Cara Menabung untuk Beli Rumah Sebelum Usia 30

16 Jul 2021 by Laruan

Punya rumah pribadi merupakan impian banyak orang. Namun, mewujudkan hal ini tidak mudah. Meski begitu, punya rumah sebelum usia 30 bukan hal yang mustahil. 

Jangan pesimis, meski gaji Sobat Pintar saat ini masih terbilang kecil, Sobat Pintar tetap boleh punya harapan untuk memiliki rumah di usia muda. Sobat Pintar perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah dengan mengukur kapasitas keuangan dan usia Sobat Pintar saat ini. 

Cara Menabung untuk Beli Rumah Sebelum Usia 30

Cari tahu cara cerdas mengelola keuangan Sobat Pintar. Kebiasaan mengelola keuangan tanpa rencana yang tepat membuat sebagian orang mengabaikan betapa pentingnya investasi dan menabung di usia muda. Ayo, mulailah menabung untuk membeli rumah impian Sobat Pintar!

Berikut adalah cara menabung untuk beli rumah sebelum usia 30 tahun yang bisa Sobat Pintar lakukan!

  1. Niatkan Untuk Beli Rumah Mulai Hari Ini!

Niat adalah pondasi untuk melakukan berbagai hal. Jika niat Sobat Pintar kuat, bukan tidak mungkin Sobat Pintar bisa memiliki rumah di usia muda. Cara menabung untuk beli rumah yang pertama adalah kuatkan dulu niat Sobat Pintar. 

Buang jauh-jauh pikiran untuk menunda membeli rumah karena Sobat Pintar masih muda. Ganti pola pikir Sobat Pintar jika merasa masih ingin menikmati hidup dengan menghamburkan uang. Sobat Pintar tahu bahwa menabung dan investasi sejak dini adalah penting untuk masa depan Sobat Pintar. 

Membeli rumah memang bukan hal yang mudah dilakukan. Sobat Pintar perlu persiapan yang matang. Jadikan mimpi Sobat Pintar untuk punya rumah di usia muda sebagai motivasi hidup Sobat Pintar. Dengan begitu, Sobat Pintar akan lebih semangat bekerja untuk meraih mimpi Sobat Pintar memiliki rumah di usia muda. 

  1. Atur Rencana Keuangan Sobat Pintar Lebih Rinci dan Bijak

Apakah saat ini Sobat Pintar sudah punya rencana keuangan? Jika belum, buatlah rencana keuangan Sobat Pintar mulai sekarang. Catat secara detail pemasukan dan pengeluaran Sobat Pintar setiap bulan. Lakukan perhitungan anggaran belanja Sobat Pintar dengan bijak. 

Sambil membuat rencana keuangan, tentukan juga tujuan Sobat Pintar untuk meningkatkan motivasi. Apakah Sobat Pintar ingin membeli rumah bersubsidi atau rumah impian di tengah kota? Tentukan tujuan Sobat Pintar supaya Sobat Pintar punya gambaran berapa kira-kira anggaran yang dibutuhkan.

Tentukan batas waktu Sobat Pintar. Kapan Sobat Pintar berencana membeli rumah? Sobat Pintar bisa memperkirakan harga rumah impian Sobat Pintar jika Sobat Pintar berencana membeli rumah 1-2 tahun lagi. Harga rumah setiap tahun mengalami kenaikan, maka Sobat Pintar perlu menyesuaikan anggaran Sobat Pintar dengan menghitung harga rumah dan tingkat inflasinya. 

  1. Menabung di Dua Rekening Berbeda

Salah satu tips merencanakan keuangan yang cerdas adalah dengan menggunakan dua rekening berbeda. Rekening pertama Sobat Pintar untuk menerima gaji dan kebutuhan bulanan Sobat Pintar, lalu rekening kedua dikhususkan untuk tabungan rumah impian Sobat Pintar. 

Cara menabung untuk beli rumah ini cukup sederhana namun efisien. Sobat Pintar bisa menyisihkan sekitar 30% dari pendapatan bulanan Sobat Pintar untuk DP rumah. Menabunglah di awal bulan agar jumlah uang yang Sobat Pintar tabung bisa konsisten. Jadi, Sobat Pintar tidak perlu pinjaman uang besar untuk DP rumah Sobat Pintar.

  1. Investasikan Uang Sobat Pintar

Belajarlah tentang hal-hal yang berhubungan dengan investasi. Pastikan Sobat Pintar tidak terjebak investasi palsu. Sebagai investor pemula, Sobat Pintar bisa mencoba investasi dengan risiko paling rendah seperti reksadana pasar uang.

  1. Menabung dalam Bentuk Emas

Membeli emas juga bisa menjadi salah satu cara berinvestasi yang mudah. Emas cocok bagi Sobat Pintar yang ingin berinvestasi jangka panjang untuk tabungan membeli rumah. Harga emas cenderung stabil dan tidak terpengaruh inflasi. 

Jika Sobat Pintar ingin berinvestasi emas, maka pelajari dan pahami dulu cara-caranya. Cara info dari berbagai sumber dan berkonsultasi pada orang yang lebih berpengalaman di bidang investasi emas.    

  1. Deposito

Simpanan deposito lebih terjamin keamanannya untuk tabungan jangka panjang Sobat Pintar. Deposito terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selain itu, deposito juga menawarkan suku bunga yang relatif tinggi daripada jenis tabungan biasa. Investasi berupa deposito dikenakan pajak final 20%. Sesuaikan waktu jatuh tempo deposito dengan waktu yang Sobat Pintar rencanakan untuk membeli rumah. 

  1. Program Kredit  Pemilikan Rumah

Program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) banyak dipilih sebagai solusi memiliki rumah idaman bagi masyarakat dengan pendapatan relatif rendah. Cara menabung untuk beli rumah secara tunai memang memerlukan waktu lebih lama, apalagi bagi mereka yang pendapatannya di bawah UMR.

KPR adalah program dari bank untuk nasabah dengan memberikan fasilitas kredit untuk membeli dan merenovasi rumah. Ada dua jenis KPR yang bisa Sobat Pintar pilih yaitu KPR Non Subsidi dan KPR Subsidi. KPR subsidi diatur pemerintah dan hanya orang yang memenuhi syarat yang bisa mendapatkannya. 

  1. Membeli Rumah Subsidi

 Bagaimana jika gaji Sobat Pintar hanya di kisaran 3-1 juta? Kesempatan untuk memiliki rumah di usia muda masih terbuka walaupun gaji Sobat Pintar tidak besar. Itulah mengapa membeli rumah sebaiknya ketika Sobat Pintar masih muda dan lajang karena Sobat Pintar masih mudah mengatur anggaran belanja pribadi Sobat Pintar.

Meski anggaran Sobat Pintar kecil, usahakan membeli rumah dengan kualitas cukup baik dan harga sesuai anggaran Sobat Pintar. Rumah subsidi pemerintah untuk masyarakat menengah ke bawah berkisar 120-140 juta. Sobat Pintar bisa memilih lokasi di pinggiran kota agar harganya lebih ramah namun kualitasnya sudah lumayan. 

  1. Lunasi Semua Hutang

Hal yang penting sebelum memutuskan membeli rumah yaitu pastikan Sobat Pintar sudah tidak ada tanggungan utang. Jika masih ada pinjaman uang, segera melunasinya terlebih dahulu sebelum fokus menabung untuk rumah Sobat Pintar. 

Jika Sobat Pintar masih merasa membutuhkan dana tambahan Sobat Pintar bisa memikirkan untuk menggunakan Kredit Pintar yang minim risiko. Namun, perhatikan bahwa Sobat Pintar sanggup  melunasi Kredit Pintar Sobat Pintar sebelum jatuh tempo. Setelah semua cicilan, tagihan dan hutang Sobat Pintar lunas Sobat Pintar bisa lebih fokus menabung untuk membeli rumah impian Sobat Pintar.

  1. Konsisten dan Disiplin

Kunci dari menabung dan berinvestasi adalah konsisten dan disiplin. Jangan sampai Sobat Pintar justru terbelit utang karena tidak bisa mengelola keuangan dengan bijak dan memaksakan membeli rumah. Menabunglah sedikit demi sedikit namun rutin. 

Sobat Pintar masih punya tanggungan pinjaman uang sementara, hal ini tidak mengapa asalkan Sobat Pintar sudah menghitung dengan cermat dan Sobat Pintar bisa membayarnya. Rencanakan keuangan Sobat Pintar sesuai kebutuhan sehari-hari, tagihan bulanan, dana darurat dan 30% untuk tabungan rumah impian Sobat Pintar.

Memiliki rumah di usia mudah bukan hal mustahil selama Sobat Pintar mau fokus dalam mengusahakannya. Sesuaikan kebutuhan Sobat Pintar dengan kemampuan finansial Sobat Pintar. Belajar untuk tidak terlalu boros mulai sekarang. Menabung dan berinvestasi sejak muda begitu banyak manfaatnya.  Tips agar tabungan bisa cepat digunakan untuk beli rumah yang telah kita bahas di sini bisa mulai Sobat Pintar terapkan. Semoga rumah impian Sobat Pintar segera terwujud!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload