jebol?

Buat Kamu yang ingin mengetahui tips menggunakan paylater, Kamu dapat membaca artikel ini hingga selesai. Namun sebelum itu, yuk simak penjelasan mengenai pengertian paylater serta kelebihan dan kekurangan dari paylater.

Apa Itu Paylater? 

Paylater merupakan sebuah layanan pinjaman uang online yang akan memberikan pinjaman kepada penggunanya dan dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi. Paylater saat ini banyak digunakan sebagai salah satu fitur yang ada di marketplace ataupun aplikasi ojek online. Selain marketplace dan aplikasi ojek online, uang elektronik atau e-money saat ini juga banyak yang mulai memiliki fitur paylater. Sebut saja OVO, DANA, dan Gopay yang memang milik aplikasi Gojek.

Fitur paylater ini tentunya sangat membantu bagi pengguna yang ingin membeli barang tetapi tidak memiliki uang. Paylater akan memberikan pinjaman kepada pengguna dan penggunanya dapat membayar pinjaman tersebut bulan depan. Bahkan Shopee, marketplace yang memiliki fitur Shopee Paylater, menerima cicilan untuk pembayaran paylaternya.

paylater

Kelebihan dan Kekurangan Paylater

Setelah mengetahui pengertian dari paylater, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari paylater yang wajib Kamu pertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan paylater:

Kelebihan

Sebagai salah satu fitur yang dimiliki marketplace ataupun aplikasi, paylater pastinya memiliki kelebihan. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh paylater:

1. Mendapatkan Barang Terlebih Dahulu

Kelebihan pertama yang bisa diperoleh dengan paylater adalah Kamu bisa mendapatkan barang yang diinginkan terlebih dahulu. Buat Kamu yang sangat membutuhkan barang tersebut namun belum memiliki uang tentu ini sangat membantu. Kamu dapat membayar barang yang Kamu beli tersebut bulan depan atau di saat Kamu sudah memiliki uang.

2. Tidak Perlu Membayar Terlebih Dahulu 

Kelebihan kedua yang didapatkan dengan paylater adalah Kamu tidak perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu. Pembayaran saat menyelesaikan transaksi pembelian akan dilakukan oleh paylater dan Kamu dapat membayar di waktu yang akan datang.

3. Mempercepat Transaksi

Melakukan transaksi pembelian di marketplace bisa lebih lama karena harus melakukan pembayaran melalui minimarket atau transfer ATM yang memakan waktu. Dengan adanya paylater ini, Kamu bisa membayar lebih cepat dan transaksi pembelian yang Kamu lakukan juga jadi lebih cepat. Di beberapa marketplace bahkan memiliki promo khusus bagi pengguna paylater ini.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, paylater pastinya juga memiliki kekurangan yang wajib Kamu pertimbangkan. Apa saja kekurangan dari paylater ini? Berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan Pembelian Barang yang Tidak Dibutuhkan

Dengan kemudahan transaksi menggunakan paylater, persentase Kamu dalam membeli barang yang tidak dibutuhkan juga akan semakin meningkat. Ini dikarenakan pada saat melakukan pembelian, Kamu tidak kehilangan uang yang saat ini Kamu miliki. Baru setelah jatuh tempo pembayaran, Kamu baru merasakan beratnya membayar paylater ini.

2. Ada Bunga dan Biaya Admin Tambahan

Fitur paylater yang ada di marketplace atau aplikasi ojek online pastinya tidak diberikan secara cuma-cuma. Ada bunga dan biaya admin yang dibebankan. Untuk Shopee misalnya, bunga paylater yang dibebankan sekitar 2.95% dan ada biaya admin tambahan saat melakukan check-out (biasanya Rp 500-Rp 1500 tergantung besarnya jumlah transaksi). Nah, bunga dan biaya admin tambahan ini sering tidak disadari oleh pengguna, padahal jika dikalikan dengan cicilan jumlahnya lumayan.

4. Sulit Melakukan Pembayaran di Akhir

Tidak jarang pengguna yang kesulitan melakukan pembayaran paylater saat jatuh tempo. Ini dikarenakan saat melakukan transaksi pembelian dengan paylater pengguna tidak mempertimbangkannya dengan matang. Padahal tidak dibayarnya paylater setelah jatuh tempo dapat mengakibatkan bunga tambahan dan pastinya Kamu akan terus diingatkan untuk segera membayar tagihan.

Tips Menggunakan Paylater 

Supaya Kamu tidak terjebak godaan paylater, berikut beberapa tips menggunakan paylater yang dapat Kamu lakukan agar keuanganmu tetap sehat:

1. Gunakan Paylater dari Layanan Legal

Pertama, yang harus Kamu lakukan adalah pastikan Kamu menggunakan layanan paylater yang legal. Bagaimana membedakan paylater legal dan paylater illegal? Gampang, paylater legal adalah paylater yang terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi pastikan Kamu memeriksa data-data paylater atau mencari informasi di internet terkait paylater yang akan Kamu gunakan. 

2. Selalu Perhatikan Bunga dan Tenor Cicilannya

Kedua, pastikan Kamu selalu memperhatikan bunga dan tenor cicilan paylater ini. Kamu dapat mengetahui bunga dan tenor ini saat Kamu check-out ataupun sebelum menyetujui pembayaran dengan paylater. Biasanya semakin besar jumlah yang Kamu pinjam dan semakin lama jangka waktu pinjaman uang, maka bunga akan semakin besar. Jadi pastikan periksa terlebih dahulu. Jangan sampai karena tidak memperhatikan bunga dan tenor cicilan ini nantinya Kamu kesulitan membayar tagihan paylater.

3. Hanya Dipakai Saat Darurat

Buat Kamu yang sering menggunakan paylater untuk memenuhi keinginan semata, pastikan Kamu berhenti dari sekarang. Kamu yang ingin keuangannya tetap sehat harus menggunakan paylayer di saat-saat darurat atau di saat Kamu benar-benar membutuhkannya tetapi tidak memiliki uang untuk melakukan pembayaran.

4. Hindari Kalap Saat Promo

Marketplace atau aplikasi sering kali menggunakan trik promosi agar penggunanya menggunakan fitur paylater yang ada di sana. Kamu yang ingin menjaga kesehatan keuangan pastikan jangan kalap dengan promo paylater ini. Pastikan Kamu menyesuaikan dengan kemampuanmu dalam membayar tagihan paylater agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Kredit Pintar, Solusi Semua Permasalahan Keuangan

Keuangan seringkali menjadi permasalahan yang membuat hidup seseorang jadi tidak tenang. Termasuk buat Kamu yang terlambat melakukan pembayaran tagihan paylater. Selain bunga yang terus bertambah, Kamu juga dihubungi berkali-kali untuk segera melakukan pembayaran.

Buat Kamu yang sedang mengalami permasalahan keuangan, jangan risau karena Kredit Pintar bisa menjadi solusi tepat dan cepat dan merupakan penyedia pinjaman uang yang akan membantu Kamu menyelesaikan permasalahan keuanganmu. Jangan khawatir, meminjam di Kredit Pintar aman karena telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Selain itu Kamu juga bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat dan mudah, jadi cocok bagi Kamu yang butuh dana untuk kebutuhan yang mendadak.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips menggunakan paylater yang dapat Kamu lakukan agar keuangan Kamu tetap sehat. Bagi Kamu yang tertarik menggunakan paylater, pastikan Kamu mempertimbangkannya dengan matang dan pastikan Kamu menggunakannya sesuai kebutuhanmu. Jangan sampai karena keasyikan menggunakan paylater akan mempersulit hidup Kamu di kemudian hari dan membuat keuangan menjadi tidak sehat.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload