Pulsa Habis? Begini Cara Beli Pulsa Online 2022

06 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 06 Jul 2022

Di zaman yang serba digital saat ini, pulsa menjadi salah satu kebutuhan primer bagi banyak orang. Pasalnya, tanpa pulsa yang cukup, Anda tidak mungkin bisa terhubung dengan siapa pun. Apalagi bagi para budak korporat, pasti repot jika mendadak dibutuhkan saat kerja jarak jauh. Kini, Anda dapat beli pulsa kapan dan di mana saja. Berikut cara beli pulsa online.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kini, banyak platform dan aplikasi yang mempermudah Anda dalam membeli pulsa. Jika dulu Anda harus pergi ke counter terdekat untuk membeli pulsa, sekarang Anda dapat membeli pulsa di mana saja dan kapan saja. 

Jika Anda penasaran bagaimana cara beli pulsa online, simak cara beli pulsa online yang wajib Anda ketahui di tahun 2022 berikut ini!

Cara Beli Pulsa Online Lewat Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu e-commerce yang paling banyak diganderungi oleh masyarakat. Perusahaan teknologi yang didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009 ini memiliki banyak fitur yang dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan sehari-hari Anda. Mulai dari alat elektronik, peralatan rumah, peralatan dapur, termasuk pulsa dan paket data.

Baca Juga: Revenue Streams Adalah: Jenis, Fungsi, Contoh

Untuk membeli pulsa di Tokopedia pun caranya sangat simpel. Bagi Anda yang belum familiar dengan caranya, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Download aplikasi Tokopedia di PlayStore atau AppStore. Kemudian, buka aplikasi di handphone Anda dan klik Pulsa pada menu Top Up dan Tagihan. Selain itu, Anda juga dapat langsung mengakses www.tokopedia.com/pulsa.
  2. Isi nomor telepon dan nominal pulsa yang Anda inginkan, lalu klik Lanjut.
  3. Selanjutnya, silakan masuk ke halaman Checkout. Sebelum melanjutkan pembelian, pastikan Anda telah memeriksa nomor telepon dan nominal pulsa yang ingin Anda beli. Jika sudah benar, klik Bayar.
  4. Masuk ke halaman pembayaran, Anda dapat memilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Setelah memilih metode pembayaran, klik Bayar.
  5. Pembelian pulsa sedang diproses! Jika pembelian berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi pembelian pulsa berhasil melalui email dan aplikasi Tokopedia.

Selain metode pembayaran di atas, Anda juga dapat memilih tombol Bayar Instan apabila Anda ingin proses pembayaran yang lebih cepat menggunakan GoPay atau OVO. Nantinya, pembayaran akan otomatis memotong saldo GoPay atau OVO Anda dari aplikasi.

Cara Beli Pulsa Online Lewat GoPay

Baca Juga: Daftar Paket Telkomsel Murah!

GoPay adalah salah satu anak perusahaan bisnis GoTo Group, yaitu perusahaan raksasa teknologi terbesar di Indonesia bersama dengan Tokopedia dan Gojek. Dari segi layanan, GoPay sendiri merupakan dompet digital yang dapat memfasilitasi kebutuhan transaksi Anda ke mana saja dan kapan saja. Mulai dari transaksi cepat untuk layanan Gojek dan ratusan rekan usaha hingga pembelian pulsa secara online.

Untuk membeli pulsa lewat GoPay, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Download aplikasi Gojek lewat AppStore atau PlayStore. Buka aplikasi di handphone Anda. Kemudian, klik GoPulsa atau GoTagihan.
  2. Pada menu pilihan Isi Ulang, pilih Pulsa untuk mengisi pulsa Anda.
  3. Masukkan nomor yang akan diisi pulsa. Klik ikon ‘Buku’ jika Anda ingin memasukan pilihan nomor handphone lainnya di daftar kontak Anda.
  4. Pilih nominal pulsa yang ingin dibeli.
  5. Pilih metode pembayaran, klik Bayar Sekarang.
  6. Pindai sidik jari/wajah atau masukkan PIN GoPay untuk melanjutkan transaksi.
  7. Transaksi sedang diproses. Anda akan mendapatkan notifikasi pembelian pulsa berhasil melalui email atau aplikasi.

