Cara Mengatur Keuangan Ibu Rumah Tangga

14 Mar 2018 by Edwin

Seorang ibu rumah tangga memiliki tanggung jawab yang begitu besar untuk mengatur keuangan keluarga. Seluruh keuangan keluarga sangat bergantung pada kemampuan seorang ibu rumah tangga untuk membagi pendapatan pada pos-pos anggaran yang memang penting agar pendapatan tersebut mencukupi.

Mengatur keuangan ibu rumah tangga tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang menjadikannya begitu sulit, diantaranya:

  1. Ada Begitu Banyak Kebutuhan Tidak Terduga
    Beberapa kebutuhan tidak terduga tersebut di antaranya adalah adanya anggota keluarga yang sakit, adanya keperluan sekolah anak yang tiba-tiba harus dibeli, ataupun adanya masalah-masalah seperti kerusakan perabotan rumah.Untuk siap menghadapi munculnya kebutuhan tidak terduga, sangat penting untuk mempersiapkan dana kebutuhan tidak terduga.Anda dapat mengalokasikan anggaran “Kebutuhan Tidak Terduga” sebesar setengah dari dana tabungan bulanan anda.Secara rata-rata, anda perlu menabung sekitar 20 hingga 25% dari pendapatan bulanan anda. Dari tabungan tersebut, anda dapat menyisihkan 30 persennya sebagai “Biaya yang dapat dikeluarkan jika ada kebutuhan tidak terduga”. Ada beberapa keuntungan dengan memiliki dana kebutuhan tidak terduga, yaitu:
    – Menghindari jerat hutang
    – Tidak panik ketika kebutuhan ini tiba-tiba muncul
  2. Dana yang Minim
    Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah terbesar dalam mengatur keuangan ibu rumah tangga adalah dana yang minim atau pendapatan keluarga yang kecil.Untuk itu, setiap Rupiah harus dialokasikan dengan tepat. Namun sebenarnya, alokasi yang tepat saja tidaklah cukup.Anda perlu memikirkan bersama anggota keluarga lainnya bagaimana cara mendapatkan pendapatan tambahan.

Ada banyak sekali cara mendapatkan pendapatan tambahan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Berjualan Online
    Anda dapat menjual barang ataupun jasa secara online. Beberapa mungkin memerlukan modal yang jumlahnya lumayan karena anda wajib stock barang.Namun anda dapat mencoba berjualan online secara dropship ataupun secara affiliate.
  2. Bekerja Paruh Waktu
    Ada beberapa pekerjaan paruh waktu yang dapat dilakukan baik oleh suami ataupun istri. Beberapa pekerjaan tersebut antara lain menjadi pengemudi transportasi online, ataupun berjualan.

    Ya, membuka bisnis sendiri dengan berjualan kecil-kecilan dapat menjadi solusi. Tidak perlu mengkhawatirkan “dari mana modal memulai bisnis”.

    Anda dapat mencoba manfaatkan fintech untuk mendapatkan pinjaman uang. Apa itu fintech? Fintech adalah platform jasa pendanaan di mana anda dapat meminjam uang dengan mudah hanya bermodalkan :
    – Internet
    – Data diri (KTP) Bahkan di Kredit Pintar, sebagai salah satu fintech pemberi pinjaman online, Sobat Pintar bahkan tidak dimintakan agunan. Dan diberikan pinjaman dengan bunga yang rendah.

Makanya, yuk buruan rasakan kemudahan mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar.
Cukup download, install, dan isi data pribadi Sobat Pintar di goo.gl/mRNHYg.

mobile-closeKredit PintarDownload