Mengatur Keuangan Sebagai Mahasiswa Tanpa Bikin Kuliah Keteteran

21 Mar 2018 by Edwin

Bagi seorang pelajar, khususnya mahasiswa perantauan, mengatur keuangan sebagai mahasiswa sangatlah penting. Hal ini perlu dilakukan dengan baik, agar uang yang dimiliki mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Ada beberapa kebutuhan seorang mahasiswa, terutama mahasiswa perantauan, diantaranya adalah:

  1. Membayar biaya kost
  2. Membayar biaya perkuliahan
  3. Kebutuhan makan dan kebutuhan harian lainnya

Bagi mahasiswa yang bekerja sambil kuliah ataupun mendapatkan uang kiriman orang tua dalam jumlah besar, uang tentu tidak menjadi masalah. Namun begitu, setiap mahasiswa bagaimanapun wajib untuk mulai mengatur keuangannya.

Ada beberapa manfaat bagi seorang mahasiswa yang mau belajar mengatur keuangan dan pengeluarannya dengan sebijak mungkin, diantaranya:

  1. Menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab
  2. Lebih menghargai uang yang diterima
  3. Memiliki tabungan sendiri
  4. Menempa diri dengan mentalitas seorang pengusaha

Untuk itu, dalam mengatur keuangan, sangat penting bagi mahasiswa seperti Sobat Pintar untuk:

  1. Meninggalkan gaya hidup berfoya-foya
    Mulailah menggunakan uang untuk keperluan yang lebih bermanfaat, seperti menggunakan uang tersebut untuk mengikuti seminar-seminar pengembangan diri, membuka bisnis sendiri, ataupun ditabung dalam bentuk investasi saham.Walaupun meninggalkan gaya hidup berfoya-foya, bukan berarti Sobat Pintar tidak dapat bersenang-senang. Kamu tetap dapat melakukan hal-hal menyenangkan, namun tentunya harus membatasi budget untuk refreshing tersebut.Beberapa refreshing murah namun sangat menyenangkan antara lain bersepeda santai, berolahraga bersama teman (CFD ataupun futsal), dan renang.
  2. Memastikan Kebutuhan Pokok Tercukupi
    Bagi seorang mahasiswa, terutama mahasiswa perantauan, kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi antara lain adalah:- Biaya makan
    – Uang sewa kost
    – Transportasi
    – Uang kuliah
    – dan biaya untuk kebutuhan kampus, terutama print dan scan

Walaupun sudah diupayakan agar mencukupi, namun kerapkali kebutuhan-kebutuhan seorang mahasiswa melonjak drastis. Akibatnya, uang yang dimiliki tidak mencukupi. Jika hal ini terjadi, berhutang menjadi jalan akhir.

Kebanyakan mahasiswa akan mengajukan pinjaman kepada teman, pegadaian, dan bahkan beberapa nekat meminjam uang kepada rentenir.

Padahal sejatinya, seorang mahasiswa bisa mengenal dan memanfaatkan fintech sebagai solusi mendapatkan dana pinjaman. Ada beberapa alasan mengapa fintech cocok untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, diantaranya adalah:

  • Proses peminjaman dapat diajukan dari mana saja sehingga tidak mengganggu perkuliahan
  • Proses peminjaman dapat dilakukan dengan cepat dan mudah
  • Bunga yang ringan
  • Dan skema cicilan yang bervariasi

Namun begitu, dana pinjaman yang Sobat Pintar dapatkan tetap harus dipergunakan sebaik mungkin.

Butuh pinjaman uang untuk men-support kegiatan perkuliahan? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://bit.ly/KePiBLG

mobile-closeKredit PintarDownload