Jangan Terlambat! Begini Cara Bayar Shopee Paylater

21 Oct 2021 by Laruan

Apakah Anda sering berbelanja secara online? Bagi banyak konsumen digital, belanja online memang memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi, saat ini sudah ada fitur paylater yang memungkinkan Anda membayar tagihan belanja Anda di kemudian hari. Tapi, jangan lupa juga untuk mencari tahu bagaimana cara bayar shopee paylater.  

Ada banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan melalui fitur Shopee Paylater. Utamanya adalah kemudahan membeli barang saat uang Anda tidak mencukupi. Selain itu, Shopee juga kerap menawarkan potongan harga, diskon ongkos kirim, hingga promosi khusus.

Syarat Mengaktifkan Shopee Paylater

Sebelum mengetahui cara bayar shopee paylater tentu saja Anda harus mengaktifkan fitur Shopee Paylater lebih dulu. Karena itu, ada sejumlah persyaratan yang perlu Anda siapkan agar proses pengaktifan berjalan lancar.

Syarat pengaktifan Shopee Paylater sebenarnya mudah saja. Anda harus memiliki akun shopee yang sudah terdaftar dan terverifikasi. Akun tersebut juga paling tidak sudah berusia 3 bulan. Selain itu, akun tersebut juga harus akun aktif dan sering melakukan transaksi. Terakhir, pastikan Anda sudah melakukan update aplikasi.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Setelah syarat pengaktifan siap, selanjutnya Anda bisa langsung mengaktivasi Shopee Paylater Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka aplikasi Shopee, kemudian cari opsi “Saya” di bagian bawah. Selanjutnya pilih “Spaylater” dan klik “Aktifkan Sekarang”.

2. Masukkan Kode Verifikasi

Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS berisi kode OTP atau verifikasi. Pastikan Anda tidak memberikan kode ini kepada siapapun.

3. Unggah Foto KTP

Di tahap ini Anda perlu mengunggah foto KTP sesuai dengan letak bingkai di layar.

4. Masukkan Nama, NIK, dan Informasi Lainnya

Kemudian, Anda perlu memasukkan nama Anda dan NIK sesuai dengan KTP yang Anda unggah. Lalu klik “Konfirmasi”. Setelah itu, Anda juga perlu memasukkan informasi tambahan yang diperlukan. Dan klik “Konfirmasi” kembali.

5. Verifikasi Wajah

Selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi wajah. Pastikan wajah Anda berasa dalam frame yang ada di layar. Pastikan juga pencahayaan di tempat Anda cukup terang dan Anda terkoneksi internet. Jika muncul notifikasi “system error”, Anda bisa memperbarui layanan Google Play atau menunggu sekitar 10 menit sebelum mencoba lagi.

6. Tunggu Notifikasi dari Shopee

Jika seluruh tahapan sudah Anda lakukan, Anda tinggal menunggu notifikasi dari Shopee. Biasanya, dibutuhkan waktu beberapa saat sebelum Spaylater Anda benar-benar aktif dan bisa digunakan.

Setelah Shopee Paylater Anda aktif, Anda bisa menggunakan Shopee Paylater sebagai opsi pembayaran saat checkout. Ada 3 fitur pembayaran Shopee Paylater yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu fitur Beli Sekarang Bayar Nanti, Program Cicilan, dan Penambahan Limit.

Cara Bayar Menggunakan Shopee Paylater

Setelah melakukan aktivasi, Shopee Paylater Anda sudah aktif. Sekarang Anda bisa memilih Shopee Paylater sebagai metode pembayaran. Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti metode pembayaran menjadi Shopee Paylater:

1. Pilih Spaylater sebagai metode pembayaran

Sebelum Anda melakukan pembayaran, Anda bisa memilih opsi pembayaran yang tersedia. Salah satunya adalah Shopee Paylater. Pastikan Anda telah memilih opsi Spaylater sebagai metode pembayaran dan jangan lupa untuk klik “Konfirmasi”.

2. Buat Pesanan

Setelah memastikan pesanan dan metode pembayaran sudah sesuai dengan pilihan Anda, klik “Buat Pesanan” di bagian paling bawah.

3. Masukkan PIN Shopee

Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Shopee Paylater menggunakan PIN yang sama dengan PIN Shopee Pay. Hanya saja, setelah Anda mengkonfirmasi PIN, Anda juga akan menerima SMS kode verifikasi untuk menyelesaikan pesanan. 

