Cara Mengatur Perencanaan Keuangan Yang Baik dan Benar

08 May 2021 by kreditpintar
perencanaan keuangan yang baik

Perencanaan keuangan yang baik adalah hal paling penting dalam kehidupan, baik pribadi maupun dalam berumah tangga. Perencanaan keuangan yaitu metode mengelola keuangan yang lebih bijak agar mencapai tujuan keuangan yang baik dan menimbulkan dampak positif. 

Siapapun memerlukan sistem keuangan yang terencana agar ada keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Supaya kondisi keuangan Sobat Pintar lebih sehat, maka diperlukan yang namanya perencanaan untuk memanage baik buruknya kondisi keuangan. Hal ini akan jelas terlihat dalam pengambilan keputusan. 

Dengan menggunakan perencanaan keuangan, maka akan tampak lebih jelas jika pengambilan keputusannya ada sangkut pautnya dengan menggunakan arus cash (cash flow). Berbagai kebutuhan akan lebih tertata dan terstruktur, jika Sobat Pintar mampu memperhitungkan mana hal yang mesti didahulukan dan mana yang dijadikan cadangan. Dalam perencanaan keuangan, mesti dipertimbangkan mengenai asuransi kesehatan dan biaya cadangan lainnya atau pilih cicilan ringan. 

Pada ulasan artikel berikut, Sobat Pintar akan dibawa untuk lebih jauh mengetahui seperti apa sebenarnya perencanaan keuangan yang baik dan benar. Baik dalam kehidupan pribadi atau berumah tangga, perencanaan keuangan harus tetap dilakukan supaya segala resiko bisa segera diatasi.

Petakan Tujuan Finansial

Dalam hal mengatur keuangan, perlu adanya pemetaan mengenai apa saja tujuan finansial yang mesti diperhitungkan. Sebab, ini merupakan salah satu hal yang krusial atau penting. Karena jika tidak diuraikan secara jelas, uang akan terpakai untuk hal yang sia-sia. 

Tujuan finansial dalam hal ini yaitu, seperti membeli rumah, rencana dana pendidikan untuk anak, dana untuk usaha atau bisnis agar segala kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik dan bijak. Maka, sangat penting untuk Sobat Pintar memperhitungkan dan memetakan apa saja sekiranya yang masuk dalam daftar dana finansial yang mesti Sobat Pintar dahulukan. 

Oleh karena itu, penting kiranya bagi Sobat Pintar mengetahui tujuan finansial apa sajakah yang akan berguna di kehidupan kemudian hari. Yang paling utama dalam mengatur perencanaan keuangan yaitu dengan melakukan hal ini, baru Sobat Pintar bisa maju ke tahapan berikutnya dalam menentukan apa yang mesti dilakukan. 

Buat catatan pengeluaran dan pendapatan bulanan

Dalam hal ini. Sobat Pintar juga harus mengetahui berapa besar pendapatan dan berapa besar pengeluaran dalam kehidupan Sobat Pintar. Caranya dengan membuat catatan mengenai dana pengeluaran dan pendapatan. 

Setelah Sobat Pintar menentukan tujuan finansial, Sobat Pintar perlu mencatat pendapatan baik bulanan maupun tahunan sesuai kapan periode Sobat Pintar mendapatkan gaji. Sebab, setiap orang akan mendapatkan penghasilan berbeda tergantung perusahaan tempat ia bekerja.

Hasil dari catatan tersebut sangat berguna untuk mengukur seberapa sehat kondisi keuangan Sobat Pintar saat ini.  Jika Sobat Pintar berhasil mencatat pengeluaran dan pendapatan dengan baik. maka Sobat Pintar sudah bisa membantu dalam membuat laporan keuangan bulanan jadi lebih mudah. 

Hal ini terjadi karena ada beberapa kasus dimana seseorang ingin membuat laporan keuangan, tapi tidak mencatat pendapatan dan pengeluaran. Sehingga, membuatnya sulit dalam dalam me-manage keuangan.

Jika merasa kesulitan, sekarang bahkan sudah ada aplikasi keuangan yang akan membantu Sobat Pintar dalam mencatat pengeluaran dan pendapatan. Bahkan, bisa membantu mengelola keuangan pribadi maupun keluarga. 

Buat Rencana Dana Darurat

Hal penting yang juga mesti Sobat Pintar perhitungkan ialah dana darurat. Dana ini akan sangat berguna ketika Sobat Pintar menghadapi suatu persoalan atau musibah dan harus mengeluarkan uang. Mungkin dana darurat ini terdengar sepele, namun ternyata dana ini sangat penting, baik dalam hal pribadi maupun keluarga. 

