Menyusun Anggaran Liburan Keluarga

21 Feb 2018 by Edwin

Meningkatkan kebersamaan dengan berlibur bersama keluarga merupakan sesuatu yang baik. Banyak manfaat yang tentunya bisa didapatkan. Namun tentunya, liburan tersebut harus disusun dengan matang. Terutama di bagian paling krusial. Anggaran.

Menyusun anggaran liburan keluarga harus memperhatikan 4 elemen penting yang tidak boleh diabaikan. Yaitu:

  1. Pasak dan Tiang
    Pastikan kamu menyusun anggaran liburan keluarga yang tidak akan membebani keuangan keluarga. Jangan sampai kamu dan keluarga harus berlibur dengan cara:- Meminjam uang untuk liburan.
    – Memiliki dana yang sangat “Press” (pass-pass an) untuk berlibur
    – Masih memiliki tunggakan yang seharusnya menjadi prioritasPastikanlah bahwa uang untuk berlibur bersama keluarga merupakan uang yang sudah disisihkan dari pendapatan selama ini. Jangan sampai menggunakan anggaran pos lain untuk berlibur. Apalagi dengan meminjam uang untuk liburan.Bagaimanapun meminjam uang harus pintar. Kamu harus tahu uang pinjaman tersebut akan dikelola untuk hal berguna seperti apa.
  2. Lama Berlibur
    Dalam penyusunan anggaran, kamu harus memperhatikan berapa lama akan berlibur. Namun perlu diingat bahwa akan lebih nyaman jika mengurangi sekitar 1-2 hari waktu liburanmu.Apa maksudnya?Jika kamu dan keluargamu memiliki libur panjang selama 1 minggu, maka sebaiknya gunakan 5-6 hari saja untuk berlibur.Di hari terakhir dapat digunakan untuk beristirahat atau bersantai di rumah. Hal ini untuk mencegah kamu terlalu lelah untuk mulai bekerja di keesokan harinya.

    Selain itu, mengurangi lama berlibur juga akan mengurangi besaran pengeluaran. Dan hal ini tentunya akan sangat baik.

  3. Tentukan Destinasi Bersama
    Kamu mungkin ingin berlibur di pantai, namun mungkin anggota keluargamu ingin berlibur di pesawahan. Oleh sebab itu, dalam merencanakan anggaran liburan keluarga, menentukan destinasi sangatlah penting.Banyak keluarga yang menghabiskan cukup banyak uang untuk tujuan wisata yang tidak bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.Untuk menyikapi hal ini, berdiskusi bersama dalam penentuan destinasi sangatlah penting. Selain itu, destinasi yang dipilihpun sebaiknya memenuhi 5 unsur penting yang harus diperhatikan, yaitu keamanan, akses, fasilitas, wahana yang tersedia, dan tentunya harga.
  4. Memilih Agen Perjalanan
    Saat ini kamu akan sangat kesulitan dalam berlibur jika tidak menggunakan jasa agen perjalanan wisata. Banyak akomodasi yang saat ini hanya tersedia jika kamu menggunakan jasa agen perjalanan.Bahkan beberapa tempat penginapan hanya menyediakan kamar jika sudah dipesan di jauh-jauh hari menggunakan jasa agen perjalanan.Untuk itu, dalam menyusun anggaran liburan keluarga, kamu pun harus menentukan agen perjalanan apa yang memberikan pelayanan sesuai harapan dan budget keluarga.

    Namun kamu jangan takut dalam memilih agen perjalanan. Banyak agen perjalanan yang sudah memanfaatkan kerja sama dengan berbagai platform Fintech.

Kamupun bisa manfaatkan fintech dalam melakukan pemesanan agen perjalanan dan melakukan pembayaran.

Dengan memanfaatkan fintech, kamupun bahkan bisa melakukan skema cicilan untuk liburan dengan menggunakan jasa agen perjalanan.

Yuk manfaatkan KreditPintar, app pemberi pinjaman tanpa ribet yang tersedia di google play. Download aplikasinya disini https://goo.gl/NpwFBz

mobile-closeKredit PintarDownload