Mengatur Keuangan Setelah Menikah, Suami-Istri Harus Kompak

26 Mar 2018 by Edwin

Menikah dengan orang yang Sobat Pintar sayang memang bisa jadi salah satu patokan kesuksesan dan kesannya begitu indah. Namun, itu hanyalah awal hidup dan tantangan baru. Banyak kebutuhan-kebutuhan di masa depan yang harus dihadapi sehingga pengaturan keuangan setelah menikah wajib Sobat Pintar pikirkan secara matang mulai dari sekarang.

Ada banyak sekali kebutuhan di masa depan bagi pasangan suami istri. Beberapa kebutuhan tersebut antara lain adalah:

  1. Dana untuk Mempersiapkan Kedatangan/Kelahiran Buah Hati
  2. Dana untuk Mempersiapkan Pendidikan dan Masa Depan si Buah Hati
  3. Dana untuk Membeli Rumah Sendiri
  4. Dan berbagai dana lainnya yang jumlahnya tentu tidaklah sedikit

Untuk itu, mengatur keuangan setelah menikah perlu dilakukan dengan:

  • Penuh perhitungan
    Artinya, alokasi pendapatan keluarga kecil Sobat Pintar harus dibagi ke pos-pos pengeluaran yang tepat. Jangan sampai pengeluaran untuk keperluan sehari-hari membuat anda tidak memiliki tabungan untuk mempersiapkan masa depan si buah hati. Beberapa pos anggaran yang perlu diperhitungkan dan tidak boleh diabaikan antara lain adalah:1. Anggaran mempersiapkan kelahiran si kecil
    2. Anggaran pendidikan anak di masa depan
    3. Asuransi kesehatan
    4. Anggaran untuk kebutuhan tidak terduga
    5. Anggaran untuk kebutuhan sehari-hari
    6. Tabungan / investasi
  • Komitmen yang kuat
    Dalam mengatur keuangan setelah menikah, komitmen yang kuat untuk melakukan rancangan keuangan tersebut sangatlah penting.Komitmen yang lemah justru menyebabkan kebocoran anggaran rumah tangga sehingga akan ada kebutuhan-kebutuhan penting yang terabaikan. Pada umumnya, hal ini lah yang menyebabkan masalah ekonomi dalam rumah tangga. Akibatnya, sering muncul retak-retak dalam kehidupan rumah tangga.
  • Didiskusikan secara bersama-sama
    Bagaimanapun, baiknya rancangan keuangan rumah tangga yang Sobat Pintar susun, sebaiknya didiskusikan dengan pasangan anda. Hal ini tidak hanya bertujuan agar setiap pihak setuju, namun juga agar setiap pihak mengetahui pengeluaran yang ada sehingga dapat bersama-sama mengontrol setiap pengeluaran dalam kehidupan rumah tangga anda.

Bagian paling menarik dalam kehidupan rumah tangga adalah bagaimana suami-istri akan bersama-sama berjuang mengatur keuangan rumah tangga. Hal ini untuk mencegah keluarga terlilit hutang dan menyebabkan kehidupan rumah tangga yang jauh dari kata harmonis.

Bila keluarga anda membutuhkan pinjaman uang untuk kebutuhan tak terduga, ajukan saja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://bit.ly/KePiBLG