Dana darurat ini digunakan dalam kondisi seperti ada yang sakit mendadak, kecelakaan atau lain sebagainya yang terjadi secara tiba-tiba. Tujuannya yaitu untuk mempersiapkan jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak terduga yang tidak diinginkan. 

Jika sedari awal Sobat Pintar membuat perencanaan keuangan yang baik, pasti Sobat Pintar akan memikirkan untuk menyisihkan dana agar mampu menyimpan uang darurat. Karena dengan mempersiapkan hal ini, tandanya Sobat Pintar sudah bijak dalam mengatur keuangan dan Sobat Pintar tidak akan kehilangan anggaran kebutuhan yang sudah diperhitungkan sejak awal.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Tidak dapat dipungkiri jika semua orang pasti memiliki cicilan, baik itu dalam jumlah besar maupun jumlah yang sedikit. Faktor seseorang memiliki hutang sebenarnya beragam. Hal ini dapat dilihat dari dua sisi positif dan negatif, tergantung kebutuhan masing-masing orang. 

Berhutang bukan hanya kepepet tidak punya uang, tetapi ada juga biaya tagihan yang mesti dibayarkan karena membeli mobil, motor atau rumah. Sebisa mungkin Sobat Pintar harus membayar tagihan tersebut tepat waktu alias jangan menunda-nunda. 

Maka dari itu, penting bagi Sobat Pintar untuk menyiapkan dana pengeluaran biaya tagihan.  Apabila Sobat Pintar belum memiliki dana untuk membayar tagihan karena belum mendapatkan gaji hasil kerja, maka bisa ajukan pinjaman ke Kredit Pintar terlebih dahulu.

Di aplikasi Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman dengan cicilan ringan setiap bulannya. Walaupun bunganya agak tinggi, tetapi bisa teratasi, apabila Sobat Pintar selalu membayarnya tepat waktu.

Berinvestasi Dan Menabung

Cara perencanaan keuangan yang baik berikutnya adalah Sobat Pintar bisa menabung atau melakukan investasi untuk kemudian hari. Hal ini yang mesti dilakukan, supaya menjaga aset Sobat Pintar agar tetap bernilai pada waktu yang akan datang. 

Di era yang serba modern sekarang ini, berinvestasi dan menabung adalah kewajiban yang mesti diterapkan oleh setiap orang. Kondisi keuangan seseorang tidak bisa ditebak, kadang berada dibawah kadang bisa berada diatas.

 Ada banyak jenis investasi yang bisa Sobat Pintar lakukan. Seperti mulai mencoba melakukan tabungan deposito, reksa dana atau investasi saham. Beberapa hal tersebut bisa berguna bagi Sobat Pintar di masa mendatang. Sesuaikan saja mana yang paling Sobat Pintar mengerti dan pahami. Kemudian, sesuaikan juga dengan kemampuan dana Sobat Pintar pada bidang tersebut. 

Gunakan Asuransi Perlindungan

Mungkin bagi sebagian orang menggunakan asuransi merupakan hal yang memangkas anggaran cukup besar, sehingga tidak semua memakai hal ini. Namun menggunakan produk asuransi adalah tindakan preventif yang bisa Sobat Pintar lakukan. Karena setiap tahun dana pengobatan di rumah sakit semakin melonjak.

Namun, dengan menggunakan asuransi kesehatan, Sobat Pintar akan meminimalisir pengeluaran. Bukan hanya kesehatan, asuransi juga sangat perlu digunakan dalam pendidikan, asuransi jiwa dan asuransi kendaraan karena dana asuransi bisa sangat menolong dan dicairkan.

Monitoring Rencana Keuangan

Setelah Sobat Pintar menerapkan cara merencanakan finansial dengan baik, Sobat Pintar perlu melakukan monitoring atau pemantauan terhadap proses perencanaan itu. Tujuannya, yaitu untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan .

Sebab, hal ini bisa dilihat beberapa waktu setelah Sobat Pintar melakukannya. Sobat Pintar bisa melakukan pengecekan setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, bahkan 1 tahun sekali. Setelah itu, Sobat Pintar bisa mengambil tindakan dan melakukan perbaikan atau introspeksi terhadap kekurangan atau kesalahan yang dibuat.

Itulah beberapa cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengelola keuangan dengan baik dan tepat. Apabila dana darurat Sobat Pintar sedang kosong, sedangkan ada masalah keuangan yang mesti diatasi, maka bisa langsung ajukan pinjaman online dengan cicilan ringan.

Salah satu aplikasi yang menghadirkan cicilan perbulan ringan dengan nominal pinjaman besar, yaitu aplikasi Kredit Pintar. Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman untuk kebutuhan dana darurat disini secara mudah dan cepat. Tak perlu menunggu lama, dana yang Sobat Pintar ajukan akan segera cair dalam beberapa menit, lalu Sobat Pintar bisa langsung untuk menggunakannya.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload