Begini Cara Menabung untuk Beli Rumah

02 Jul 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 15 Aug 2022

Cara menabung untuk beli rumah penting kita ketahui untuk masa depan yang lebih terjamin. Terlebih rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus kita miliki. Kira-kira bagaimana cara menabung agar dapat mencapai target membeli rumah? Mari cari tahu sejumlah informasinya di sini. 

Baca Juga: Tips Menabung Mudah Ala Kredit Pintar

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang penting kita miliki sebagai tempat berteduh paling nyaman. Apalagi jika kita sudah memiliki keluarga. Sobat Pintar bisa memilikinya dengan cara menyisihkan sebagian besar pendapatan untuk rumah. Meski menabung terkadang terasa sulit namun kita harus memikirkannya. 

Untuk memiliki rumah membutuhkan usaha lebih keras karena harga tanah dan rumah saat ini tidaklah murah. Terlebih harga tanah akan naik setiap tahunnya. Untuk bisa memiliki rumah, Sobat Pintar bisa mempertimbangkan beberapa tipsnya agar keinginan memiliki rumah segera terwujud. 

Cara Menabung untuk Beli Rumah 

Di tengah era teknologi yang kian berkembang cepat dan sebagian besar transaksi bisa dilakukan secara online membuat kita tidak segan untuk mengeluarkan uang. Agar tidak boros, berikut cara menabung untuk beli rumah yang perlu Sobat Pintar ketahui, di antaranya: 

Baca Juga: Ini Tabel Menabung 20 Juta Setahun ! Ini Lengkapnya

  1.  Ingat Tujuan Menabung

Ingat tujuan menabung untuk membeli rumah sehingga Sobat Pintar harus menahan godaan dari hal-hal yang tidak mendesak. Karena sudah memiliki tujuan untuk membeli rumah maka usahakan konsisten menyisihkan sebagian pendapatan. Usahakan selalu mempertimbangkan ketika hendak membeli sesuatu yang dirasa kurang penting.

  1.  Tentukan Batas Waktu Menabung dan Jumlahnya

Agar menabung lebih terarah maka buatlah batasan berapa lama menabung beserta jumlahnya. Misalnya untuk membeli rumah membutuhkan uang cash Rp 500.000.000, kita bisa memperkirakan berapa tahun menabung dan sesuaikan dengan kemampuan setiap bulannya agar dapat mencapai target. 

  1.  Kelola Keuangan dengan Membuat Anggaran

Cara selanjutnya ialah dengan mengelola keuangan dan membuat anggaran berdasarkan kebutuhan. Dengan begitu, Sobat Pintar akan mengetahui kira-kira kebutuhan apa saja yang sering dikeluarkan dan membutuhkan total pengeluaran berapa. Sisanya bisa dialokasikan untuk menabung secara rutin. 

  1.  Gunakan Aplikasi untuk Mencatat Transaksi Keuangan

Selain dapat mencatat laporan keuangan secara manual, di era yang canggih seperti sekarang ini, Sobat Pintar bisa menggunakan aplikasi pencatat keuangan yang mana bisa diunduh di Playstore. Hal ini berguna untuk melihat catatan transaksi yang Sobat Pintar keluarkan. 

  1.  Membuat Rekening Khusus

Membuat rekening khusus untuk tabungan merupakan cara menabung untuk beli rumah yang bisa Sobat Pintar pertimbangkan agar tidak tercampur dengan pengeluaran lainnya. Sebab terkadang uang habis tidak terasa karena kartu ATM yang kita pegang sering digunakan untuk beberapa transaksi. Dengan rekening khusus maka bisa dipastikan ATM itu tidak digunakan untuk transaksi.

Tips Menabung Agar Cepat Mencapai Target

Agar tabungan untuk beli rumah cepat mencapai target, Sobat Pintar bisa mempertimbangkan beberapa tipsnya terlebih dahulu. Berikut tips menabung agar cepat mencapai target, di antaranya: 

Baca Juga: Cara Menabung untuk Beli Rumah Sebelum Usia 30

  1.  Jangan Berhutang

Tips menabung untuk beli rumah yang tidak kalah penting adalah jangan berhutang, apalagi untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Lebih baik menabung uang yang dimiliki sebagai dana mendesak. Sobat Pintar bisa memilih opsi utang jika benar-benar merasa terdesak. Apabila sudah terlanjur memiliki hutang sebaiknya lunasi hutang terlebih dahulu. 

  1. Menambah Penghasilan

Sobat Pintar bisa menambah penghasilan dengan berbekal media sosial atau jaringan internet sebagai pekerjaan sampingan misalnya dengan berjualan online, membuat konten, jadi penulis lepas dan lainnya. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa menambah penghasilan diluar gaji dari pekerjaan utama. 

  1. Investasi 

Terdapat banyak jenis investasi yang bisa Sobat Pintar ikuti di antaranya saham, obligasi, reksa dan dan lainnya. Namun jika memilih investasi sebagai sumber penghasilan tambahan pastikan Sobat Pintar mengetahui teknik analisanya, jangan sampai uang yang sudah kita kumpulkan justru habis dipakai investasi yang merugikan. Adapun berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika memilih investasi, di antaranya:

  • Pahami Risiko dan Konsep Investasi

Sebelum memulai investasi, pahami konsep dan risikonya terlebih dahulu.  Konsep investasi penting diketahui agar Sobat Pintar mengetahui langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mendapat profit dari investasi. Sedangkan risiko bisa dipertimbangkan batasannya agar modal tidak habis cuma-cuma. 

  • Tentukan Tujuan Investasi

Menentukan tujuan investasi tidak kalah penting untuk dipertimbangkan misalnya untuk membeli barang, liburan, dana darurat, membeli kendaraan atau menikah. Dengan berinvestasi Sobat Pintar bisa membangun komitmen dalam berinvestasi. Dalam kata lain agar tidak kehilangan motivasi dan konsisten dalam mengalokasikan dana untuk investasi. 

  • Perkirakan Alokasi Dana dan Waktu untuk Investasi

Setelah menentukan tujuan investasi, langkah selanjutnya ialah perkirakan alokasi dana dan waktu untuk investasi. Sobat Pintar bisa mempertimbangkannya dengan memperkirakan juga berapa dana yang dimiliki sekarang lalu perkirakan jangka waktunya. Misal jika Sobat Pintar membutuhkan tambahan dana Rp 50 juta dalam waktu satu tahun maka bisa dipertimbangkan berapa alokasi dana yang perlu dikeluarkan agar profit Rp 50 juta dalam setahun.

  • Tentukan Platform Investasi yang Tepat

Yang tidak kalah penting tentukan platform investasi yang tepat, terlebih saat ini banyak platform menjanjikan keuntungan besar namun ternyata merugikan. Jangan sampai tergoda keuntungan besar namun belum terjamin legalitasnya. Untuk itu pastikan izin platform yang Sobat Pintar pilih legal agar dana kita aman dan tidak menyusut dengan cepat. 

Kesalahan yang Kerap Dilakukan Ketika Menabung

Menabung perlu dibiasakan agar dapat mencapai target dengan cepat. Namun ketika menabung terkadang kita melakukan beberapa kesalahan sehingga target tidak bisa tercapai. Berikut kesalahan yang kerap dilakukan ketika menabung: 

  1.  Tidak Memiliki Anggaran Keuangan Bulan

Tidak memiliki anggaran keuangan bulanan dapat membuat tabungan cepat habis karena terpakai oleh kebutuhan sehari-hari. Sehingga Sobat Pintar perlu memisahkan kebutuhan, keinginan dan pengeluaran secara jelas dan detail. 

  1. Tidak Mau Menabung Dalam Jumlah Kecil

Kesalahan selanjutnya adalah tidak mau menabung dalam jumlah kecil padahal jika kita sering melakukannya, jumlah tabungan bisa meningkat. Maka dari itu sekecil apapun tetaplah menabung daripada tidak sama sekali. 

  1. Tidak Menentukan Tujuan Menabung

Tidak menentukan tujuan menabung bisa jadi salah satu kesalahan sehingga dalam prosesnya kita tidak konsisten. Akan lebih baik jika Sobat Pintar menentukan tujuan menabung untuk memotivasi dan memiliki tujuan jelas serta terukur. Terlebih menabung tanpa tujuan akan membuat nominal tabungan yang kita sisihkan jadi tidak jelas.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download