Jangan Sampai Salah! Ini Cara Menentukan Harga Jual

09 Aug 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

Seperti yang banyak orang ketahui, bahwa harga jual merupakan besaran nominal uang yang perlu dibayarkan oleh pembeli untuk mendapatkan atau membeli suatu produk. Cara menentukan harga jual harus benar sehingga Anda sebagai penjual bisa mendapatkan omzet.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi penentuan harga jual margin, permintaan, musiman dan lain sebagainya. Banyak pebisnis yang asal menentukan harga jual produk sehingga profit yang didapatkan tak seimbang.

Baca Juga: 10 Brand Terkenal di Dunia yang Perlu Anda Kenal

Dalam pembahasan ini akan kita kupas tuntas mengenai cara menentukan harga jual yang benar dan tepat sehingga mendapatkan omzet untuk bisnis Anda.

Begini Cara Menentukan Harga Jual yang Benar dan Tepat

Cara menentukan harga jual tentu tidak sulit apa bila Anda paham ilmu dan konsep dagang yang benar. Buat margin harga dan mark up secukupnya, merupakan langkah awal Anda bisa berapa harga jual dari produk – produk Anda.

Hal ini tentu menjadi sangat penting dan perlu mendapat perhatian lebih khususnya Anda yang bekerja sebagai pedagang, baik skala kecil maupun besar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai pedoman cara menentukan harga jual yang benar dan tepat.

Margin Harga

Margin harga ini digunakan untuk menentukan harga jual produk yang akan Anda jual. Besar atau kecilnya profit ini bisa ditentukan menggunakan metode margin harga atau margin pricing ini.

Margin ini dihitung setelah menaksir harga jual sehingga bisa mengaplikasikan rumus margin yang diperoleh dengan melakukan pengurangan harga jual dengan harga model yang kemudian hasilnya dibagi dengan harga jual.

Margin harga bisa ditentukan dengan cara membandingkan dengan kompetitor yang menjual produk sejenis, sehingga Anda bisa mengetahui apakah margin terlalu besar atau terlalu kecil.

Dalam hal ini yang perlu diingat adalah penentuan margin jangan terlalu besar namun juga jangan terlalu kecil.

Margin harga yang terlalu besar akan sulit mendapatkan pembeli, namun sebaliknya margin kecil akan menghasilkan profit yang hanya sedikit. Salah satu cara menentukan harga jual barang adalah dengan membuat margin harga, sehingga Anda perlu mempertibangkan dengan benar.

Mark Up Harga

Mark up harga ini merupakan salah satu cara menentukan harga jual yang pas, yaitu tidak terlalu mahal namun juga tidak terlalu murah.

Metode mark up harga ini umumnya diaplikasikan oleh pelaku bisnis yang melakukan usahanya membeli dan menjual kembali barang tersebut setelah terlebih dahulu ditambah biaya-biaya.

Mark up harga bisa Anda lakukan dengan teknik menambahkan bebera papersen margin pada harga jual. Dengan ini, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap penjual produk yang laku.

Baca Juga: Inspirasi 5 Pengusaha Sukses yang Merintis Usahanya

Teknik mark up harga ini juga bertujuan agar mendapatkan tingkat keuntungan awal atau margin atas barang yang akan dijual.

Keystone Pricing

Cara menentukan harga jual yang selanjutnya adalah keystone pricing. Keystone pricing ini merupakan cara menentukan harga dengan melipat gandakan harga model sebagai harga jual produk.

Keystone pricing umumnya diaplikasikan untuk produk yang memiliki stok yang cukup banyak. Teknik ini umumnya digunakan oleh pebisnis yang menjual produk eceran, sehingga membuat pebisnis mereka meraup keuntungan dalam jumlah besar.

Manufactured Retail Price

Manufacture retail price ini adalah teknik menentukan harga menggunakan patokan dari parbrikan atau produsen. Produk barang yang djual dengan metode penentuan harga ini seperti kendaraan, elektronik dan barang yang diproduksi pabrik dengan tujuan menstabilkan harga.

Kalaupun memasang margin untuk barang seperti ini, pebisnis hanya melakukan mark up yang kecil. Namun demikian, meskipun telah ditetapkan oleh pabrik, harga di lapangan bisa saja berubah.

Cara menentukan harga jual dengan teknik ini pastinya sangat mudah dan tidak perlu melakukan banyak analisa seperti pada teknik atau cara lainnya. Dikenal juga dengan istilah MSRV, teknik ini biasanya difungsikan untuk mengendalikan harga jual agar memiliki standar

Value-based Pricing

Cara menentukan harga dengan teknik ini cukup ribet namun memiliki efeketivitas yang baik. Penentuan harga jual yang satu ini didasarkan pada nilai yang diperoleh konsumen. Jadi, konsumen akan membayar harga yang sepadan dengan nilai produk.

Value based priing ini dilakukan mengadakan riset kepada market pengguna atau pembeli dengan menanyakan kira-kira berapa harga pantas yang dijual. Dari hasil pertanyaan responden inilah nantinya yang akan dijadikan patokan dalam menentukan harga.

Beberapa cara atau teknk di atas bisa Anda jadikan patok untuk menentukan harga penjualan dari setiap produk yang akan dijual. Tentukan harga jual secara benar dan tepat sehingga seimbang antara peminat dan profit yang didapatkan.

Sebagai Pebisnis, Pahami Betul Bagaimana Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Sebagai seorang pebisnis atau pemilik usaha retail, Anda harus bisa memahami dengan benar seperti apa cara menghitung harga pokok penjualan. Apa bila Anda sudah bisa menghitung dan menentukan harga pokok dari setiap barang yang Anda jual tentunya secara perlahan akan bisa menjadi pengusaha sukses.

Keinginan meraup keuntungan yang banyak tidak lantas dengan cara melakukan mark up harga yang berlebihan. Hal ini tentu akan merugikan Anda sendiri karena akan minim pembeli bahkan calon pembeli.

Mark up harga yang tinggi sebagai langkah menentukan harga jual pokok umumnya dilakukan seorang pebisnis yang menjual barang mewah seperti mobil sport, berlian, tas mewah dan lain sebagainya.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa menghitung dan memperkirakan berapa harga pokok untuk setiap barang yang akan dijual sehingga seimbang antara permintaan dan profit.

Apa yang Terjadi Jika Salah Menentukan Harga Jual?

Menentukan harga jual produk tentu harus mempertibangkan berbagai hal. Tidak bisa langsung diputuskan begitu saja karena apa bila terlalu mahal tidak akan mendapatkan transaksi, namun apa bila terlalu kecil tidak akan mendapatkan profit yang signifikan.

Jangan sampai salah dalam menentukan harga, karena akan berdampak negatif pada usaha Anda khususnya yang bergerak dalam bidang retail produk.

Harga jual perlu diriset dan ditentukan dengan teknik – teknik khusus seperti mark up, VBP, MSRP dan lain sebagainya. Jangan terlalu muluk mendapatkan omzet besar dengan cepat karena akan berpengaruh pada permintaan dan transaksi yang cenderung sedikit.

Pasang harga yang realistis dan apabila perlu lakukan riset harga dengan kompetitor. Naikkan sedikit harga jual dari margin untuk bisa memperoleh keuntungan.

Kesalahan dalam menentukan harga jual bukan hanya minim transaksi, namun cepat atau lambat akan membuat usaha Anda menjadi tidak stabil dan kemungkinan besar collapse.

Apa bila Anda seorang pemula dalam berbisnis di bidang retail ini. Carilah mentor atau orang yang sudah berpengalaman sehingga bisa mengajarkan bagaimana cara menjadi pengusaha yang sukses dan stabil dengan cara menentukan harga jual produk yang benar dan tepat.

Baca Juga: Seluk-Beluk Hari Perempuan Internasional

Cara menentukan harga jual produk tidak bisa dilakukan sembarangan karena apa bila tekniknya salah malah akan membuat kerugian pada bisnis Anda. jadi cermat dan bijaklah dalam menentukan harga setiap produk yang Anda jual.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download