Saat membeli pulsa lewat aplikasi, saldo GoPay Anda akan otomatis terpotong. Jika pulsa Anda belum masuk setelah membeli, silakan menunggu hingga 1×24 jam terlebih dahulu. Apabila lewat waktu yang disarankan pulsa Anda masih belum masuk, Anda dapat menghubungi layanan Customer Service Gojek pada halaman Bantuan dan tekan Hubungi Kami.

Cara Beli Pulsa Online Lewat Shopee

Baca Juga: Masih Bingung Perbedaan Utang dan Piutang? Simak berikut!

Shopee adalah situs e-commerce yang berkantor pusat di Singapura dan dimiliki oleh perusahaan holding Sea Limited. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 dan telah memperluas jangkauannya ke Indonesia sejak tahun 2015. Melalui aplikasi ini, Anda dapat berbelanja berbagai macam kebutuhan mulai dari pakaian, alat elektronik, hingga pulsa.

Jika Anda ingin membeli pulsa melalui Shopee, berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Download aplikasi di AppStore atau PlayStore. Buka aplikasi di handphone Anda. Kemudian, masuk ke halaman menu dan pilih Pulsa, Tagihan, & Hiburan.
  2. Pilih Pulsa.
  3. Masukkan nomor telepon tujuan pembelian Anda pada halaman Top Up Prabayar.
  4. Setelah itu, pilih Nominal Pembelian Pulsa, klik Lanjutkan.
  5. Pilih Metode Pembayaran. Anda dapat menggunakan voucher belanja yang tersedia atau menukarkan koin Shopee milik Anda.
  6. Pilih Bayar Sekarang.

Shopee menyediakan pembelian pulsa untuk berbagai operator, termasuk Telkomsel (Simpati & AS), Indosat (IM3 Ooredoo & Mentari Ooredoo), 3, Smartfren, XL, dan Axis. Selain melalui aplikasi, Anda juga dapat melakukan pembelian pulsa melalui situs Shopee.

Setelah melakukan pembayaran, pulsa akan diterima paling lambat 15 menit setelah pembayaran dilakukan. Anda juga bisa melihat riwayat transaksi melalui tab Pesanan di pojok kanan atas halaman utama Pulsa, Tagihan, & Hiburan.

Cara Beli Pulsa Online Lewat OVO

OVO adalah aplikasi keuangan yang memberikan Anda kemudahan dalam bertransaksi melalui OVO Cash dan kesempatan untuk mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan saat berbelanja melalui OVO Points. Perusahaan yang didirikan oleh Lippo Group pada tahun 2017 ini menyediakan layanan untuk berbagai macam transaksi, termasuk pembelian pulsa secara online.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pembelian pulsa melalui OVO, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Download aplikasi di AppStore atau PlayStore. Buka aplikasi di handphone Anda. Kemudian, masuk ke dalam menu ‘Pulsa’.
  2. Pilih pembayaran ‘Prabayar/Pascabayar’, lalu masukan nomor ponsel atau pilih dari Kontak Anda.
  3. Pilih nominal yang diinginkan (untuk Prabayar).
  4. Pilih metode pembayar ‘OVO Cash’ atau ‘OVO Points’.
  5. Pilih ‘Berikutnya’ untuk melakukan pembayaran.
  6. Transaksi sedang diproses. Anda akan menerima notifikasi pembelian berhasil melalui email atau aplikasi.

Setelah melakukan pembayaran, silakan menunggu selama 1×24 jam untuk pulsa masuk. Jika dalam kurun waktu tersebut pulsa belum masuk, Anda dapat menghubungi Provider Pulsa di tabel kontak dengan melampirkan bukti transaksi, yaitu nomor tujuan pembelian pulsa, nominal pulsa yang dibeli, dan tanggal dan jam transaksi dilakukan.

Demikian ulasan singkat seputar cara beli pulsa online di tahun 2022. Selain keempat platform di atas, Anda juga dapat membeli pulsa secara online dan mudah melalui aplikasi yang disediakan masing-masing operator, seperti MyTelkomsel untuk Telkomsel atau myim3 untuk Indosat Ooredoo.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download