Apa Itu Rekber / Pulber? Ini Dia Perbedaan, dan Cara Kerjanya

18 Jun 2021 by kreditpintar
Apa Itu Rekber / Pulber? Ini Dia Perbedaan, dan Cara Kerjanya

Bagi pengguna marketplace pasti sudah sering mendengar istilah Rekber / Pulber, bukan? Namun ada pula yang masih bertanya-tanya apa sih beda kedua istilah tersebut? Dan bagaimana cara kerjanya? 

Nah, pada kesempatan kali ini Kami akan menjelaskan tentang apa perbedaan Rekber dan Pulber serta bagaimana cara kerja dan cara menggunakannya. 

Pengertian Rekber / Pulber

Rekber merupakan singkatan dari rekening bersama, sementara Pulber merupakan singkatan dari pulsa bersama. Kedua istilah tersebut cukup familiar bagi pengguna marketplace atau yang biasa melakukan jual beli online. 

Baik Rekber/ Pulber mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengamankan setiap transaksi di antara penjual dan pembeli. Kendati demikian, masih saja ada beberapa orang yang belum menggunakan Rekber/Pulber dengan berbagai alasan. Tidak heran jika masih banyak kejadian penipuan dalam transaksi jual beli di internet.

Perbedaan Rekber / Pulber

Dari Segi Makna Dan Perannya

Sekalipun mempunyai fungsi yang sama, namun Rekber / Pulber juga mempunyai perbedaan. Rekber bertugas melindungi proses transaksi jual beli melalui Bank, sedangkan pulber hanya bersedia memproses transaksi menggunakan pulsa saja. 

Sebagian orang menggunakan pulber untuk transaksi ringan seperti pembelian pulsa atau voucher game. Sedangkan rekber menerima pembayaran uang dengan mentransfer uang ke rekening bank. 

Secara sederhana, rekber menggunakan pembayaran dengan uang, sedangkan pulber menerima pembayaran pulsa. 

Dari Segi Cara Kerja

Rekber/ pulber cara kerjanya melibatkan pihak ketiga yaitu jasa rekber/pulber. Di mana penjual atau pembeli yang telah sepakat akan mempercayakan jasa rekber/pulber untuk menampung dana terlebih dahulu. 

Setelah pembeli menerima barang, maka jasa rekber akan melepas uang dan mengirimkan ke pihak penjual.  Secara sederhana begini penjelasannya :

Rekber

Bagaimana sih cara menggunakan rekber? 

  1. Pembeli dan penjual sebelum bertransaksi hendaknya sepakat menggunakan rekening bersama yang terpercaya
  2. Kemudian pembeli akan melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening bersama yang ada
  3. Jasa rekber akan menerima dana yang masuk dan mengkonfirmasi kepada penjual.
  4. Jasa rekber akan mengamankan dana tersebut sampai penjual mengirimkan barang ke pembeli
  5. Pembeli yang menerima barang akan memberikan konfirmasi ke jasa rekber
  6. Selanjutnya jasa rekber akan mentransfer dana kepada penjual.
  7. Setelah penjual memberikan konfirmasi jika dana telah masuk, maka jasa rekber akan mendapatkan komisi. 

Pulber

Tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan rekber. Bedanya hanya menggunakan pembayaran berupa pulsa bukan dana. Berikut cara menggunakannya :

  1. Penjual dan pembeli akan membuat kesepakatan terlebih dahulu
  2. Penjual akan mengirimkan voucher kepada jasa pulber
  3. Jasa pulber akan mengkonfirmasi pada pembeli
  4. Pembeli kemudian akan mengirimkan sejumlah pulsa.
  5. Pihak jasa pulber akan mengamankan pulsa tersebut dan mengirimkan voucher milik pembeli. 
  6. Selanjutnya, penyedia jasa pulber akan mengirimkan sejumlah pulsa kepada penjual
  7. Baik penjual maupun pembeli akan saling mengkonfirmasi kepada jasa pulber bahwa transaksi telah selesai. 

Apa Keuntungan Menggunakan Rekber / Pulber

Bagi Penjual

Ada beberapa keuntungan yang akan penjual dapatkan ketika menggunakan jasa rekber/ pulber, yaitu :

  • Meningkatkan keyakinan pembeli 
  • Meningkatkan keamanan setiap kali bertransaksi
  • Kredibilitas penjual menjadi meningkat

Bagi Pembeli

Tak hanya penjual saja yang merasakan keuntungan dari jasa rekber/ pulber, pihak pembeli pun juga merasakan manfaatnya. 

  • Transaksi jual beli menjadi lebih aman, terjamin dan nyaman
  • Meminimalisir risiko terjadinya penipuan online

Contoh Penggunaan Rekber / Pulber

Bagaimana? Sudah paham konsep Rekber/ Pulber, kan? Pada dasarnya, Sobat Pintar sering sering menjumpai rekber/ pulber ketika bertransaksi jual beli online. Seperti ketika berbelanja online di Shopee, Tokopedia atau platform marketplace lainnya berperan sebagai jasa rekber. Namun tidak menyadari hal tersebut. 

