Rekomendasi Browser Anti Blokir untuk Smartphone dan PC

15 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 22 Jun 2022

Berbagai macam informasi saat ini bisa diakses dengan mudah melalui internet. Namun, tidak jarang ditemukan situs tertentu yang tidak bisa diakses karena sudah diblokir, baik oleh pemerintah maupun provider. Solusinya kamu dapat mengakses situs tersebut dengan browser anti blokir.

Ketika mengakses situs yang telah diblokir, biasanya kamu akan dialihkan ke Internet Positif atau laman provider. Untuk mengatasinya, tidak jarang orang-orang memilih menggunakan VPN agar bisa mengakses situs tersebut. Namun, penggunaan VPN memiliki banyak risiko, terlebih saat sambil membuka WhatsApp, M-Banking, dan semacamnya.

Nah, buat kamu yang tidak ingin menerima risiko yang ditimbulkan oleh VPN, ada beberapa peramban anti blokir yang dapat kamu coba, baik untuk smartphone maupun untuk PC. Simak ulasannya sebagai berikut. 

Baca juga: Apa Bedanya Web 3.0 dan Web 2.0

10 Browser Anti Blokir untuk Smartphone 

Sebagai informasi, browser anti blokir ialah aplikasi peramban yang dilengkapi dengan fitur proxy VPN sehingga mampu mengakses situs-situs yang telah diblokir. Dengan peramban ini, kamu bisa langsung mengakses situs tersebut tanpa melakukan konfigurasi.

1. Opera

Browser pertama yang sangat direkomendasikan adalah Opera. Browser ini tentunya sudah tidak asing lagi karena sudah ada sejak lama hadir sebagai aplikasi untuk mengakses internet. Opera mampu diandalkan untuk mengakses situs-situs yang terblokir karena dilengkapi dengan fitur VPN bawaan.

Tidak hanya itu, browser legendaris ini juga memiliki fitur Ad blocker. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk menghindari iklan dan pop-up saat menjelajahi internet.

2. Proxy Surf

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dilengkapi dengan proxy yang dapat digunakan untuk membuka situs-situs yang sudah diblokir. Dengan proxy tersebut, kamu sudah tidak memerlukan aplikasi VPN untuk mengakses berbagai situs. Bahkan, aplikasi ini juga memiliki server proxy SSL yang menjadikan aktivitas berinternet lebih aman bagi pengguna layanan premium.

3. Aloha Browser

Aloha Browser merupakan salah satu browser anti blokir terbaik untuk smartphone yang dapat kamu pilih. Aplikasi ini memiliki fitur VPN yang hanya beroperasi di dalam aplikasi ini saja. Hal itu berarti VPN yang dimiliki tidak berpengaruh pada aplikasi lain di dalam smartphone.

Keunggulan dari Aloha Browser adalah adanya fitur pemblokir iklan, VR Player, dan pemutar media. Selain itu, kamu juga bisa memilih negara server VPN jika berlangganan layanan premium dengan biaya 2,99 dolar AS setiap bulannya.

4. Pekob Pro

Buat kamu yang ingin memasang peramban anti blokir, tetapi terkendala memori penuh, Pekob Pro adalah solusinya. Pasalnya, aplikasi ini hanya berukuran 3,6 MB di Play Store. Dengan demikian, kamu dapat menjelajahi berbagai situs internet tanpa khawatir akan penuhnya ruang penyimpanan.

5. Vegas Browser

Kali ini ada solusi buat kamu yang sering terkendala jaringan internet. Aplikasi bernama Vegas Browser ini dapat kamu gunakan meskipun sedang berada pada koneksi 3G atau H+, lho. Kamu juga dapat internetan secara anonim sehingga tidak ada yang bisa melacak lokasimu berada.

6. Tor Browser

Berikutnya ada Tor Browser yang juga dapat membuka berbagai situs yang diblokir. Aplikasi yang dilengkapi VPN ini dapat kamu gunakan tanpa cemas akan adanya pencurian data. Hal itu karena Tor Browser dilengkapi dengan fitur internetan secara anonim.

Baca juga: Apa Itu Blockchain? Simak Artikel Berikut

7. BF Browser Anti Blokir

Aplikasi bernama BF Browser merupakan salah satu peramban anti blokir terfavorit bagi kalangan pengguna internet di Indonesia. Selain mampu mengakses situs yang terblokir, aplikasi ini menawarkan desain yang ramah pengguna. Kelebihan lain BF Browser adalah memiliki ukuran yang cukup ringan, yakni 14 MB saja.

8. Blue Proxy

Lagi-lagi ada solusi buat kamu yang memiliki masalah memori penuh. Kali ini ada aplikasi bernama Blue Proxy yang hanya berukuran 6,7 MB. Dengan browser ini, kamu dapat mengaktifkan mode penyamaran sehingga tidak ada yang mengetahui riwayat penjelajahan kamu.

9. HixPro Browser

HixPro Browser sangat cocok buat kamu yang ingin internetan secara cepat. Browser ini siap melindungi keamanan privasi para penggunanya sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, browser ini juga memiliki proxy cloud sehingga kamu dapat mengakses berbagai situs internet secara gratis.

10. Azka Browser

Rekomendasi browser anti blokir untuk smartphone yang terakhir adalah Azka Browser. Sama halnya dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, kamu dapat membuka situs terblokir tanpa memerlukan VPN. Keunggulan dari Azka Browser ialah desain yang user friendly sehingga kamu dapat internetan tanpa ribet.

4 Browser Anti Blokir untuk PC/Laptop

Selain menggunakan smartphone, kamu juga dapat membuka situs-situs terblokir melalui PC atau laptop. Kali ini, disajikan empat browser anti blokir untuk PC yang layak untuk dicoba.

1. Opera

Tidak salah jika mengatakan bahwa Opera merupakan salah satu browser terbaik saat ini. Selain dapat dipasang di smartphone, Opera juga dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs terblokir melalui PC atau laptop.

Dilengkapinya fitur VPN pada Opera memungkinkan penggunanya untuk membuka situs-situs terblokir yang ingin diakses. Terlebih VPN yang disematkan di browser ini tergolong cepat, gratis, dan aman. Kamu dapat memilih berbagai negara server yang tersebar di Asia, Eropa, hingga Afrika.

2. Puffin Browser

Sama halnya dengan Opera, Puffin Browser tidak hanya tersedia di smartphone, tetapi juga di PC dan laptop. Browser ini dirancang dengan teknologi JavaScript revolusioner, cloud computing, dan mampu mengompres halaman web sehingga memungkinkan penggunanya untuk berselancar dengan kecepatan tinggi. Saat mengoperasikan browser ini, laptop atau PC milikmu akan terhubung secara otomatis dengan secure server sehingga kamu dapat mengakses berbagai situs yang telah diblokir.

Baca juga: Panduan Lengkap Media Sosial

3. Vivaldi Browser

Berikutnya ada Vivaldi Browser yang dikembangkan oleh co-founder Opera bernama Jon von Tetzchner. Browser ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap, mulai dari anti blokir, ad block, hingga anti data track. Dengan browser ini, kamu dapat menjelajahi situs internet secara gratis dan berkecepatan maksimal.

4. BF Browser Anti Blokir

Browser anti blokir terakhir yang direkomendasikan untuk PC atau laptop adalah BF Browser. Peramban yang dikembangkan oleh Panic Nitro Inc ini telah terintegrasi dengan fitur VPN. Saat menggunakan BF Browser, jaringanmu akan disambungkan ke proxy VPN terbaik secara otomatis.

Sebenarnya BF Browser hanya tersedia di smartphone saja. Namun, kamu masih bisa memasangnya di PC atau laptop dengan emulator Nox Player atau BlueStacks.

Itu dia rekomendasi browser anti blokir untuk smartphone dan untuk PC atau laptop terbaik saat ini. Dengan berbagai browser di atas, kamu tidak perlu lagi menggunakan VPN untuk mengakses situs-situs terblokir. Terlebih browser di atas menjamin keamanan privasi penggunanya sehingga kamu dapat berselancar di internet dengan rasa aman.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download