Cara Membangun Bisnis Mulai dari Nol!

26 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 25 Jul 2022

Cara membangun bisnis atau usaha dari nol memang tidak mudah. Kamu tidak bisa asal memulai bisnis tanpa mempertimbangkan beberapa hal sebelumnya. Setidaknya kamu harus menyiapkan beberapa aspek terkait bisnis itu.

Cara Membangun Bisnis Mulai dari Nol!

Di artikel ini Pintar bakal ulas bagaimana cara membangun bisnis. Tidak hanya soal modal, bisnis juga tentang bagaimana memasarkan produk yang berkualitas. Kamu tentunya perlu menyusun tim yang solid. Simak, ya!

Cara Membangun Bisnis 

Tentukan jenis bisnismu

Sebelum memulai bisnis, kamu tentu harus menentukan akan berbisnis di bidang apa. Dengan kata lain kamu mesti menentukan jenis usaha apa yang ingin dibangun. Jika bingung, kamu bisa mulai dari hobi atau keterampilan apa yang kamu bisa lakukan.

Bisnis yang berangkat dari hobi atau keterampilan, paling tidak bisa menjalankan tanpa harus belajar dari nol.Terlebih sekarang bisnis dimudahkan dengan adanya media sosial. Kamu bisa berjualan barang-barang yang disukai atau menawarkan jasa keterampilan.

Itu tentunya wajar untuk dilakukan supaya memudahkan dalam menghasilkan kualitas produk atau jasa yang terbaik. Karena dengan menjalankan cara memulai bisnis satu ini, kamu bakal memulai dengan menempatkan diri sebagai sebagai konsumen yang menginginkan produk atau jasa.

Tidak cuma itu, dengan menentukan jenis usaha atas dasar hobi, kamu juga bisa lebih mudah menghadirkan inovasi saat menjalankan bisnis. Jika sudah memiliki pondasi yang kuat atau lebih dulu dipahami tentunya jadi lebih mudah. 

Misalnya apabila menyukai kuliner, kamu bisa mulai dengan memperkenalkan ragam makanan dan minuman yang disukai. Begitu pula jika Anda senang dengan bidang fashion, pakaian maupun aksesori, menjualnya bisa jadi langkah awal yang bisa diambil dalam memulai bisnis.

Baca juga: Ini Daftar 10 Bisnis yang Akan Booming di Tahun 2022

Lakukan riset

Sesudah menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan, cara memulai bisnis selanjutnya yang bisa dilakukan yakni riset. Tujuannya adalah untuk mengetahui tentang seluk beluk jenis usaha yang bakal dijalani. 

Riset juga dibutuhkan supaya kamu bisa menentukan tren yang sedang digandrungi oleh konsumen sekarang, agar strategi usahamu bisa tepat sasaran serta memberikan keuntungan sehingga bisa berkelanjutan.

Selain itu, melakukan riset dapat membantumu menemukan keuntungan serta kekurangan dari jenis usaha yang bakal dijalani nantinya. Hasil riset pasar yang kamu lakukan pun dapat mulai meminimalisir kekurangannya serta memaksimalkan kelebihan dari jenis usaha yang dirintis. 

Terakhir, riset juga memiliki peran untuk menentukan supplier maupun penyedia bahan baku yang berkualitas serta terpercaya untuk usahamu nantinya. Pastinya ini penting dalam menjaga pasokan rantai produksi usahamu.

Rencanakan anggaran

Cara memulai bisnis bagi pemula yang sering diabaikan adalah menyusun catatan keuangan. Oleh karena itu, krusial buat kamu untuk membuat anggaran terlebih dulu sebelum mulai menyusun rencana bisnis yang menyeluruh utamanya alur kerja operasional. 

Rencana anggaran ini diperlukan agar bisnismu berjalan dengan baik serta tidak melampaui budget atau modal yang dimiliki. Pemetaan anggaran juga dapat memaksimalkan jalannya strategi bisnis. 

Rencanakan anggaran sesuai kebutuhan esensial dari usahamu. Jangan terlalu terburu-buru menyempurnakan seluruh lini dari bisnis. Apabila kamu tidak berhemat dan mempunyai anggaran yang baik, bisa-bisa jadi usahamu yang akan rugi nantinya.

Persiapkan modal

Sesudah itu kamu harus mempersiapkan modal. Untuk menjalankan bisnis pastikan kamu memiliki tabungan untuk modal usaha terlebih dahulu. Jangan terburu-buru meminjam modal jika dirasa kamu tidak yakin atau rencana yang tepat untuk mengembalikan modal yang dipinjam. 

Apabila dirasa masih kurang, kamu bisa lebih dulu meningkatkan nominal uang yang terdapat di dalam tabungan Anda. Jangan merasa kamu terlambat dalam memulai usaha. Tren di kalangan konsumen sifatnya dinamis. 

Ini membutuhkan modal untuk senantiasa berinovasi. Dengan bersabar sedikit, bisa saja nanti kamu menemukan strategi yang lebih baik serta relevan. Nantinya itu dapat memberi keuntungan yang lebih baik dari saat ini.

Cara Membangun Bisnis Mulai dari Nol!

Tentukan Waktu untuk Memulai Bisnis

Kamu juga harus melihat tren saat ini sebelum membangun bisnis. Tren digitalisasi misalnya, harus bisa diantisipasi dalam bisnis. Kamu tidak bisa membangun usaha yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen-momen tertentu. Gorengan dan es misalnya, akan sangat laku saat bulan Ramadhan. Kamu bisa coba untuk menjual berbagai macam kuliner yang sangat laku untuk berbuka puasa. 

Tentukan keunikan dari produk atau jasa usaha Anda

Dalam dunia bisnis tentunya ada persaingan. Kamu harus membuat keunikan yang bakal menjadi brand perusahaanmu. Tanpa itu kamu tidak akan diingat konsumen. Konsekuensinya, produkmu bisa tidak begitu diminati.

Untuk menambah keunikan, kamu mesti menyesuaikan dengan strategi pemasaran. Dengan brand yang konsisten dan produk yang unik, peluangmu untuk memenangkan persaingan akan semakin besar. 

Promosikan Produk dengan Media Sosial

Cara memulai bisnis ini harus Anda pikirkan matang-matang dan tepat sasaran. Membuat strategi promosi yang tepat untuk usaha Anda merupakan hal wajib. Tujuannya untuk memperkenalkan produk usaha Anda ke calon konsumen. 

Semakin tepat promosi yang Anda lakukan, semakin banyak orang yang mengetahui produk di usaha Anda. Apalagi zaman semakin canggih dan mudah dalam mempromosikan apapun. Itu menjadi nilai plus yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda.

Baca juga: 7 Pilihan Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Cara Mencari Modal Bisnis

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan modal dalam berbisnis. Modal memang penting untuk memulai bisnis. Untuk membuat produk, memasarkannya dibutuhkan dana di awal. Berikut adalah beberapa caranya:

Tabungan Pribadi

Kamu bisa menggunakan tabungan pribadi sebagai modal awal berbisnis. Selain tidak terlalu berisiko karena menjadi uang sendiri, modal dari tabungan pribadi juga lebih gampang untuk dicairkan. 

Ingat, tabungan pribadi bisa dijadikan modal bisnis jika itu bukan merupakan dana darurat. Karena jika terjadi sesuatu pada hidupmu, kamu tidak bisa menggunakan modal bisnis itu untuk membiayainya. Jadi pastikan kamu tidak menggunakan uang “panas”.

Menjual Aset Milik Pribadi

Selain tabungan, kamu juga bisa menjual aset pribadi untuk memulai bisnis. Biasanya ada aset yang tidak produktif yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Daripada menjadi beban yang menguras uang, lebih baik aset tersebut dijual dan dijadikan modal dalam berbisnis. 

Beberapa aset yang bisa kamu jual seperti mobil, tanah, rumah, atau aset lainnya. Pastikan bahwa aset yang dijual tidak akan merepotkan kamu di kemudian hari. Jangan asal jual dengan harga yang murah tentunya. 

Menentukan Rekan Bisnis

Apabila hanya mengandalkan modal dari tabungan pribadi dirasa begitu berat, maka tidak ada salahnya bagimu untuk mencari partner bisnis. Tujuannya yakni supaya bisa mendapatkan tambahan modal usaha. Akan tetapi, pastikan untuk mencari rekan bisnis yang memiliki minat dan visi yang pas.

Cara Membangun Bisnis Mulai dari Nol!

Dapatkan Suntikan Dana dari Investor

Jika dimungkinkan, upayakan untuk mencari investor yang ingin menyuntikkan dana untuk usaha atau bisnis yang akan kamu bangun. Untuk memperoleh investor, kamu bisa mengikuti workshop yang menyediakan pelatihan dan akses bagi pengusaha guna mendapatkan modal bisnis. Dengan menjalani workshop tersebut, maka semakin mudah untuk memperoleh calon investor yang ingin berinvestasi pada industri yang pas dengan bisnis Anda.

Ajukan Pinjaman Modal Usaha

Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperoleh modal usaha dengan cepat serta mudah yakni mengajukan pinjaman modal usaha. Pinjaman modal usaha dapat diperoleh dari orang-orang terdekat, misalnya orang tua, sahabat, atau keluarga. Di samping itu, modal usaha juga bisa diperoleh dengan mudah melalui aplikasi pinjaman uang online yang aman dan terpercaya seperti Kredit Pintar.

Itulah penjelasan bagaimana cara membangun bisnis. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat. 

Baca juga: 6+ Cara Memulai Bisnis dari Nol, Dijamin Efektif!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download