Manfaat dan Tips Hidup Hemat, Siap Bebas Finansial!

11 Jun 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 15 Aug 2022

Berhemat merupakan salah satu kunci menuju kekuatan finansial untuk membangun masa depan. Hidup hemat senantiasa digunakan sejak masa dahulu. Dari kanak-kanak sudah didengarkan pepatah “Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”. Pepatah itu benar adanya, sebab perilaku hemar harus ditanamkan sejak dini agar penerapannya mudah saat beranjak dewasa.

Baca juga: Cara Hidup Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Apa itu hemat?

Hemat berarti bijak dalam menggunakan uang, tidak boros, bisa menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan. Menyisihkan sebagian penghasilan adalah salah satu cara belajar cara hidup hemat. Sebab sikap boros dapat menyebabkan akibat buruk seperti sifat tamak, rakus, dan gaya hidup berlebihan.

Gaya hidup hemat bukan berarti menjalankan hidup serba kekurangan karena pelit mengeluarkan uang. Dengan berhemat Anda bisa menghindari tumbuhnya sifat boros dan perilaku konsumtif yang akan membuat gaya hidup tidak sehat.

Perilaku hidup hemat dan sederhana terbentuk dari kebiasan mengatur uang dengan cermat. Hal tersebut membentuk kebiasaan hidup sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Sejatinya, berhemat membuat Anda akan meraih banyak manfaat baik sekarang ataupun masa depan. 

Manfaat Hidup Hemat

Membiasakan hidup hemat dan sederhana memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang didapat dari perilaku hidup hemat dan sederhana:

  1. Paham skala prioritas

Memulai gaya hidup hemat, Anda akan paham skala prioritas dalam mengeluarkan uang. Skala prioritas membuat Anda lebih berhati-hati dalam mengelola  keuangan. Hendaknya Anda lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Maka, Anda bisa menentukan mana hal yang harus didahulukan.

  1. Menuntun pada gaya hidup minimalis

Dengan berhemat, Anda akan terbiasa menjalani hidup minimalis yang mengutamakan kesederhanaan. Hidup hemat dan hidup minimalis merupakan perpaduan dari gaya hidup hemat dan sederhana.

  1. Menggunakan uang untuk hal yang bermanfaat

Uang yang didapatkan harusnya dikelola dengan benar agar tidak habis sia-sia. Dengan berhemat, maka lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang. Manajemen keuangan harus lebih diatur agar kebutuhan yang bersifat penting dan lebih bermanfaat.

  1. Baik untuk lingkungan

Dampak positif dari berhemat pada lingkungan sekitar. Masyarakat cenderung akan melihat dan menilai sifat Anda dari apa yang Anda lakukan. 

  1. Terhindar dari sifat boros

Kebiasaan merencanakan dan mengatur keuangan dapat menajuhkan diri dari kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari sifat sombong dan suka pamer sebab bisa menahan diri dari keinginan membeli barang-barang mewah yang tidak dibutuhkan.

  1. Terhindar dari utang

Gaya hidup hemat seiring dengan manajemen keuangan yang rapi. Setiap uang yang Anda punya telah dialokasikan sesuai kebutuhan. Maka, Anda akan lebih bijak dalam mengeluarkan uang dan mencegahmu untuk berutang. Anda mengenak batasan sebab tak jarang saat memiliki uang, keinginan impulsif untuk membeli sesuatu sampai tidak sadar sudah lebih dari kemampuan finansialmu. 

  1. Hidup berkecukupan di masa depan

Setiap orang pastinya memiliki dambaan punya masa depan sejahtera. Hal itu dapat terwujud dengan menerapkan gaya hidup hemat. Saat Anda sadar akan prioritas dalam memenuhi kebutuhan, Anda akan sadar tentang pentingnya menabung. 

Jika Anda menyisihkan uang untuk menabung sampai memiliki cukup tabungan, nantinya akan bermanfaat di masa depan. Sewaktu-waktu uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan mendesak atau kebutuhan penting lainnya.

  1. Membuat hidup lebih bahagia

Saat Anda bisa mengendalikan pengeluaranmu, Anda akan terhindar dari gaya hidup boros. Gaya hidup hemat membuatmu bahagia sebab Anda merasa uang yang Anda miliki tidak terbuang sia-sia. 

Baca juga: Langkah Mudah Memulai Hidup Hemat di Kota Besar

Tips Gaya Hidup Hemat

Mengendalikan diri dalam mengeluarkan uang untuk berbelanja tidak semudah yang dibayangkan. Harus ada komitmen dan perlu membuat rencana terbaik agar kesehatan finansialmu terjaga dengan baik. 

Jika Anda tidak bisa mengendalikan diri dan menerapkan gaya hidup hemat, suatu saat Anda bisa berada dalam kondisi sulit. Untuk membantu Anda menjalani hidup hemat, berikut rekomendasi tips-tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Pastikan pengeluaran tidak lebih dari pendapatan

Memulai gaya hidup hemat berarti Anda perlu membuat rencana keuangan. Neraca keuangan dapat berupa daftar atau tabel berisikan pendapatan dan pengeluaran. Anda bisa mencatatnya setiap minggu bahkan setiap hari. 

Secara umum, sebaiknya Anda mengalokasikan pendapatan Anda. Buatlah daftar belanja kebutuhan Anda secara berkala sesuai prioritas. Jangan memaksakan belanja atau memenuhi keinginan di saat kondisi pendapatanmu tidak memungkinkan untuk menutupi pengeluaranmu.

  1. Bijak dalam berbelanja

Seiring dengan poin sebelumnya, bijak dalam berbelanja berperan penting agar keuangan Anda tetap baik. Caranya bisa Anda lakukan dengan memilih barang sesuai daftar kebutuhan yang telah Anda buat. 

Pola berbelanja juga dapat diubah, seperti belanja di supermarket saat adanya promo atau potongan harga. Lalu belanja di pasar untuk kebutuhan pokok seperti membeli makanan. Umumnya harga di pasar lebih murah dan memungkinkan untuk di tawar. Jadi sisa uang belanjamu bisa ditabung atau dialokasikan untuk kebutuhan lain.

  1. Disiplin menabung

Uang yang tersisa setelah belanja dapat Anda sisihkan menjadi tabungan. Menabung adalah aktivitas yang perlu dilakukan dengan memulai dari jumlah yang terukur tapi konsisten. 

Secara bertahap nantinya Anda akan tertarik melakukan peningkatan. Menabung secara teratur menjamin keuangan Anda di masa depan. Sewaktu-waktu uang tabungan tersebut bisa digunakan untuk memenuhi keinginan maupun kebutuhan yang mendesak. Selain itu, mencegah Anda untuk tidak stres karena punya dana darurat berupa tabungan.

  1. Hentikan kebiasan boros dan hidup mewah

Tidak sedikit uang yang akan dikeluarkan untuk memiliki benda dengan merk ternama. Meskipun bergaya hidup mewah sah-sah saja, asalkan memiliki nilai jual sebagai aset yang berharga.

Sejatinya, menerapkan gaya hidup sederhana akan membuat hidup lebih nyaman. Fokuskan uang yang Anda punya untuk berinvestasi yang menguntungkan sehingga uang Anda tidak keluar sia-sia.

  1. Hindari biaya yang tidak penting

Berlangganan aplikasi bulanan atau mempunyai kartu kredit memanglah menyenangkan. Namun, sering terjadi tagihan membengkak. Jika Anda punya banyak tagihan dalam satu bulan, akan ada banyak pengeluaran yang pastinya memengaruhi kondisi finansialmu.

Selain itu, bunga dan biaya lainnya yang Anda bayar akan menyusutkan keuanganmu. Sebisa mungkin gunakan rekening tabungan dan biaya administrasi bulanan lebih murah atau bahkan gratis.  Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit dan berlangganan aplikasi bulanan agar keuanganmu tetap aman.

Baca juga: Tips Menabung Mudah Ala Kredit Pintar

Pada akhirnya, berhemat saja tidaklah cukup. Anda juga mesti meningkatkan penghasilan secara berhemat. Jadi, tetaplah berusaha menambah pundi-pundi uangmu sembari berhemat. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download