Sampai sini, pesanan Anda selesai dan pembayaran akan terkonfirmasi secara otomatis. Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai kapan waktu jatuh tempo Shopee Paylater Anda. Jangan lupa untuk membayar tagihan Shopee Paylater sebelum tanggal jatuh tempo.

Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater

Saat Anda menggunakan Shopee Paylater sebagai opsi pembayaran, Anda akan mendapatkan tanggal jatuh tempo pelunasan. Pastikan Anda mengetahui tanggal jatuh tempo tersebut untuk menghindari denda atau resiko lain yang tidak diinginkan.

Semakin lama Anda menunggak pembayaran, semakin besar pula resiko yang Anda terima. Ketika Anda terlambat membayar tagihan Shopee Paylater, Anda akan mendapatkan denda sebesar 5% dari total tagihan Anda. Nilai denda ini akan semakin besar jika Anda menunggak dalam waktu yang lama.

Selain itu, kesempatan upgrade limit Anda di Shopee Paylater juga akan berkurang. Bahkan, Shopee bisa saja melakukan pembekuan akun. Karena itu, pastikan Anda tahu cara bayar shopee paylater sebelum waktu jatuh tempo.

Cara membayar tagihan shopee paylater sebenarnya mudah saja. Berikut ini adalah langkah-langkah cara bayar shopee paylater:

1. Masuk ke Akun Shopee Anda

Buka aplikasi Shopee, pilih tab “Saya”, dan pilih “Spaylater.”

2. Periksa Tagihan Anda

Cari tab “Total” yang ada pada tagihan bulan ini dan klik “Bayar Sekarang”. Di halaman jumlah yang harus dibayar, klik “Tagihan Bulan Depan” dan pilih “Bayar Lebih Dulu”. Perhatikan bahwa Anda tidak bisa membayar semua tagihan sekaligus. Hanya tagihan dengan waktu jatuh tempo 1 bulan berikutnya saja yang bisa Anda lunasi.

3. Pilih Metode Pembayaran

Ada beberapa metode pembayaran tagihan Shopee Paylater yang bisa Anda pilih. Mulai dari ShopeePay, Virtual Account, atau Indomaret. Anda bisa memilih metode pembayaran Shopee Paylater yang menurut Anda paling mudah. 

Untuk pengguna VA Mandiri, pastikan Anda sudah memilih penyedia jasa yang tepat. Pembayaran Shopee Paylater bisa dilakukan dengan memilih Spaylater sebagai penyedia jasa.

Jika Anda memilih pembayaran melalui Shopee Pay atau Virtual Account, kadang-kadang tagihan Anda tidak akan langsung lunas. Ada jeda waktu sekitar 10 menit sebelum tagihan Anda otomatis lunas. Tapi Anda tidak perlu khawatir.

Sedangkan untuk metode pembayaran Indomaret, tagihan Anda akan langsung lunas begitu Anda selesai melakukan pembayaran. Tapi pastikan Anda telah melakukan klik “Bayar” yang ada di halaman utama Spaylater begitu Anda berada di gerai Indomaret.

4. Notifikasi Transaksi

Setelah pembayaran selesai dilakukan, Anda akan menerima notifikasi dari Shopee. Untuk memeriksanya, Anda bisa mencari di bagian keuangan. Selain itu, limit Spaylater Anda juga akan kembali seperti semula.

5. Limit Shopee Paylater Belum Kembali

Kadang-kadang, bisa saja limit Anda masih belum kembali seperti semula meskipun Anda sudah melakukan pembayaran. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menunggu hingga 1×24 jam sampai limit Anda kembali. Jika masih belum berubah, atau status tagihan masih belum terbayar, Anda bisa menghubungi Customer Service Shopee agar dilakukan pengecekan.

Itulah beberapa hal tentang Shopee Paylater yang perlu Anda ketahui. Mulai dari syarat aktivasi, cara aktivasi, cara menggunakan Shopee Paylater sebagai metode pembayaran, hingga cara bayar shopee paylater. 

Sayangnya, meski Shopee Paylater bisa membantu Anda membeli barang dan membayarnya di kemudian hari, Anda tidak bisa menjadikan Shopee Paylater sebagai pinjaman cash. Lalu bagaimana jika yang Anda butuhkan adalah uang cash dan bukan barang? Kredit Pintar bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pinjaman uang yang cepat dan mudah.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload