HP Murah RAM Besar Untuk Menunjang Produktivitas

13 Dec 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Spesifikasi RAM yang besar tentu menarik, disertai dengan fitur-fitur lain yang canggih cenderung membuat harga HP menjadi tinggi. Namun, berapa banyak RAM yang sebenarnya dibutuhkan ponsel Android Sobat Pintar? Dan apa saja HP Murah RAM Besar yang paling terkini?

Sobat Pintar bisa membeli Samsung Galaxy S20 Ultra dengan RAM 16GB. Itu hampir sebanyak Laptop untuk gaming, dan sekitar 8 GB lebih banyak dari kebanyakan ponsel. Ini membuat banyak orang menggaruk-garuk kepala dan bertanya mengapa di dunia ini membutuhkan RAM 16GB, dan apakah itu berarti ponsel saya dengan 4GB tidak cukup baik?

Baca Juga: Tertarik Beli Oppo? Simak Berbagai Pilihannya di Sini

RAM (Random Access Memory) adalah penyimpanan digital jangka pendek. Komputer dan ponsel sebagian besar menggunakan RAM untuk menyimpan data yang digunakan oleh aplikasi aktif — bersama dengan CPU dan kernel sistem operasi — karena RAM sangat cepat dalam hal membaca dan menulis. 

RAM digunakan untuk membantu hard drive dan cache CPU di dalam ponsel untuk menyimpan data yang jumlahnya tidak banyak. Bahkan cache prosesor Snapdragon terbaru hanya cukup untuk menampung apa yang sedang digunakan saat ini, jadi Sobat Pintar perlu tempat untuk menyimpan apa yang akan digunakan selanjutnya. Membaca dan menulis ke dan dari RAM cepat dan sangat cepat.

Bagaimana ponsel menggunakan RAM?

RAM di ponsel sebagian besar digunakan sebagai tempat aplikasi yang sedang berjalan menyimpan datanya. Dalam istilah yang paling sederhana, berarti RAM dapat membiarkan lebih banyak aplikasi berjalan di latar belakang tanpa memperlambat ponsel. 

RAM penting tetapi tidak utama. Seringkali daftar RAM yang tersedia di pengaturan tidak sama dengan jumlah total RAM yang terpasang di dalam ponsel Sobat Pintar. Jumlah penuh benar-benar ada di dalam, tetapi sebagian (biasanya sekitar 1GB atau lebih) dicadangkan, karena aplikasi Sobat Pintar membutuhkan sisanya.

Untuk seorang profesional ataupun mahasiswa yang mementingkan display yang cling, memiliki hp dengan RAM besar akan sungguh menguntungkan karena banyak program grafis serta kebutuhan display berjalan melalui RAM. Hasilnya adalah tampilan HP dengan resolusi tinggi.

Daftar HP Murah RAM Besar terbaru:

Ternyata HP dengan RAM puluhan giga tidak harus mengeluarkan belasan juta, malah semuanya dibawah 2 jutaan! Apa saja itu, mari kita lihat:

1. Realme C11 (Rp 1.599.000)

Mempertimbangkan kisaran harganya, perangkat ini memiliki RAM yang layak sebagai ruang penyimpanan yang besar sehingga memenuhi kualifikasi sebagai HP murah RAM besar.

Realme C11 memiliki layar LCD HD+ IPS 6,52 inci, memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dan kerapatan piksel 269 ppi. Kecepatan refresh yang ditawarkan oleh perangkat adalah 60Hz dan rasio aspeknya adalah 20:9, menawarkan tampilan sinematik. Layar takik tetesan air tanpa bingkai dilindungi oleh Corning Gorilla Glass v3.

Smartphone ini menawarkan pengaturan dual-kamera AI, yang terdiri dari Kamera Utama 13 MP f/2.2 dengan Sensor CMOS, dan lensa 2MP f/2.4 untuk penginderaan kedalaman. Beberapa fitur kamera belakang yang ditambahkan termasuk Chroma Boost, ISO Control, Portrait Mode, Slo-mo video recording, Super Nightscape Mode, HDR mode, Touch to Focus, dan banyak lagi. Di bagian depan, ia memiliki sensor utama 5MP f/2.4 yang menghasilkan selfie yang mengesankan.

