Apa Itu OJK? Dan Bagaimana Perannya Dalam Ekonomi Indonesia? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Apa Itu OJK? Dan Bagaimana Perannya Dalam Ekonomi Indonesia? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

14 Apr 2021 by dan.shen
apa itu ojk

Dari segala macam sektor yang ada di dunia, sektor ekonomi menjadi salah satu yang mendapatkan perhatian utama. Karena merupakan bagian yang penting dari pertumbuhan suatu negara, maka perlu ada pengawas agar memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar. Dalam hal ini, pengawasnya adalah Otoritas Jasa Keuangan. Nah, apa itu OJK?

Otoritas Jasa Keuangan, atau yang lebih dikenal dengan nama OJK, memiliki tugas, fungsi, dan wewenang tersendiri untuk melakukan tindakan pengawasan, pemeriksaan, dan juga penyelidikan pada badan-badan keuangan yang ada di Indonesia.

Dibentuknya OJK adalah sebuah langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk menghadirkan sebuah sistem pengawasan yang bersifat menyeluruh untuk semua kegiatan pada sektor keuangan.

Lembaga ini memiliki arti yang sangat penting, tak hanya bagi kita selaku masyarakat saja, namun juga untuk para pelaku usaha. Bagi masyarakat, ia berperan sebagai pelindung dari segala bentuk investasi yang diberikan oleh lembaga jasa keuangan.

Ia akan menjamin valid tidaknya investasi yang disediakan, dengan begitu masyarakat bisa menikmati pinjaman online OJK, yang lebih aman dan nyaman.

Tak hanya terbatas pada hal itu saja, lembaga ini juga bisa memberikan keuntungan bagi pengusaha dengan mempermudah pengolahan sumber daya, agar perusahaan bisa mengembangkan usahanya dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Meski tak berperan secara langsung pada proses produksi, kehadiran OJK bisa memberikan keamanan tersendiri.

Lembaga ini merupakan badan independen yang tidak terikat dengan badan lainnya, bertugas secara mandiri tanpa adanya bantuan dari pihak manapun, sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang.

Berkedudukan di ibukota NKRI, lembaga ini bisa memiliki kantor pusat kerja di dalam maupun diluar wilayah NKRI, yang nantinya akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Apabila memang dibutuhkan, OJK bisa hadir pada tiap-tiap wilayah di Indonesia.

Fungsi OJK

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kehadiran lembaga ini bisa memastikan adanya pinjaman online OJK. Artinya, kita sebagai masyarakat Indonesia bisa menikmati fasilitas investasi yang ada pada pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Selain memahami arti dari apa itu OJK, mari kita telusuri lebih lanjut mengenai fungsi-fungsinya.

Lembaga ini memiliki fungsi utama, yakni menyelenggarakan sistem pengawasan dan pengaturan terintegrasi pada seluruh kegiatan yang terletak pada sektor keuangan. Jadi, apa yang dilakukan lembaga ini adalah melaksanakan pengawasan dan pengaturan terhadap badan-badan yang bergerak pada bidang keuangan, permodalan dan perbankan.

Setelah mengerti apa itu OJK, simak peran utamanya di bawah ini:

Peran Utama OJK

Sebagai sebuah lembaga yang mengabdi pada masyarakat, sudah tentu lembaga ini memiliki beberapa visi yang akan diraih. OJK juga memiliki visi tersendiri, yakni sebagai sebuah lembaga yang bisa melindungi kepentingan masyarakat, serta mewujudkan sistem ekonomi nasional yang berdaya saing global.

Peran Pengawasan Dalam Dunia Investasi

Dalam era modern di mana aplikasi-aplikasi finansial bermunculan, peran OJK sangatlah diperlukan untuk memilah antara aplikasi yang legit, dan tidak. Hal ini penting untuk menuntun masyarakat pada pinjaman online OJK yang baik, dan terpercaya.

Apa itu OJK? Salah satu jawaban yang paling masuk akal adalah lembaga yang membantu kita semua. Bayangkan saja apabila lembaga ini tidak pernah ada. Mungkin kita bisa terjerumus pada iming-iming investasi bodong yang kini kian marak.

Dari begitu banyak aplikasi finansial yang ada di Indonesia, nama Kredit Pintar kerap kian terdengar. Merupakan pinjaman online yang terdaftar di OJK, aplikasi ini bisa memberikan apa yang kalian butuhkan.

Tak hanya mengeluarkan dana secara cepat saja, aplikasi ini juga bisa memberikan bunga rendah yang sangat meringankan beban. Tunggu apa lagi, install Kredit Pintar sekarang.

kredit pintar