Mengatur Keuangan Bulanan Lebih Efektif

19 Mar 2018 by Edwin

Umumnya, setiap pekerja menerima gaji per bulan. Oleh karenanya, rata-rata orang mengatur keuangan bulanan dengan tujuan agar gaji mencukupi untuk kebutuhan selama 1 bulan. Pengaturan ini sangat diperlukan untuk memastikan 3 hal, yaitu:

  1. Mengatur pengeluaran agar tidak terjadi “besar pasak daripada tiang”
  2. Mengatur agar pendapatan bulanan mencukupi untuk keperluan sehari-hari
  3. Memastikan adanya sisa dari gaji bulanan untuk ditabung

Namun sayangnya, walaupun sudah diatur sedemikian rupa, masih kerap ditemukan kasus di mana pendapatan bulanan ternyata tidak mencukupi kebutuhan. Istilah yang kerap digunakan untuk kasus ini adalah “boncos”.

Ada banyak sekali penyebab boncos. Beberapa di antaranya adalah:

  • Ketidakmampuan mengontrol diri dalam berbelanja
  • Seringnya muncul kebutuhan-kebutuhan mendesak seperti biaya berobat
  • Adanya kenaikan harga barang
  • Terjadinya inflasi
  • Dan banyak sebab lainnya.

Oleh sebab itu, dalam menghadapi dan menghindari terjadinya boncos, sangat penting untuk mengatur keuangan bulanan dengan teliti. Untuk membuat pengaturan keuangan yang baik, beberapa tips berikut sekiranya dapat membantu:

  1. Membagi Kebutuhan
    Ada 3 jenis tipe kebutuhan. Primer, sekunder, dan tersier. Cobalah untuk mengontrol diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang anda hanya untuk kebutuhan tersier.Untuk kebutuhan sekunder, anda dapat membaginya menjadi dua. Kebutuhan yang boleh anda penuhi, dan kebutuhan yang dapat dipenuhi di lain waktu saja.

    Beberapa contoh kebutuhan sekunder yang penting untuk dipenuhi antara lain adalah pulsa dan refreshing. Namun tentunya refreshing perlu dikontrol dan diberi budget sehingga biayanya tidak terlalu besar.

    Kebutuhan sekunder yang dapat anda tunda pemenuhannya antara lain adalah membeli pakaian baru, ataupun melakukan hobby.

  2. Mencatat Setiap Pengeluaran
    Ada keuntungan yang sangat besar jika anda mencatat setiap pengeluaran. Keuntungan tersebut adalah anda dapat melihat seberapa besar pengeluaran yang sudah anda lakukan setiap harinya.Saat anda melihat bahwa pengeluaran harian anda melebihi rata-rata pendapatan harian, artinya anda sudah harus memperketat ikat pinggang dan mulai berhemat.
  3. Mencari Pendapatan Tambahan
    Di era teknologi seperti sekarang ini, sudah begitu banyak cara mendapatkan pendapatan tambahan. Beberapa yang popular di antaranya adalah:- Membuka jasa les
    – Ikut dalam armada transportasi online
    – Membuka toko online
    – Membuka warung / bisnis sendiri

Namun acapkali, orang ragu dalam mencari pendapatan tambahan. Terutama ketika harus membuka warung/bisnis sendiri. Penyebabnya adalah modal.

Banyak orang yang merasa tidak memiliki modal yang mencukupi. Takut modal tidak cukup sehingga bisnis mandek dan akhirnya tutup tanpa bisa balik modal.

Hal tersebut sudah tidak berlaku lagi karena di era teknologi seperti sekarang ini, setiap orang dapat memanfaatkan fintech untuk mendapatkan pinjaman modal.

Ya, meminjam uang harus dilakukan secara cerdas dan penuh perhitungan. Dan fintech adalah jawabannya. Ada beberapa alasan mengapa anda harus mendapatkan modal melalui fintech, di antaranya adalah:

  • Proses peminjaman yang mudah dan cepat
  • Bunga yang ringan
  • Dan rentang waktu peminjaman yang fleksibel

Butuh pinjaman uang untuk men-support keadaan finansialmu? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman!

Tunggu apa lagi?

Download aplikasinya di goo.gl/mRNHYg

mobile-closeKredit PintarDownload