Kiat Sukses Membangun Bisnis Sendiri dari Bawah

12 Oct 2021 by Laruan

Siapa yang tak pernah bermimpi memiliki uang dan kekayaan yang melimpah? Setiap manusia normal pasti ingin memiliki harta dan aset yang besar. Salah satu caranya adalah dengan menjadi pebisnis sukses, mapan dan kaya raya. Namun, untuk dapat mencapai mimpi tersebut tak banyak yang mampu berjuang untuk mewujudkannya. Karena sejatinya memang itu bukan hal yang mudah. 

Kiat Sukses Membangun Bisnis Sendiri dari Bawah

Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan ketika memutuskan untuk membangun bisnis sendiri, apalagi jika kita tidak memiliki privilege apapun. Mulai dari persiapan diri seperti ketangguhan mental dan wawasan tentang bisnis yang harus kuat hingga persiapan-persiapan penting lainnya yang tidak sedikit menguras pikiran, waktu dan tenaga. 

Tips menjalankan usaha sendiri

Untuk dapat mulai menjalankan usaha sendiri, ada beberapa kiat yang dapat Sobat Pintar perhatikan seperti berikut ini.

  1. Mantapkan niat

Sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha sendiri ada baiknya Sobat Pintar meluruskan dan memantapkan niat karena untuk dapat menjadi pengusaha hebat Sobat Pintar tidak boleh sekedar coba-coba dan menjalankannya setengah hati.

  1. Rancang model bisnis yang akan dijalankan

Langkah selanjutnya yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah merancang model bisnis yang sesuai dengan keinginan Sobat Pintar tapi tetap memikirkan kebutuhan pasar dengan mencari berbagai informasi mengenai tren bisnis terkini.

  1. Siapkan rencana bisnis yang matang dan utamakan peluang

Orang sukses selalu berfikir kreatif dan pandai memanfaatkan peluang. Begitu juga jika Sobat Pintar ingin menjadi pebisnis sukses maka Sobat Pintar harus pandai melihat peluang di sekitar Sobat Pintar, mulailah bisnis Sobat Pintar dari hal tersebut dan rencanakan strategi bisnis tersebut dengan matang agar dapat berhasil dan diterima masyarakat.

  1. Lebih baik fokus pada satu bisnis dulu

Salah satu kunci membuat bisnis yang sukses adalah dengan fokus dalam mengerjakannya. Lebih baik mengembangkan satu bisnis sebesar-besarnya hingga stabil daripada memaksakan membuka bisnis lainnya.

  1. Siap menghadapi berbagai kemungkinan.

Seorang pebisnis harus memiliki mental yang tangguh dan bernyali besar karena dunia bisnis yang begitu keras. Persaingan begitu ketat dan yang kuatlah yang mampu bertahan. Sehingga diperlukan wawasan  dan analisa bisnis yang cukup untuk mampu menghadapi badai tersebut. Sobat Pintar juga harus bersiap untuk segala keadaan bahkan dalam keadaan terburuk sekalipun.

  1. Mau belajar

Salah satu ciri orang yang sukses adalah selalu terbuka untuk belajar. Belajar dapat dilakukan dimanapun dan dapat diperoleh dari siapapun. Agar bisnis yang kita jalankan dapat berkembang, maka terbukalah untuk menerima kritik dan nasehat dari orang lain yang lebih berpengalaman. Kemudian belajarlah untuk mengevaluasi diri terhadap bisnis yang sedang dilakukan.

  1. Persiapkan modal bisnis

Langkah selanjutnya yang sangat penting dalam menjalankan usaha sendiri adalah mempersiapkan modal bisnis. Pastikan dari mana modal bisnis Sobat Pintar berasal. Apabila modalnya merupakan modal bersama, maka pastikan pembagian dan aturannya dengan membuat perjanjian yang jelas di atas surat agar tidak ada pihak yang dirugikan. 

Jika modal bisnis Sobat Pintar berasal dari pinjaman modal pihak ketiga maka Sobat Pintar dapat menggunakan Kredit Pintar, proses pinjaman jauh lebih mudah dan dana lebih cepat cair langsung ke rekening Sobat Pintar.

  1. Pahami target pasar Sobat Pintar dengan tepat.

Selain dituntut pandai melihat peluang, seorang pebisnis juga harus mampu menganalisa target pasarnya. Produk dengan kualitas premium sekalipun tidak akan mampu bertahan jika tidak memiliki target pasar yang tepat. Oleh karena itu Sobat Pintar dituntut untuk mampu menargetkan produk yang akan Sobat Pintar produksi pada pasarnya sehingga penjualan dapat dipertahankan.

  1. Investasi pada SDM

Sebuah bisnis besar tidak akan dapat dijalankan sendiri, Sobat Pintar butuh orang-orang yang dapat menjalankan bisnis dengan Sobat Pintar secara bersama-sama. Orang-orang kompeten yang memiliki visi yang sama dengan Sobat Pintar. Sehingga SDM yang berkualitas merupakan investasi yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

  1. Jika sudah matang segera lakukan.

Setelah mempersiapkan semuanya dengan baik, maka Sobat Pintar harus segera memulai apa yang telah direncanakan. Meski dirasa sulit, gebrakan pertama akan menentukan langkah selanjutnya. Maka semakin cepat Sobat Pintar memulai makin besar peluang Sobat Pintar untuk sukses. Meskipun akan melewati perjalanan dan perjuangan panjang, yang mungkin akan naik turun, jatuh bangun, dan pasang surut. 

Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

Meskipun memerlukan persiapan yang tidak sedikit, menjalankan usaha sendiri memiliki banyak keuntungan. Diantaranya yaitu:

  1. Kesempatan meningkatkan penghasilan lebih tinggi

Usaha yang dikelola sendiri akan memberikan kesempatan lebih besar dalam memperoleh uang. Sobat Pintar memiliki otoritas penuh untuk mengembangkan bisnis Sobat Pintar dan terus mengumpulkan pundi-pundi uang. Dimana hal seperti tidak akan bisa dilakukan jika Sobat Pintar hanyalah seorang karyawan sebuah perusahaan. Bukankah ini merupakan keuntungan yang menggiurkan? 

  1. Memiliki kebebasan

Seorang karyawan akan sangat patuh dengan peraturan perusahaannya. Ia tidak memiliki kebebasan untuk melakukan tindakan diluar pekerjaannya. Namun jika Sobat Pintar memiliki usaha sendiri, maka Sobat Pintar dapat melakukan apapun sesuai keinginan Sobat Pintar tanpa perlu takut diberhentikan karena Sobat Pintar adalah pemiliknya.

Selain itu, Sobat Pintar juga bebas membuat berbagai kebijakan yang berguna bagi keberlanjutan bisnis Sobat Pintar dan bebas melakukan berbagai inovasi terhadapnya. Sobat Pintar juga memiliki kebebasan dalam menentukan waktu libur dan waktu bekerja. Bahkan Sobat Pintar dapat memilih untuk melakukan pekerjaan dari rumah mengingat semakin majunya teknologi saat ini. Sobat Pintar bebas melakukan bisnis dari manapun Sobat Pintar mau.

Kelebihan lain yang dapat Sobat Pintar rasakan jika Sobat Pintar membangun bisnis sendiri adalah kebebasan berpikir. Sobat Pintar dapat menuangkan ide dan kreativitas Sobat Pintar dalam menjalankan bisnis, sehingga Sobat Pintar akan merasa senang dan puas. Belum lagi jika bisnis yang Sobat Pintar jalankan menemui keberhasilan, Sobat Pintar akan jauh lebih puas.

  1. Keringanan pajak

Pengusaha merupakan aset bangsa, sehingga banyak negara yang mendorong warganya agar mau menjadi pebisnis. Salah satunya caranya yaitu dengan meringankan pajak bagi pemilik usaha yang diatur dengan perundang-undangan. Hal ini tentu menguntungkan para pebisnis mengingat bilangan pajak yang cukup besar.

Kerugian Membangun Bisnis Sendiri

  1. Masalah keuangan

Kerugian pertama yang biasanya dialami pebisnis pemula adalah kehabisan modal. Karena dana yang diperlukan untuk memulai bisnis memang bukanlah angka yang kecil. Sehingga tidak sedikit pebisnis yang akhirnya mengambil pinjaman modal agar tetap dapat melanjutkan bisnisnya. Kabar baiknya, saat ini telah tersedia  kredit pintar bagi pebisnis yang ingin mendapatkan tambahan modal. Dimana dana pinjaman dapat cair dengan cepat dan dengan syarat yang mudah.

  1. Meningkatkan stress

Menjalankan usaha sendiri berarti bertanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan usaha tersebut. Belum lagi tekanan yang diterima selama menjalankan peran sebagai pemimpin bisnis. Risiko stress akibat banyaknya tanggung jawab yang harus diselesaikan adalah lumrah terjadi.

  1. Waktu yang sempit.

Kerugian selanjutnya yang mungkin dialami para pebisnis adalah kurangnya waktu luang dan waktu bersantai. Apalagi jika bisnis yang kita kelola sudah besar. 

  1. Bersiap dengan hal yang tak terduga

Banyak sekali hal-hal baru yang tidak terduga yang mungkin dapat mengancam usaha Sobat Pintar. Contohnya saja yang baru-baru ini terjadi, wabah virus, dimana keberadaannya dapat  membuat bisnis Sobat Pintar memiliki kekurangan besar bahkan dapat berhenti total.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload