Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

18 Jul 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

Thrift shop semakin menjamur di Indonesia. Ini adalah metode berjualan yang unik tapi diminati oleh banyak orang, yaitu membeli baju bekas dari negara lain untuk kemudian dijual di Indonesia. Tertarik untuk mempelajari cara membeli baju bekas dari luar negeri?

Sebelum Anda ikut bergabung dalam bisnis thrift shop, ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipelajari terlebih dahulu. Membeli pakaian bekas dari negara lain bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi keuntungan yang Anda raih dengan melakukan bisnis ini bisa sangat berlipat ganda.

4 Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

Membeli pakaian bekas dari negara lain dan menjualnya kembali sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu mengetahui beberapa tips penting agar bisnis thrift shop bisa dimulai dengan lebih baik dan bisa berjalan dengan lebih lancar. Beberapa tips tersebut bisa langsung Anda pelajari di bawah ini.

  1. Lakukan riset brand

Cara membeli baju bekas dari luar negeri yang paling utama adalah melakukan riset brand. Langkah ini wajib dilakukan karena di luar negeri ada banyak brand dan sebagian tidak dikenali oleh warga Indonesia. Pilih brand tertentu yang dikenali dan diminati oleh banyak orang.

  1. Riset supplier yang terpercaya dan murah

Selalu waspada saat mencari supplier untuk thrift shop dari luar negeri. Ada beberapa calon pebisnis thrift shop yang gagal karena tertipu oleh supplier. Gunakan platform jualan online yang bisa dipercaya. Bisa juga bergabung dengan grup Telegram, Facebook, atau WhatsApp.

Grup media sosial tersebut biasanya menyediakan informasi lengkap tentang baju thrift yang super murah dari supplier yang bisa dipercaya.

Baca juga: Berbagai Cara Cek Nilai Tukar Rupiah

7 Cara Belanja Barang di Luar Negeri Agar Tidak Kena Pajak - Futuready
  1. Pahami model dan tren fashion terkini

Cara membeli baju bekas dari luar negeri yang sangat penting adalah memahami perkembangan model dan tren fashion yang terbaru. Tapi pahami juga bahwa ada perbedaan model fashion antara luar negeri dan Indonesia. Ada masyarakat yang menerima tren luar negeri tapi ada juga yang tidak suka.

Yang paling aman adalah mengikuti tren yang berasal dari Korea. Kenapa harus Korea? Karena saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial, yang mengidolakan segala sesuatu yang berasal dari Korea.

  1. Temukan e-commerce paling aman

Banyak situs web diluar sana yang abal-abal dan digunakan untuk menipu. Jangan sampai Anda melakukan transaksi di situs web yang keamanannya meragukan. Gunakan e-commerce yang benar-benar bisa dipercaya dan mampu menjamin keamanan penjual dan pembeli.

Persiapan Penting untuk Memulai Bisnis Thrift Shop

Karena tujuan Anda mempelajari cara membeli baju bekas dari luar negeri adalah untuk memulai bisnis thrift shop atau bisnis pakaian impor bekas, lakukan persiapan terlebih dahulu sebelum memesan baju impor bekas dalam jumlah besar. Beberapa persiapan yang sebaiknya sudah Anda lakukan antara lain:

  1. Mempunyai gudang untuk sortir barang

Saat Anda akan membeli baju bekas impor, jumlah baju yang akan datang biasanya sangat banyak. Anda membutuhkan gudang atau tempat untuk menampung seluruh pakaian tersebut. Gudang bisa Anda pakai sebagai tempat drop off baju bekas seta tempat untuk membersihkannya dari bakteri.

Sangat penting untuk mencuci pakaian bekas dari luar negeri. Dengan mengikuti cara membeli baju bekas dari luar negeri ini dan melakukan sortir, Anda juga bisa mewarnai lagi baju bekas yang warnanya sudah pudar. Hasilnya, baju bekas bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Pisahkan pakaian berdasarkan cacatnya

Selalu periksa seluruh pakaian bekas yang Anda terima. Bisa jadi, Anda akan menemukan berbagai kekurangan pada baju bekas, seperti misalnya jahitan yang sobek, warna yang telah pudar, pakaian masih kotor, dan bahkan ada juga yang baunya tidak enak.

Cara membeli baju bekas dari luar negeri yang akan memudahkan jalannya bisnis Anda adalah mengelompokkan pakaian bekas berdasarkan cacatnya, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Dengan melakukan ini, Anda bisa menentukan harga setiap pakaian dengan lebih mudah.

  1. Siapkan pakaian sebelum dijual

Untuk mempersiapkan pakaian sebelum dijual, Anda perlu mencuci bersih pakaian dengan menggunakan pewangi dan air panas. Baju yang warnanya sudah pudar sebaiknya diwarnai kembali untuk mempercantik tampilannya. Jahit kembali baju yang sudah robek dengan benang yang kuat.

Setelah semua baju dicuci, keringkan dan setrika semuanya hingga benar-benar halus. Agar lebih wangi, semprotkan pewangi laundry ketika menyetrika pakaian. Lipat pakaian atau pajang semuanya dengan rapi.

Baca juga: Mudah Banget! Begini Cara Melihat RAM Laptop

Aturan Sri Mulyani! Beli Baju di Luar Negeri Kena Rp 63 Ribu

Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri dan Dijual Lagi

Semua yang sudah Anda lakukan, mulai dari melakukan riset agar bisa mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang lebih rendah hingga persiapan thrift shop, akan sia-sia belaka jika Anda tidak membekali diri dengan trik berjualan thrift shop yang tepat. Gunakan beberapa trik ini:

  1. Buat online thrift shop yang menarik

Tempat paling tepat untuk berjualan baju bekas impor adalah online shop. Saat ini, online shop sudah berhasil membantu banyak pelaku usaha dalam menjangkau pembeli di pasar yang lebih luas. Ada banyak sekali jenis online shop dan marketplace yang bisa Anda gunakan.

Berbagai marketplace memungkinkan para penjual untuk memperdagangkan pakaian atau produk apapun tanpa harus melakukan pembayaran apapun sehingga Anda tidak butuh modal apapun untuk membuka online shop.

  1. Memajang foto paling menarik

Berjualan dengan sukses adalah menggunakan foto yang paling menarik. Karena akan menjual pakaian di dunia maya, Anda perlu lebih kreatif saat memasarkan produk. Gunakan foto asli dengan pencahayaan yang paling tepat.

Sertakan juga foto yang mendetail di bagian yang ada cacatnya. Pembeli akan lebih menghargai para penjual thrift shop yang jujur. Jika Anda tidak memberikan informasi cacat pada produk, pembeli bisa jadi akan merasa tertipu dan memberikan review buruk pada toko online Anda.

Baca juga: Cara Melihat Stalker IG dengan dan Tanpa Aplikasi

Biar Tak Menyesal, Begini Tips Cerdas Beli Barang Mahal di Luar Negeri -  Bisnis Liputan6.com
  1. Deskripsi serta harga harus jelas

Imbangi cara membeli baju bekas dari luar negeri di atas dengan memahami cara yang benar untuk menyediakan deskripsi produk dan harga pakaian bekas impor. Deskripsi sebaiknya menjelaskan warna, ukuran, bahan, model, merek, dan cacat pada baju bekas.

Semua detail tersebut bisa membuat calon pembeli membayangkan seperti apa kira-kira pakaian yang Anda jual sehingga bisa langsung memesan tanpa harus menanyakan berbagai hal. Cantumkan juga harga produk dengan jelas karena harga adalah aspek yang paling sering ditanyakan oleh para calon pembeli.

Siapkan Dana untuk Beli Baju Bekas Impor

Setelah mengerti berbagai cara membeli baju bekas dari luar negeri dan tips berjualan dengan sukses, Anda juga perlu mempersiapkan dana untuk melakukan pembelian baju bekas impor dalam jumlah banyak. Unduh aplikasi Kredit Pintar untuk membantu pembelian produk baju bekas impor.

Kredit Pintar merupakan aplikasi terpercaya yang resmi beroperasi di Indonesia sebagai solusi keuangan masyarakat yang aman untuk digunakan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download