Realme C11 menawarkan penyimpanan internal 32GB besar yang dapat diperluas hingga 256GB. Dari segi konektivitas, perangkat ini mendukung 4G VoLTE, Wi-Fi, microUSB 2.0, Hotspot Seluler, Bluetooth v5.0, dukungan USB OTG, dan A-GPS Glonass.

2. Xiaomi Redmi 9C (Rp 1.399.000)

Xiaomi meluncurkan perangkat yang cukup mengesankan untuk pengguna yang memiliki anggaran terbatas sebagai HP murah RAM besar. Selain itu, baterai perangkat 5000mAh dengan port pengisian USB Type-C, pengaturan kamera belakang yang mengesankan, disertai dengan kerapatan piksel 269ppi, memungkinkan pengguna menikmati pengalaman videografi yang spektakuler.

Xiaomi Redmi 9C menampilkan layar LCD HD+ IPS 6,53 inci dengan resolusi layar 720 x 1600 piksel. Perangkat ini memiliki rasio aspek 20:9 bersama dengan kerapatan piksel 269ppi. Terdapat pengaturan tiga kamera yang mengesankan di bagian belakangnya, terdiri dari Kamera Utama 13MP f/1.8, Kamera 5MP f/2.4, dan Kamera Kedalaman 2MP, f/2.4. 

Xiaomi Redmi 9C berfungsi pada chipset MediaTek Helio G35 dan ditenagai oleh pengaturan prosesor Octa-core Cortex A53, berkinerja pada kecepatan clock 2.3GHz. Ada RAM 2GB + 32GB dan GPU PowerVR GE8320, memfasilitasi pengalaman multitasking yang berkualitas. Perangkat ini ditenagai oleh baterai jenis Li-ion 5000mAh yang tidak dapat diganti.

Xiaomi Redmi 9C memiliki penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas hingga 512GB. Dari segi konektivitas, ia mendukung 4G VoLTE, Hotspot Seluler, A-GPS Glonass, Bluetooth v5.0 dan USB Type-C.

Baca juga:  Inilah Spesifikasi Oppo A16, Simak di Sini!

3. Samsung Galaxy A11 (Rp 1.799.000)

Samsung Galaxy A11 merupakan ponsel kelas menengah ke bawah yang hadir dengan desain yang mulus. Galaxy 11 memiliki penyimpanan besar dalam hal penyimpanan internal dan eksternal. Baterainya memiliki kapasitas yang baik tetapi tidak memiliki fitur pengisian cepat, yang dapat dihitung sebagai kelemahan.

Samsung Galaxy A11 hadir dengan layar IPS LCD 6,2 inci dengan bezel-less water drop notch finish. Layarnya memiliki resolusi layar 720 x 1520 piksel dengan kerapatan piksel 271 PPI.

Di bagian kamera, Samsung Galaxy A11 memiliki lensa utama ganda 13 MP dan 5 MP yang menghasilkan gambar dengan resolusi 4128 x 3096 Pixel. Pada kamera depan, ia memiliki kamera depan 8 MP. Pengguna dapat mengklik selfie yang bagus dan melakukan panggilan video dengan ]kamera depan ini.

Samsung Galaxy A11 di tenagai oleh chipset Samsung Exynos 7 Octa 7904. Perangkat ini dilengkapi dengan prosesor Octa-core Cortex A73 yang berjalan pada kecepatan clock 1,8GHz. Untuk grafis, tergantung pada GPU Mali-G71 MP2. 

Ada RAM 3GB untuk menjaga kelancaran aplikasi, ditambah dengan 32 GB RAM untuk penyimpanan internal.  Penyimpanan dapat diperluas hingga 512GB.

 Galaxy 11 memiliki baterai Li-ion berkapasitas 4000 mAh untuk menjaga ponsel tetap berjalan untuk waktu yang lama.

Baca juga: HP Gaming, Kapasitas RAM Mantap!

Itulah 3 rekomendasi HP Murah RAM Besar terbaik dibawah 2 jutaan di Indonesia. Terdaftar sejak November 2021, dan sudah on sale untuk kedepannya. Dengan berbagai rekomendasi tersebut, Sobat Pintar tidak perlu ajukan pinjaman uang dalam jumlah besar untuk membeli HP dengan kapasitas RAM yang besar. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips  lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download