Semua Tentang Bea Cukai Kurs: Pengertian dan Lainnya

11 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Sampai sekarang diketahui masih cukup banyak yang kurang tahu tentang bea cukai kurs, selain pegawai perpajakan pastinya. Sebagai informasi saja, gaji pegawai pajak itu ternyata cukup tinggi, mengingat banyak sekali yang perlu diurus.

Baca juga: Intip Gaji Pegawai Bea Cukai di Sini, Yuk!

Salah satu yang dihandle adalah soal bea cukai kurs. Hanya saja, masyarakat terbukti belum seberapa paham dengan istilah tersebut. Bagi Anda yang juga merasa demikian, cek langsung penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Informasi Nilai Kurs Bea Cukai 2019, Disini Lho Tempatnya!

Sumber: finansialku.com

Tentang Bea Cukai Kurs

Bea cukai kurs atau biasa juga disebut dengan kurs bea cukai adalah sebuah nilai yang dipakai untuk acuan atas pungutan suatu negara. Terutama untuk aktivitas ekspor impor yang dilakukan masyarakat. Pasalnya, kedua kegiatan tersebut pastinya menggunakan mata uang asing untuk setiap transaksinya. 

Dalam perhitungannya nanti, kurs bea cukai harus lebih dahulu dikonversikan dalam bentuk rupiah. Selain karena rupiah adalah mata uang negara Indonesia, juga karena untuk menyesuaikan nilainya. Selanjutnya kapan nilai kurs ditentukan?

Sama dengan kurs mata uang asing yang selalu berubah-ubah. Demikian juga kurs bea cukai ini. Bedannya ditentukan setiap minggu sekali. Pihak yang berwenang adalah pemerintah khususnya menteri keuangan. 

Mengapa harus diubah setiap minggunya? Ketentuan ini mengacu pada nilai mata uang yang selalu berubah-ubah. Lagipula pada prinsipnya. nilai kurs itu disesuaikan dengan nilai tukar mata uang.  

Official Website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Sumber: bea cukai. go.id

Fungsi

Sebelum masuk tentang fungsi bea cukai kurs, apakah Anda sudah tahu tentang fungsinya itu sendiri? Ada cukup banyak sebetulnya fungsi bea cukai seperti meningkatkan pertumbuhan industri, mewujudkan iklim usaha, dan lainnya. 

Baca juga: 6 Fungsi Bea Cukai Yang Perlu Diketahui.

Sebetulnya, informasi tentang pajak atau kurs bea cukai dapat Anda akses langsung situs bea cukai langsung. Sehingga Anda dapat memanfaatkan situs tersebut dengan baik. Sudah sedikit dibahas sebelumnya jika Kemenkeu adalah pihak yang berwenang untuk menetapkan kurs setiap minggunya.

Dari informasi yang dikeluarkan oleh Kemenkeu nanti akan berisi nilai konversi 25 mata uang asing ke rupiah. Mulai dari Won KOrsel, YUAN Tiongkok, dan masih banyak lagi. Bagaimana jika ternyata nilai mata uang yang dimaksud tidak termasuk yang dikeluarkan oleh Kemenkeu?

Maka, harus terlebih dahulu dikonversikan ke dolar AS. Pasalnya, dolar AS dianggap sebagai mata uang paling stabil. Selain itu, dollar AS juga merupakan mata uang paling banyak dipakai untuk acuan konversi di beberapa negara. 

Berikutnya, wajib pajak perlu mengkonversikan nilai mata uang asing dalam rupiah sesuai kurs yang berlaku sesuai tanggal penerbitan. Jadi pengenaan pajak akan sesuai dengan hitungan. Sehingga tidak ada satupun pihak yang akan dirugikan. 

Memahami Nilai Kurs Bea Cukai Indonesia serta Peraturannya - Jurnal

Sumber: jurnal.id

Peraturan Bea Cukai Kurs Di Indonesia

Selanjutnya soal peraturan kurs bea cukai di Indonesia. Kurs ini ditentukan pemerintah Indonesia berdasarkan acuan dari perjanjian umum tarif dan perdagangan organisasi dunia (GATT WTO) yang dibuat tahun 1994. 

