Berbagai Cara Cek Nilai Tukar Rupiah

15 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 29 Jun 2022

Buat kamu yang belum pernah menukar mata uang dengan mata uang asing, mungkin kamu masih bingung apa yang perlu dilakukan. Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah cek nilai tukar rupiah terlebih dahulu.

Berbagai Cara Cek Nilai Tukar Rupiah

Hal itu perlu kamu lakukan karena transaksi uang antarnegara lebih rumit daripada antarbank dalam negeri. Pasalnya, nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing sering mengalami perubahan, bahkan dalam waktu yang singkat. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui informasi kurs rupiah terlebih dahulu.

Baca juga: Semua Tentang Bea Cukai Kurs: Pengertian dan Lainnya

Pentingnya Cek Nilai Tukar Rupiah

Nilai mata uang atau yang juga disebut kurs diartikan sebagai harga mata uang negara tertentu terhadap mata uang dari negara lain. Mengecek nilai mata uang atau kurs merupakan proses yang penting dalam menukar uang rupiah dengan mata uang asing. Hal itu karena nilai mata uang memiliki peran vital dalam transaksi keuangan antarnegara, terlebih dalam kegiatan ekspor dan impor.

Pengecekan nilai tukar rupiah perlu dilakukan secara berkala. Pasalnya, perubahan nilai tukar mata uang sering berubah dalam hitungan jam. Perubahan tersebut disebabkan oleh adanya interaksi permintaan dan penawaran mata uang tertentu.

Kurang lebih seperti itulah pentingnya cek nilai tukar rupiah sebelum melakukan tukar uang rupiah. Berikutnya, disajikan cara mengecek nilai tukar rupiah terhadap mata uang dari negara lain.

Cara Mengecek Nilai Tukar Rupiah

Berbagai Cara Cek Nilai Tukar Rupiah

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh informasi kurs terbaru. Salah satunya ialah mendatangi bank atau money changer secara langsung. Namun, cara tersebut kurang praktis karena tidak bisa dilakukan setiap saat.

Oleh karena itu, kali ini disajikan tiga cara mudah cek nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Ketiga cara ini lebih efektif dan efisien karena bisa dilakukan kapan saja. Berikut diantaranya.

1. Currency App

Saat ini, sudah ada aplikasi konversi mata uang, lho. Aplikasi yang dimaksud adalah Currency App. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengecek nilai tukar rupiah melalui smartphone kesayanganmu.

Tidak hanya rupiah, Currency App menyediakan fitur konversi mata uang dari 180 jenis mata uang yang ada di dunia. Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan informasi kurs terkini yang diperbarui setiap menit secara otomatis.

2. Website Resmi Milik Bank

Seperti yang diketahui, bank merupakan lembaga keuangan yang fungsinya untuk menyimpan sekaligus meminjamkan uang kepada para nasabahnya. Selain itu, bank juga memberikan informasi tentang nilai tukar mata uang asing. Informasi tersebut dapat kamu akses di website resmi bank secara gratis.

Untuk melakukan cek nilai tukar rupiah terhadap mata uang dari berbagai negara, kamu dapat mengakses website resmi bank. Website tersebut menyediakan informasi lengkap seputar harga mata uang asing. Dengan begitu, kamu tidak perlu mendatangi bank terdekat untuk mengetahui nilai setiap mata uang.

Baca juga: Mata Uang Tertinggi di Dunia Selain Dolar AS

3. Mesin Pencarian

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengecek harga mata uang asing ialah melalui mesin pencarian, seperti Google. Cara ini sangat praktis karena kamu bisa mendapatkan informasi harga mata uang asing dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu mengakses Google, lalu mengetik nama mata uang asing dan membandingkannya dengan nilai tukar rupiah.

Misalnya, saat kamu ingin mengecek nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, kamu hanya perlu mengetik “USD to IDR”, lalu tekan enter. Setelah itu, informasi tentang harga mata uang rupiah dan dolar AS akan muncul. Kurs yang dimunculkan pun biasanya adalah kurs terbaru pada saat itu.

Tips Menukar Uang Rupiah dengan Mata Uang Asing

Sumber: Pinterest

Apakah kamu berencana pergi ke luar negeri? Jika iya, ada berbagai hal yang perlu kamu siapkan, mulai dari mengurus paspor, visa, tiket, penginapan, hingga mata uang asing. Semua itu harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat agar perjalananmu ke luar negeri tidak menemui kendala.

Satu hal penting yang perlu disiapkan adalah mata uang asing. Hal itu karena mata uang rupiah tidak akan berlaku saat kamu bertransaksi di luar negeri. Itulah sebabnya kamu perlu tukar uang rupiah dengan mata uang dari negara yang hendak dikunjungi.

Selain melakukan cek nilai tukar rupiah seperti yang dijelaskan, kamu juga perlu mengetahui beberapa tips menukar uang rupiah dengan mata uang asing. Berikut di antaranya.

1. Tukarkan di Indonesia

Menukar uang di Indonesia dianggap lebih baik daripada di luar negeri, terutama buat kamu yang belum pernah melakukannya. Hal itu karena kamu tidak akan menghadapi permasalahan bahasa. Dengan menukar di Indonesia, kamu bisa bertanya kepada petugas terkait penukaran uang dengan lebih nyaman.

Jika terpaksa menukar uang di luar negeri, kamu bisa melakukannya melalui ATM. Tidak perlu khawatir, saat ini beberapa bank nasional sudah memiliki jaringan internasional. Hal itu memungkinkan kamu untuk menarik uang asing via ATM, meskipun saldo kamu bermata uang rupiah.

2. Jangan Salah Pilih Money Changer

Jika ingin menukar uang, disarankan untuk melakukannya di money changer yang berizin. Money changer merupakan tempat menukar uang yang menawarkan nilai tukar tertinggi. Oleh sebab itu, berusahalah mencari money changer berizin.

Kalau kamu tidak menjumpai money changer berizin terdekat, kamu bisa menukar uang di bank. Namun, biasanya nilai tukar yang ditawarkan lebih rendah daripada money changer. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan KTP hingga NPWP (kadang-kadang) sebagai persyaratan penukaran uang.

Alternatif terakhir tempat menukar uang ialah bandara. Kelemahan menukar uang di bandara ialah nilai tukar yang ditawarkan merupakan yang paling rendah daripada di tempat lainnya. Hal itu dipengaruhi oleh tingginya biaya penukaran yang dibebankan kepada kamu.

3. Ketahui Komisi Penukaran Uang yang Dibebankan

Seperti pada poin sebelumnya, menukar uang di money changer merupakan pilihan terbaik karena menawarkan nilai tukar yang lebih tinggi daripada bank dan bandara. Namun, kamu tetap disarankan untuk menanyakan besaran komisi yang perlu dikeluarkan.

Tanyakan kepada rekan atau kepada petugas tentang ada atau tidaknya komisi penukaran uang di money changer. Kalau memang ada komisi, kamu bisa memilih money changer dengan komisi terendah. Dengan begitu, kamu bisa menghemat uang lebih banyak.

Baca juga: Konversi Mata Uang untuk Menabung Valuta Asing

4. Lakukan Riset Harga Terlebih Dahulu

Tips berikutnya buat kamu yang ingin menukar uang rupiah dengan uang asing adalah melakukan riset harga terlebih dahulu. Apabila kamu memiliki waktu yang cukup panjang sebelum berangkat ke luar negeri, cobalah membandingkan kurs jual yang umumnya terpampang di dinding depan tempat penukaran uang tersebut. Setelah melakukan riset, kamu bisa memilih tempat penukaran terbaik yang menawarkan kurs jual paling rendah.

Melakukan cek nilai tukar rupiah memang penting untuk dilakukan sebelum tukar uang rupiah dengan uang asing. Dengan mengetahui informasi kurs terbaru, kamu bisa mengetahui waktu terbaik untuk menukar uang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download