Atur Keuangan Usaha Lebih Pintar, Apa Aja Sih Caranya?

23 Mar 2018 by Edwin

Kelancaran bisnis atau usaha memang bergantung kepada pemasaran. Namun sebaik apapun pemasarannya, management atau pengaturan keuangan yang buruk dapat menyebabkan masalah serius. Adapun beberapa masalah serius tersebut antara lain:

  • Pendapatan dan pengeluaran yang tidak seimbang
  • Catatan pembukuan yang tidak sesuai dengan target

Untuk menghindari hal-hal tersebut, pengaturan keuagan yang tepat pada bisnis Sobat Pintar adalah solusinya.

Untuk mengatur keuangan bisnis Sobat Pintar, beberapa hal yang perlu dan wajib diperhatikan diantaranya adalah:

  1. Pisahkan Antara Rekening Pribadi dengan Rekening Bisnis
    Hal ini untuk menjaga agar keuangan usaha anda dapat di-track dengan lebih mudah. Selain itu, dengan menjaga dana usaha Sobat Pintar dalam kondisi aman, anda dapat menerima manfaat lain seperti:
    – Dana usaha menjadi tabungan
    – Tabungan ini dapat digunakan sebagai modal pengembangan usaha
    – Tidak terlalu pusing melihat berapa pemasukan dan pengeluaran usaha, dan berapa pemasukan serta pengeluaran pribadi.
  2. Selalu Catat Arus Kas
    Pencatatan arus kas sangat penting untuk melihat berapa banyak pendapatan yang masuk, dan berapa pengeluaran dalam periode tertentu.Dengan adanya catatan arus kas ini, Sobat Pintar dapat melihat apakah usaha anda berada di jalur yang benar, atau sedang bermasalah.
  3. Hindari Uang Mengendap
    Ada banyak kasus mengendapnya keuangan Sobat Pintar. Mengendap ini dapat berupa hal-hal seperti:- Kasbon (hutang) karyawan
    – Uang kantor terbawa karyawan dalam waktu yang cukup lama
    – Pembayaran dari klien yang tak kunjung cairPadahal pengendapan uang ini jika jumlahnya besar akan memberikan bunga yang cukup besar jika anda memposisikannya sebagai dana deposito, ataupun dana pengembangan bisnis.
  4. Rajin Melakukan Check Opname
    Seberapapun Sobat Pintar mempercayai pegawai, menghitung stock barang secara berkala itu sangatlah penting.Hal ini untuk mencegah terjadinya manipulasi penjualan barang. Selain itu, check opname juga memiliki manfaat-manfaat lain seperti:
    – Mengecheck kondisi barang-barang yang disimpan
    – Mengetahui barang-barang apa saja yang membutuhkan stok tambahan.

Jika Sobat Pintar membutuhkan dana untuk pengembangan usaha, salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan Kredit Pintar sebagai fintech yang menawarkan pinjaman online dengan mudah dan cepat. Bagaimanapun juga, meminjam uang harus pintar dengan cara memanfaatkan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh fintech.

Kredit Pintar mampu memproses pengajuan peminjaman dengan cepat, mudah, bunga yang rendah, dan dapat diajukan tanpa adanya agunan.

Butuh pinjaman uang untuk men-support usaha Sobat Pintar? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://bit.ly/KePiBLG

mobile-closeKredit PintarDownload