Setelah itu, ketentuan tersebut pun akhirnya dituangkan dalam banyak peraturan di Indonesia. Mulai dari undang-undang, PMK, sampai peraturan dirjen bea dan cukai. Khusus untuk UU adalah UU no. 17 tahun 2006, berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Kurs Bea

Ketika menentukan nilai dari transaksi barang, pemerintah akan mengacu pada GTO valuation agreement. Biasa juga dikenal dengan istilah aturan nilai transaksi barang impor atau ekspor. Nantinya semua akan dihitung berdasarkan beberapa faktor seperti

  • Komisi penjualan dan jasa dari perantara
  • Biaya packing baik upah tenaga kerja hingga bahan pengepakan
  • Biaya pengemasan barang, upah + bahan kemas
  • Nilai barang atau jasa yang dipasok oleh pembeli secara cuma-cuma atau jika ada penurunan harga
  • Royalti atau jika ada lisensi dari barang
  • Nilai pendapatan barang setelah dijual lagi
  • Biaya transportasi kepabeanan
  • Biaya muat, bongkar, dan penanganan
  • Biaya asuransi
  1. Kurs Cukai

Beda dengan sebelumnya, kali ini kurs cukai biasa ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Anda bisa update terus soal kurs cukai ini langsung melalui situsnya. Sama dengan saat ingin menghitung kurs bea, yang ini juga berdasarkan 25 kurs negara.

Jika ada mata uang yang tidak termasuk 25 jenis tersebut, bisa dikonversikan dulu ke dollar AS. Sebab mata uang asing tersebut adalah satu-satunya yang paling stabil. Berikut beberapa barang yang dibebaskan dari biaya cukai:

  • Rokok 200 batang, cerutu 25 batang, serta 40 gram tembakau/produk berbahan dasar tersebut. 
  • Seliter minuman yang mengandung etil alkohol.

Cara Menghitung bea cukai Kurs

Apakah Anda adalah pemilik perusahaan yang sering melakukan kegiatan ekspor impor? Jika begitu, Anda harus tahu cara menghitung kurs bea cukai yang benar. Begini caranya, agar tidak salah perhitungan lagi:

  1. Menghitung Kurs Bea Impor

Untuk menghitungnya, Anda bisa pakai rumus: Bea per item = (Harga barang di atas $500-$500) x 7,5%. Jadi misalnya saja Anda punya usaha makanan beku dan harus beli alat pendingin dari luar negeri (import) seharga $2000. Maka perhitungannya adalah

Bea Per item yaitu ($2000-$500) x 7,5%. Dari perhitungan tersebut diambil kesimpulan jika bea per item yang perlu dibayar adalah $1,125. Jangan lupa ubah dulu nilai tersebut dalam bentuk rupiah.

Maka akan diperoleh perhitungan $1.125 x Rp 14.011 = Rp 15,7 juta. Angka inilah yang harus dibayar oleh Anda untuk pembelian alat pendingin tersebut. Bagaimana? Cukup mudah bukan?

  1. Menghitung Kurs Bea Ekspor

Dalam menghitung bea ekspor, ada 2 rumus yang bisa Anda gunakan. Anda bisa pilih salah satu dari rumus di bawah ini:

  • Advalorum dengan perhitungan tarif bea keluar x harga ekspor x jumlah satuan barang x nilai tukar mata uang asing
  • Perhitungan tarif spesifik dengan perhitungan tarif bea keluar x jumlah satuan barang x nilai tukar mata uang asing 

Solusi Bayar Kurs Bea Cukai

Bayar kurs bea cukai memang suatu keharusan. Apalagi jika Anda sering melakukan aktivitas ekspor dan impor. Bagi yang merasa terlalu berat harus cari dana untuk bayar, sangat mudah sekali. 

Anda bisa ajukan pinjaman untuk mendapatkan dana segar. Sekarang cukup banyak tempat pinjaman online terbaik. Salah satu yang paling bisa direkomendasikan adalah Kredit Pintar.

Kredit pintar adalah solusi terbaik bagi Anda yang butuh dana segera. Syaratnya sangat mudah, dan persyaratannya pun tidak ribet. Sudah banyak yang membuktikan sendiri keandalannya. Hadiahnya pun sangat variatif.

Baca juga: Daftar Campaign Kredit Pintar.

Keunggulan kredit pintar sebagai solusi pinjaman online yang paling direkomendasikan memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ini adalah jawaban buat Anda yang merasa kesulitan dana untuk bayar bea cukai kurs.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download