Cara Membuat Google Drive dan Tips Rahasia Jarang Diketahui

24 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 24 Aug 2022

Cara membuat Google Drive yang mudah, ternyata dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyimpan file secara cloud. Dengan kata lain, hal ini lebih aman daripada kamu menyimpan secara offline di penyimpanan.

Seseorang yang menyimpan file di media HDD/SSD maupun penyimpanan smartphone, berpotensi mengalami kehilangan. Khusus untuk kamu mahasiswa akhir yang tengah mengerjakan skripsi, wajib menyimpannya secara cloud.

Risiko kehilangan data penting di penyimpanan offline sangat besar terjadi. Misalnya perangkat rusak atau hilang. Daripada mengambil risiko semacam itu, lebih baik menggunakan penyimpanan gratis Google Drive.

Ternyata, untuk memilikinya bisa dengan cara membuat Google Drive gratis di laptop maupun HP kamu. Google sebagai perusahaan raksasa dunia, menjamin keamanan data yang kamu simpan di sana.

Baca juga: Panduan Lengkap Media Sosial

Cara Membuat Google Drive dan Tips Rahasia Jarang Diketahui

Cara Membuat Google Drive

Berikut ini panduan lengkap untuk mempunyai penyimpanan gratis dari Google. Kapasitas yang bisa kamu dapatkan adalah 15 GigaByte (GB).

Tetapi kamu bisa memperoleh penyimpanan unlimited tanpa batasan dengan berlangganan Google Drive Unlimited. Simak langkah-langkah membuat Google Drive gratis.

1. Mempunyai Akun Gmail

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah alamat email dari Google. Kamu cukup login ke alamat email tersebut melalui browser. Untuk browser, Chrome lebih kami rekomendasikan karena sama-sama produk dari Google.

Ketik Google.com tempat URL, kemudian akan muncul halaman search engine Google. Klik Masuk pada bagian pojok kanan atas, login menggunakan alamat email Google yang sudah kamu siapkan.

2. Buka Google Drive

Setelah masuk, halaman tersebut akan reload dengan menampilkan foto profil Google milikmu. Kemudian buka Drive melalui salah satu cara berikut.

a) Buka Melalui Aplikasi Google

Kamu bisa membuka Google Drive melalui Aplikasi Google di sebelah nama akun kamu. Ada banyak sekali produk Google yang bisa kamu manfaatkan.

Mulai dari Google Drive, YouTube, Google Play Store, Google Berita, Google Meet, Kalender Google, Google Foto, dan masih banyak lagi lainnya. Sebenarnya, cara membuat Google Drive hanya perlu masuk ke halaman penyimpanan.

Klik pada Google Drive, maka halaman akan langsung berpindah ke penyimpanan pribadi kamu. Orang lain tidak bisa mengaksesnya kecuali kamu memberikan akses kepada mereka.

b) Buka Melalui URL Drive

Cara kedua yaitu melalui URL yang bisa langsung kamu ketik setelah login Gmail. URL untuk masuk Google Drive adalah https://drive.google.com/.

Setelah masuk, kamu bebas menyimpan dokumen apapun dalam format apa saja. Seperti dokumen foto (JPG, JPEG, PNG, dll) yang dapat langsung sinkron dengan Google Foto. Maupun dokumen seperti .DOCX yang bisa langsung sinkron dengan Google Document.

3. Klik Tambah Baru

Menu + Baru berada di bagian kiri atas tampilan, klik menu tersebut untuk mulai mengunggah dokumen kamu.

a) Unggah File

klik upload file untuk memilih file yang akan kamu unggah.

b) Unggal Folder

klik upload folder untuk memilih folder yang akan kamu unggah, lengkap beserta folder turunan maupun file yang ada di dalamnya.

Tunggu proses selesai, maka file maupun folder yang kamu pilih sudah berada di penyimpanan Google Drive. Jika terjadi masalah pada file atau folder di laptop/HP, kamu tidak perlu khawatir.

Tinggal mengembalikannya dengan cara unduh dari Google Drive ke penyimpanan offline. Kabar baiknya, Google Drive bisa kamu akses dari komputer/laptop maupun aplikasi smartphone.

4. Akses Google Drive

Setelah mengetahui cara membuat Google Drive, kamu juga dapat mengakses semua dokumen yang berada di dalamnya menggunakan perangkat yang berbeda. Asalkan login terlebih dulu menggunakan Gmail utama.

Misalnya, ketika mengunggah dokumen menggunakan komputer. Kemudian di suatu waktu ingin melihat file, namun tidak membawa komputer/laptop. Kamu bisa membuka Google Drive di HP dengan atau tanpa aplikasi.

5. Membagikan Folder dan File Google Drive

Lebih lanjut lagi, kamu mempunyai otoritas untuk membagikan dokumen kepada publik maupun orang khusus yang kamu kehendaki. Simak langkah berikut ini.

1. Klik kanan folder atau file yang ingin kamu bagikan;

2. Pilih bagikan atau dapatkan link;

3. Ubah akses umum dari dibatasi menjadi siapa saja pemilik link;

4. Atur otoritas publik, apakah hanya pelihat, pengomentar, atau editor. Kalau editor, maka siapa pun yang mempunyai link tersebut dapat mengelola, menambahkan, maupun mengedit file;

5. Klik selesai.

Baca juga: Tips dan Cara Main Saham Pemula, Mudah dan Cepat Profit

Cara Membuat Google Drive dan Tips Rahasia Jarang Diketahui

Tips Rahasia Google Drive

Beberapa tips dan panduan khusus untuk Google Drive agar dapat kamu manfaatkan secara maksimal.

1. Akses ke Berbagai Perangkat

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan, kamu dapat mengaksesnya melalui berbagai perangkat asalkan masuk menggunakan Gmail utama. Hal ini juga sebagai pengingat agar mengamankan akun Gmail kamu dengan verifikasi 2 langkah agar dokumen Google Drive tidak mudah kebobolan.

2. Buat Dokumen dengan Mudah dan Online

Kamu bisa membuat Google Document, Google Spreadsheet, Google Slide, Google Formulir, Google Sites, dan berbagai layanan Google lainnya secara instan dan online. Caranya, dengan klik + baru dan jelajahi semua fitur yang sudah Google berikan untuk kamu.

3. Melampirkan File di Email Google

Jika biasanya user harus mengunggah file yang akan dilampirkan ke email, hal tersebut tidak berlaku jika file sudah berada di Google Drive. Kamu bebas mengirim file dengan ukuran tanpa batas, tentunya dengan fitur ini lebih efisien dalam berkirim pesan melalui email.

4. Formulir untuk Mengumpulkan Data

Kamu bisa membuat formulir khusus untuk mengumpulkan data custom. Hasil nantinya terbuka ke dokumen Spreadsheet yang mirip dengan Excel dari Microsoft. Pilih Baru > Google Formulir, lantas edit beberapa pilihan yang tersedia di dalamnya.

5. Edit Gambar secara Cloud

Google menyediakan editor gambar standar yang bisa kamu gunakan. Tetapi kalau melakukan editing lebih lanjut, jangan lupa untuk memasang ekstensi Pixlr pada perambah Chrome kamu. Kini mengedit gambar sesuai keinginan jadi lebih mudah.

Baca juga: Biaya Kuliah UI Terbaru

6. Edit Video Dasar

Tidak hanya cara membuat Google Drive, melalui fitur lengkapnya memungkinkan user untuk mengedit video secara dasar. Caranya hampir sama dengan mengedit foto, namun ekstensi Chrome yang kamu butuhkan adalah Pixorial Video.

7. Riwayat Revisi guna Menghindari Kesalahan

Walaupun autosave ketika kamu mengedit dokumen, namanya manusia seringkali tidak luput dari kesalahan. Tekan shortcut CTRL + Alt + G untuk melihat riwayat revisi di masa lalu. Batas penyimpanan adalah 30 hari sebelum revisi tersebut terhapus secara permanen.

8. Terhubung dengan Aplikasi Lain

Ketika menggunakan Google Drive untuk mengambil dokumen, email yang masuk di Chrome haruslah email utama. Misalnya, kamu menggunakan layanan Blogger untuk mengambil foto di Google Drive. Tinggal akses Google Drive langsung dari Blogger tersebut.

Sekian cara membuat Google Drive dan beberapa tips rahasia yang jarang orang maksimalkan. Padahal, semua fitur yang Google berikan membuat pekerjaan menjadi lebih praktis dan mudah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download