Mudah Banget! Begini Cara Melihat RAM Laptop

15 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 29 Jun 2022

Apakah kamu pernah gagal menginstal software di laptop? Penyebabnya bisa jadi karena kapasitas RAM yang tidak cukup besar. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara melihat RAM laptop.

Dengan mengetahui seberapa besar kapasitas RAM laptop, kamu bisa memilih software apa yang bisa dan tidak bisa diinstal. Kamu bisa memilih software yang sesuai dengan kapasitas RAM sehingga bisa dijalankan dengan optimal. Terlebih buat kamu yang sering menggunakan laptop dengan tugas-tugas berat, seperti mengedit video ataupun bermain game berkapasitas besar.

Optimal atau tidaknya software yang dijalankan di laptop memang memiliki korelasi dengan kapasitas RAM. Hal itu karena fungsi RAM di laptop adalah untuk menyimpan data sementara ketika software dioperasikan. Selain itu, fungsi RAM yang lain ialah mempercepat kinerja laptop ika memiliki komponen yang bagus.

Random Access Memory atau yang biasa disebut RAM memiliki peranan penting terhadap kinerja laptop seperti yang dijelaskan di atas. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara melihat RAM laptop. Berikut beberapa cara cek RAM laptop yang bisa kamu lakukan.

1. Cek RAM Lewat Windows Setting

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek RAM laptop adalah melalui Windows Settings. Cara ini sangat mudah dilakukan karena tidak begitu rumit. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

  1. Bukalah “Start Menu” di laptop
  2. Tekan kolom pencarian yang terletak di pojok bagian bawah
  3. Ketikkan “Control Panel”, lalu buka
  4. Carilah opsi “System and Security
  5. Pilih opsi “System
  6. Setelah terbuka, tampilan akan menunjukkan berbagai informasi seputar laptop milikmu, salah satunya kapasitas RAM

2. Cek RAM Lewat DXDiax Tools

Perlu diketahui, DXDiag Tools ialah fitur yang disematkan oleh Windows pada laptop. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi dasar seputar laptop, termasuk kapasitas RAM. Kamu bisa menggunakan fitur DXDiag Tools ini pada laptop kamu, baik versi Windows 7, 8, maupun 10.

Berikut cara melihat RAM laptop melalui DXDiag Tools.

  1. Mulailah dengan membuka program “Run” dengan cara menekan tombol kombinasi “Windows + Run” pada papan tombol
  2. Jika sudah muncul dialog bar Run”, ketik kata kuncinya, yaitu “dxdiag”
  3. Tekan “OK” atau dengan menekan tombol “Enter” pada papan tombol
  4. Setelah itu, monitor akan menampilkan informasi basic seputar laptop milikmu
  5. Kamu bisa melihat kapasitas RAM di kolom memory laptop
  6. Terakhir, kamu bisa menekan opsi “Save All Information” jika sudah selesai mengecek kapasitas RAM

3. Cek RAM Lewat Shortcut

Cara ketiga ini bisa dikatakan yang paling efektif dan efisien untuk mengetahui kapasitas RAM laptop. Pasalnya, kamu hanya perlu menekan dua tombol saja, lho. 

Caranya, tekan tombol “Windows + Pause Break” pada keyboard. Setelah, itu berbagai informasi mengenai laptop kamu akan tertera pada monitor. Tidak hanya kapasitas RAM, tetapi juga processor, system type, dan masih banyak lagi.

4. Cek RAM dengan CMD

Mengecek RAM laptop juga bisa dilakukan dengan CMD. Cara cek RAM laptop dengan CMD pun sama dengan kedua cara yang diulas di atas. Namun, kapasitas RAM yang ditampilkan CMD menggunakan satuan MB atau Mega Byte.

Ikuti panduan berikut untuk mengecek kapasitas RAM melalui CMD.

  1. Mulailah dengan membuka program “Run” dengan cara menekan tombol kombinasi
  2. Jika sudah muncul dialog bar Run”, ketik kata kuncinya, yaitu “CMD”
  3. Tekan “OK” atau dengan menekan tombol “Enter” pada papan tombol
  4. Jika tampilan dialog CMD sudah muncul, ketik “systeminfo”, lalu tekan tombol “Enter
  5. Tunggu sejenak hingga monitor menampilkan informasi seputar laptop kamu
  6. Pilih opsi “Total Physical Memory” untuk melihat kapasitas RAM laptop dalam satuan MB

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Asus ROG Zephyrus G15

5. Cek RAM dengan Speecy

Selain menggunakan fitur bawaan Windows, kamu juga dapat mengecek RAM menggunakan software bernama Speecy. Bahkan, software ini akan menyajikan informasi tentang komponen pada laptop kamu dengan lebih lengkap. Software ini juga bisa dioperasikan di Windows 7, 8, dan 10.

Langsung saja, berikut cara melihat RAM laptop menggunakan software Speecy.

  1. Jika kamu belum memiliki software Speecy, unduh dan instal terlebih dahulu
  2. Setelah terpasang, buka Speecy
  3. Tunggu sejenak sampai proses analyzing rampung
  4. Jika sudah, akan ditampilkan informasi tentang laptop kamu
  5. Untuk melihat RAM laptop secara detail tekan kolom RAM yang terdapat di sebelah kiri
  6. Informasi tentang RAM laptop kamu akan disajikan secara detail, mulai dari ukuran, tipe, kecepatan, hingga kapasitas memori yang terpakai.

Software Speecy tidak hanya menampilkan informasi tentang RAM saja, tetapi juga informasi lain. Mulai dari operation system, storage, grafik laptop, dan lain sebagainya.

6. Cek RAM di Stiker Laptop

Semua cara di atas hanya dapat dilakukan dengan laptop dalam keadaan menyala. Lalu, bagaimana jika kamu membutuhkan informasi secepatnya tanpa menyalakan laptop? Jawabannya adalah dengan mengeceknya di stiker laptop.

Pada umumnya, hampir semua merek laptop sudah menempelkan stiker di bagian body. Stiker tersebut berisi beberapa informasi dasar tentang laptop tersebut, tetapi tidak mendetail. Namun, pada stiker tersebut sudah dituliskan kapasitas RAM laptop.

7. Cek RAM yang Terpakai dan Tersisa

Apabila laptop milikmu mulai melambat, sudah waktunya untuk mengecek kapasitas RAM yang terpakai dan yang masih tersisa. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi memori yang digunakan. Berikut cara melihat RAM laptop yang telah digunakan dan yang belum dipakai.

  1. Tekan “Start
  2. Ketikkan “Task Manager” pada kolom pencarian
  3. Tekan menu “Task Manager” tersebut
  4. Tekan opsi “Performance
  5. Setelah itu, informasi tentang RAM yang terpakai dan tersisa dapat kamu lihat di bagian “Memory

Melalui cara di atas, kamu juga bisa mengecek pemakaian CPU dan storage pada laptop kamu.

8. Cek RAM pada Laptop yang Rusak

Laptop yang rusak masih bisa dicek kapasitas RAM-nya. Namun, cara yang perlu dilakukan bisa dikatakan sulit karena laptop harus dibongkar. Jika kamu tidak yakin, kamu bisa meminta bantuan orang yang ahli di bidang teknologi.

Jika kamu ingin membongkarnya sendiri, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Bongkar laptop kamu
  2. Ambil komponen RAM
  3. Cari informasi kapasitas RAM di stiker yang tertempel di komponen RAM tersebut

Selain mengecek kapasitasnya, kamu juga dapat mengecek apakah RAM tersebut masih bagus menggunakan laptop lain. Namun, socket dari laptop yang digunakan harus sama dengan tipe RAM dari laptop kamu.

Baca juga: 10 Laptop ASUS Terbaru dan Harganya 2022

Jika kamu merasa laptop kamu makin lambat, disarankan untuk mengecek kapasitas RAM yang terpakai dan tersisa. Hal itu karena fungsi RAM adalah menjadi tempat penyimpanan data saat software dioperasikan. Kemungkinan besar kapasitas RAM yang hampir penuh merupakan penyebab laptop kamu melambat.

Oleh karena itu, penting buat kamu untuk memahami berbagai cara melihat RAM laptop seperti yang sudah diuraikan di atas. Pilihlah cara cek RAM laptop yang menurutmu paling sederhana dan sesuai kebutuhan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download