Nah, kali ini kami akan mengulas satu per satu, ya!

  1. Rekber Shopee

Rekber Shopee merupakan rekening bersama yang tersedia di platform marketplace Shopee. Ini berperan sebagai penyedia jasa yang menjembatani transaksi di antara penjual dan pembeli. Shopee akan menampung dana yang masuk dari setiap transaksi penjualan, sampai pembeli mengkonfirmasi telah menerima barang. 

Pembeli yang telah menerima pesanan wajib memberikan konfirmasi ulang kepada pihak shopee, selaku jasa rekber. Setelah itu, shopee akan mengirimkan uang hasil penjualan tersebut kepada pihak penjual. 

  1. Rekber Tokopedia

Konsepnya tidak jauh berbeda dengan rekber shopee. Pembeli juga wajib mentransfer dana terlebih dahulu, dan jasa rekber Tokopedia akan menampungnya sementara sampai pembeli menerima barang. 

Selanjutnya pihak jasa rekber Tokopedia juga akan melepaskan dana tersebut setelah pembeli memberikan konfirmasi terima pesanan. 

  1. Rekber Bukalapak

Sebagai salah satu marketplace yang cukup populer, maka Bukalapak juga menggunakan rekber. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan rekber Shopee atau Tokopedia. 

Apakah Menggunakan Rekber / Pulber Aman?

Menggunakan jasa rekber di dalam forum jual beli cukup aman, karena dapat meminimalisir tindak penipuan. Dengan jasa rekber, seakan-akan memaksa pembeli menjadi pembeli serius yang tidak asal tawar lalu menghilang. Pembeli harus melakukan pembayaran terlebih dahulu jika ingin mendapatkan barang. 

Begitu juga dari segi penjual. Pihak penjual tidak dapat kabur membawa uang pembeli karena jasa rekber akan melepas uang ketika pembeli menerima barang.

Jika melihat gambaran di atas, menggunakan rekber/ pulber terlihat aman, bukan? Namun, sebagai pembeli/ penjual tetap harus waspada. Karena penggunaan rekber melibatkan pihak jasa rekber. 

Oleh karena itu, penjual atau pembeli harus mencari jasa rekber yang terpercaya agar terhindar dari tindak kejahatan. 

Aplikasi Rekber Terpercaya Bagi Pengguna Android

Nah, berikut 4 aplikasi android yang dapat Sobat Pintar gunakan sebagai rekening bersama ketika berbelanja online. 

  1. Indo Rekber

Indo Rekber merupakan salah satu aplikasi rekening bersama yang dapat memberikan jaminan setiap kali Sobat Pintar bertransaksi online. Aplikasi Indo Rekber merupakan buatan MKB Group. 

  1. iRekber

iRekber merupakan jasa rekber yang membuat transaksi jual beli lebih nyaman dan aman serta jauh dari aksi penipuan. Sistem akan selalu memberikan notifikasi setiap kali Sobat Pintar melakukan jual beli. 

Mulai dari uang yang Sobat Pintar kirim, informasi penjual telah mengirimkan barang, barang telah pembeli terima hingga penjual menerima uangnya. Aplikasi iRekber akan memberikan detail informasinya secara transparan. 

  1. Rekberco

Pengembang aplikasi ini bernama Rekberco, yang baru merilis aplikasi ini tahun 2020.  Karena masih tergolong baru, pengguna aplikasi ini belum banyak. Seperti aplikasi lain, Rekberco juga menjamin keamanan setiap kali bertransaksi. 

  1. Rekber

Dengan menggunakan aplikasi Rekber, Sobat Pintar tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan uang. Sebab aplikasi Rekber menggunakan sistem otomatis di mana seluruh prosesnya tanpa ada campur tangan manusia. 

Kelemahan Rekber / Pulber

Yang menjadi kelemahan ketika bertransaksi menggunakan rekber adalah keberadaan pihak ketiga, yaitu jasa rekber. Sebab, secara tanpa tersadar pihak jasa rekber dapat memperlama proses transaksi. Tak heran jika terkadang proses transaksi menjadi lebih lama. 

Kendala yang paling umum terjadi adalah kasus pembeli yang terlambat membayar atau penjual yang menunda-nunda mengirim barang. 

Itulah paparan tentang rekber / pulber, bijaklah selalu setiap  bertransaksi online. Nah, jika Sobat Pintar memang doyan berbelanja online namun belum gajian, ajukan saja pinjaman uang tunai melalui aplikasi Kredit Pintar. Dapatkan limit pinjaman hingga 2 juta rupiah dengan proses cepat dan mudah. Unduh aplikasinya dan ajukan pinjaman sekarang juga, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk