Ini Daftar 10 Bisnis yang Akan Booming di Tahun 2021

02 Nov 2021 by Laruan

Pandemi covid-19 mempunyai dampak negatif bagi ekonomi. Sebagian besar pelaku bisnis bahkan harus rela gulung tikar. Meskipun begitu, beberapa bisnis di bawah ini diprediksi bisnis yang akan booming di tahun 2021.

bisnis yang akan booming di tahun 2021

Berikut ini 10 bisnis yang akan booming di tahun 2021 yang bisa Sobat Pintar coba.

  1. Menulis di Blog

Blog merupakan bisnis paling tepat bagi kamu yang jago menulis. Sebelum terjun ke bisnis ini, selain skill menulis, Anda juga butuh skill lain seperti Search Engine Optimization (SEO). Dewasa ini, sudah banyak orang yang berhasil menghasilkan jutaan rupiah dari blog. Mereka mendapatkan penghasilan tersebut mulai dari adsense sampai affiliate.

  1. Penulis Lepas

Jika Anda malas membuat blog namun punya skill dalam menulis, maka menjadi penulis lepas adalah bisnis yang tepat. Pendapatan yang didapat pun bisa cukup besar, tergantung dari skill bahasa serta pengalaman yang Anda punya. 

Jika Anda bisa menulis dengan bahasa Inggris tentu bayaran yang didapat akan lebih besar. Subjek tulisan yang ditawarkan pun macam-macam, mulai dari artikel, caption, ataupun copywriting. Mulailah membuka jasa ini melalui platform freelance seperti fiverr maupun upwork.

  1. Toko Online

Meski sudah populer sejak beberapa tahun yang lalu, namun tahun 2021 sepertinya merupakan momen yang pas untuk membuka toko online. Pasalnya, kebanyakan orang sudah mulai mendapatkan penghasilan lagi namun masih harus bekerja di rumah.

Mayoritas dari mereka lebih memilih untuk belanja secara online ketimbang offline karena khawatir tertular virus. Hal ini membuat toko online masih menjadi usaha yang menjanjikan untuk saat ini.

  1. Menjadi Pengajar Kursus Online

Jika Anda punya skill di bidang tertentu, terutama di bidang digital, bisnis ini sangat cocok bagi Anda. Skill-skill seperti digital marketing, copywriting, ataupun programming merupakan subjek yang paling banyak dicari saat ini. 

Dewasa ini, banyak orang lebih memilih untuk mencari ilmu secara online ketimbang offline. Bisnis e-learning diprediksi bakal menjanjikan tidak di tahun 2021, tapi juga untuk 10 tahun kedepan.

  1. Jasa Pembuatan Website

Seiring dengan perkembangan digital, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa pembuatan website. Jika Anda seorang web developer, bisnis ini patut Anda coba. Jasa pembuat website diprediksi menjadi bisnis yang akan booming di tahun 2021.

Pasalnya rate yang ditawarkan  tidak main-main, yakni mulai dari Rp 10 Juta. Nilai tersebut tentu akan naik seandainya Anda menargetkan pasar internasional.

Selain dari pembuatannya, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari kerja sama dengan pihak lain. Mulailah membuka jasa ini di platform freelance seperti upwork dan fiverr.

  1. Membuat Konten Youtube

Platform yang satu ini memang dikenal sangat menjanjikan. Sekedar catatan, Pewdiepie, youtuber dengan subscriber paling banyak di dunia, bisa mengantongi pendapatan sebesar 15-20 juta dolar AS setiap tahunnya.

Youtube adalah bisnis yang tepat jika Anda suka membuat konten yang informatif sekaligus menghibur. Apalagi jika  Anda punya skill dalam sebuah game, media ini merupakan tempat yang cocok. Pasalnya banyak orang yang mencari informasi soal game lewat Youtube.

Saking menjanjikannya sosial media ini, banyak artis besar yang akhirnya mulai membuat Youtube. Hal ini dilakukan karena orang lebih suka mencari hiburan dan informasi lewat youtube ketimbang TV.

Untuk memulai Youtube, Anda bisa mulai dengan membeli alat produksi seperti kamera, microphone, laptop atau komputer, hingga software untuk mengedit video. 

  1. Membuat Podcast

Selanjutnya, bisnis yang akan booming di tahun 2021 adalah podcast. Bisnis ini cocok bagi Anda yang suka membicarakan suatu subjek dengan lebih dalam dan menghibur. Jika Anda sudah pernah jadi penyiar radio, maka podcast adalah bisnis yang sangat tepat.

Untuk memproduksi sebuah podcast yang baik, Anda perlu microphone serta ruangan kedap suara. Agar lebih menarik, sebaiknya Anda mempersiapkan partner yang tepat. Setelah produksi selesai, pasarkan podcast Anda lewat media seperti spotify ataupun iTunes.

  1. Influencer Instagram

Instagram saat ini bukan hanya sekedar alat komunikasi saja, tapi juga ladang untuk mencari cuan. Dewasa ini, orang akan membeli produk jika produk tersebut dipromosikan oleh orang yang mereka ikuti dan sukai. 

Hal ini tentu adalah peluang besar jika Anda punya followers besar di Instagram. Untuk melakukan paid promote, orang harus membayar mulai dari Rp 500.000. Angka tersebut tentu dipengaruhi oleh seberapa besar followers serta engagement yang dimiliki.

Sebagai catatan, Kylie Jenner bisa dibayar 1.2 juta dolar AS untuk sekali post di Instagram. Sebuah brand rela membayar Kylie sebesar itu karena ia sudah punya jutaan pengikut di instagram.

Meskipun begitu, saat ini banyak brand yang memilih untuk mempromosikan produknya pada micro influencer yang punya followers tidak terlalu banyak. Namun, influencer tersebut harus punya engagement rate yang tinggi terhadap followers-nya tersebut.

  1. Menjadi Pelatih Olahraga Virtual

Untuk terhindar dari virus, kita harus punya imun tubuh yang kuat. Salah satu cara untuk membuat imun tubuh kuat adalah berolahraga. Sayangnya, banyak sekali tempat olahraga yang tutup karena anjuran social distancing.

Maka dari itu, kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di rumah saja. Jika Anda punya minat di olahraga, hal ini bisa menjadi peluang. Pasalnya, banyak orang yang rela membayar besar demi bisa dibimbing oleh instruktur olahraga virtual.

Kebanyakan tipe olahraga yang banyak diminati adalah latihan kardio. Tipe olahraga ini menjadi populer karena biasanya tidak memerlukan alat-alat penunjang fitness yang biasanya dibandrol dengan harga mahal.

  1. Catering Makanan Sehat

Masih di kategori kesehatan, selanjutnya bisnis yang akan booming di tahun 2021 adalah catering makanan sehat. Untuk menjaga daya tahan tubuh, selain berolahraga asupan makanan sehat tentunya penting.

Banyak orang malas untuk membuat makanan sehat karena prosesnya yang terkenal lama. Jika Anda suka memasak, bisnis ini adalah bisnis yang cocok. Agar bisa menggapai banyak orang, bekerjasamalah dengan platform layanan makan online seperti gofood.

Itulah daftar 10 bisnis yang akan booming di tahun 2021. Untuk memulai bisnis-bisnis di atas tentu Anda butuh modal. Seperti jika Anda ingin membuat kanal youtube, tentu Anda perlu membeli kamera yang harganya ada di kisaran Rp 5 Juta sampai Rp 8 Juta.

Nah, buat Anda yang ingin memulai bisnis namun masih terkendala modal, Anda bisa mendapatkannya lewat Kredit Pintar. 

Kredit Pintar adalah sebuah fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kami memberikan kemudahan pencairan dana bagi Anda. Hanya dengan sentuhan jari, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman uang dalam 5 menit. Tidak hanya itu, bunga yang kami tawarkan juga rendah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload