Cara Menghemat Kuota dengan Tepat!

07 Sep 2021 by Laruan

Akses internet merupakan kebutuhan yang penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Seperti masa pandemi saat ini, kuota menjadi hal yang wajib ada ketika seseorang ingin melakukan suatu kegiatan. Lalu bagaimana cara menghemat kuota agar tidak boros, namun tetap bisa mendukung kegiatan kita?

Cara Menghemat Kuota dengan Tepat!

Pada masa seperti sekarang ini, akses internet dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat, terutama pelajar, pekerja online, guru, dan beberapa profesi yang diharuskan tetap aktif di dunia maya. Kegiatan serba online menuntut kita untuk tetap menyediakan kuota internet di mana pun dan kapan pun.

Contohnya seorang pelajar yang memerlukan akses internet untuk kegiatan sekolah online, mencari materi pembelajaran melalui berita online, ebook, serta makalah yang bertebaran di situs pencarian. Begitu juga dengan sebagian pegawai yang ditugaskan work from home selama masa pandemi. Mereka dituntut untuk selalu aktif dalam ruang lingkup internet selama jam kerja berlangsung untuk mengirimkan laporan hasil pekerjaannya.

Pentingnya akses internet tersebut membuat berbagai penyedia layanan internet mengeluarkan berbagai paket internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Harga paket internet memang beragam, tergantung pada fasilitas dan banyaknya kuota sesuai kebijakan masing-masing provider. Semakin banyak kuota, semakin tinggi juga harga yang ditawarkan.

Akan tetapi, kondisi perekonomian dan keuangan setiap orang yang berbeda-beda, diperlukan tips dan trik untuk menghemat kuota guna menghindari pemborosan dan pembengkakan biaya untuk kuota. Cara yang bisa kamu coba untuk menghemat kuota adalah

  1. Batasi Waktu Membuka Sosial Media
Cara Menghemat Kuota dengan Tepat!

Sosial media yang memuat gambar dan video, akan memakan kuota lebih banyak dibandingkan dengan ketika mencari informasi berupa berita atau makalah di situs pencarian. Berbagai banyak konten hiburan yang diunggah pada media sosial tersebut memang sangat menarik guna sebagai hiburan dan penyegaran otak. Akan tetapi, semakin lama kamu menikmati konten-konten tersebut, kuota kamu semakin berkurang secara signifikan.

Itu artinya, jika kamu ingin menghemat kuota, hindari pemakaian sosial media secara berlebihan. Batasi waktu penggunaan aplikasi video dan gambar online untuk menghindari pemborosan kuota. Gunakan kuota sebaik mungkin. Jika ingin hiburan, buka sosial media seperlunya saja.

  1. Membeli Paket Sesuai Kebutuhan

Banyak orang membutuhkan akses internet untuk keperluan yang berbeda. Misalnya, seorang siswa lebih membutuhkan kuota untuk membuka aplikasi pembelajaran online, pertemuan online, serta situs-situs pendidikan guna mencari informasi mengenai materi yang sedang dibahas di sekolah.

Berbeda dengan seorang konten kreator yang membutuhkan banyak referensi untuk mencari video dan gambar. Begitu juga dengan seorang pegawai yang lebih sering membuka situs pekerjaan, referensi mengenai strategi perusahaan, juga aplikasi pertemuan online demi melancarkan kegiatan kantor mereka.

Kamu bisa membeli paket internet yang menyediakan layanan akses aplikasi yang kamu butuhkan. Sekarang, banyak bermunculan promo-promo dan produk dari provider yang membagi-bagi jenis kuota sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Ada juga provider yang memang dirancang khusus untuk kamu yang multitasking seperti merangkai dan membuat sendiri layanan dan fasilitas internet yang kamu butuhkan. Kamu tinggal membayar tagihan sesuai layanan kuota yang kamu pilih.

  1. Aktifkan Fitur Pembatasan Penggunaan Data Seluler

Beberapa ponsel sudah dirancang untuk memiliki fitur pembatasan penggunaan data. Kamu bisa aktifkan fitur ini di ponsel kamu untuk menghindari pemborosan kuota. Hal ini dianggap sebagai salah satu cara menghemat kuota yang paling mudah, karena begitu kamu menggunakan paket data melampaui batas yang kamu tentukan, akan ada notifikasi muncul di ponsel kamu. Ada beberapa juga yang memang langsung mematikan data seluler ponselmu secara otomatis.

Kamu perlu pergi ke pengaturan ponselmu, lalu pilih Kartu SIM dan Data Seluler. Di dalam opsi tersebut terdapat pilihan untuk pembatasan penggunaan data. Akan ada pilihan juga jumlah data seluler yang kamu butuhkan setiap harinya.

  1. Menutup Aplikasi Latar Belakang

Biasanya, setelah kita membuka suatu aplikasi pada ponsel, kita langsung membuka aplikasi selanjutnya tanpa sadar kalau aplikasi sebelumnya belum tertutup sempurna. Selain memakan RAM ponsel, aplikasi yang memang memerlukan akses internet itu juga dapat menyerap kuota kamu. Daripada kuotamu terbuang percuma, lebih baik menutup semua aplikasi latar belakang yang tidak terpakai saat itu.

Memang terlihat simple. Namun, jika dibiarkan terlalu lama, akan berimbas pada pengeluaran kuota kamu yang harusnya bisa lebih hemat, jadi lebih cepat habis. Sebenarnya inilah salah satu cara menghemat kuota yang termudah.

  1. Update Aplikasi Melalui Wi-fi

Sering terjadi pembaruan di setiap aplikasi yang diinstal ke dalam ponsel pintarmu. Entah itu bersifat rutin bulanan, perbaikan bug, atau penambahan fitur pada program aplikasinya. Pada dasarnya, pembaruan memang hanya mengunduh sisa-sisa fitur yang belum terinstal di ponsel pintar kita. Akan tetapi jika diperhatikan, jumlah besaran yang harus diunduh itu mulai dari puluhan hingga ratusan MB. Akan disayangkan jika memang terjadi pembaruan masal pada aplikasi di ponselmu.

Strateginya adalah dengan melakukan pembaruan aplikasi jika kamu tersambung dengan wifi. Manfaatkan waktu kamu di sekolah atau di kantor ketika ada pertemuan tatap muka, untuk melakukan pembaruan melalui wifi sekolah atau kantor. Dengan begitu, kuota kamu masih bisa dibilang aman karena tidak perlu mengeluarkan kuota yang besar hanya untuk memperbarui aplikasi.

Selain itu, kamu juga bisa menambah stok film, drama, musik, atau hiburan lain selama masih tersambung dengan wifi. Jadi, kamu tidak perlu kalang kabut mencari hiburan ketika kamu di rumah dan tidak ada akses wifi di sekitarmu.

  1. Menggunakan Browser yang Hemat Kuota

Seperti halnya Opera Mini, UC Browser, dan beberapa aplikasi pencarian dinilai lebih efisien dan hemat kuota. Browser tersebut biasanya digunakan untuk mencari informasi berupa berita serta mengunduh beberapa dokumen makalah atau ebook. Dengan hadirnya aplikasi browser tersebut, kamu bisa mengurangi durasi penggunaan browser yang biasa kamu lakukan.

Akan tetapi, di balik keefisienan tersebut ada beberapa kekurangan yang mengikutinya seperti ada beberapa situs yang memang belum bisa dibuka oleh Browser hemat kuota tersebut. Namun, browser tersebut cukup membantu kamu dalam menghemat kuota.

Dunia internet memang sangat berpengaruh pada kegiatan kita sehari-hari apalagi di masa pandemi ini. Untuk itu bijaknya kita dalam menggunakan kuota juga menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk menghindari pemborosan kuota data.

Menghemat kuota sama saja kita menghemat uang. Kita tidak perlu terlalu boros dalam menggunakan kuota sehingga sisa uangnya bisa kita pakai untuk keperluan lain, atau ditabungkan untuk kebutuhan selanjutnya.

Akan tetapi, jika memang ada kebutuhan yang mendesak mengenai penggunaan kuota, kamu dituntut untuk memiliki dana persiapan untuk mengisi ulang kuota dengan cepat. Itulah sebabnya mengapa kamu perlu menabung dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Namun, bagaimana jika memang tabunganmu akan digunakan untuk hal lain? Tenang saja, Kredit Pintar akan senantiasa membantu kamu menyelesaikan masalah keuanganmu.

Kredit Pintar adalah sebuah perusahaan pinjaman online yang sudah diawasi oleh OJK. Kamu tidak perlu khawatir karena proses pencairan dana pinjaman online di Kredit Pintar sangat cepat. Selain itu, syarat yang diajukan Kredit Pintar sangat mudah dan tidak bertele-tele.

Ayo, segera ajukan pinjaman online ke Kredit Pintar.Itulah beberapa tips mengenai cara menghemat kuota yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload