10+ Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

06 Jan 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 17 May 2022

Bukan lagi rahasia jika sebuah pusat kota seringkali terpilih sebagai tempat untuk mengembangkan usaha karena tipe masyarakatnya yang beragam. Namun, alih-alih memilih kota untuk membuka usaha, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar mau mencoba membuka usaha sampingan di desa.

Peluang usaha rumahan di desa punya potensi besar untuk berkembang karena umumnya orang-orang di desa punya relasi yang kuat satu sama lain sehingga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi kumpulan pelanggan setia dari suatu toko/warung yang dimiliki oleh masyarakat dalam suatu daerah di desa.  

Baca juga: 9 Ide Usaha yang Menjanjikan, Bisa dengan Modal Kecil

Terdengar menarik, ya? Temukan berbagai keuntungan dan rekomendasi memulai usaha sampingan di desa. Selengkapnya, dalam artikel ini. 

Keuntungan Membuka Usaha di Desa

usaha sampingan di desa

Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memulai usaha di kampung.

1. Masyarakat pedesaan cenderung berlangganan di toko milik tetangga

Dengan keakraban yang dimiliki masyarakat di desa, penduduk desa cenderung punya kepercayaan tinggi pada masyarakat yang masih tinggal di kampung yang sama. Sehingga, bukan tidak mungkin jasa/produk yang dijual oleh Sobat Pintar di desa bisa mendapatkan pelanggan tetap dari warga sekitar. 

2. Dibandingkan perkotaan, variasi usaha di kampung dinilai kurang beragam

Seringkali, penduduk desa harus pergi ke pusat kota untuk memenuhi kebutuhan barang maupun jasa yang tidak bisa didapatkan di desa. Nah, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar mulai memperhatikan macam-macam kebutuhan barang/jasa yang sulit didapatkan di desa untuk dijadikan sebagai peluang usaha rumahan di desa.

3. Masyarakat desa tidak mau repot-repot mencari barang/jasa hingga ke perkotaan

Bagi beberapa masyarakat pedesaan, pergi ke kota untuk sekedar mencari barang/jasa terasa melelahkan karena jarak dan waktu tempuh yang lama. Jangan lewatkan kesempatan dan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan di desa.

10+ Rekomendasi Usaha di Desa yang Menguntungkan

Banyak artikel di website lain yang membagikan puluhan rekomendasi usaha di desa, tapi apakah rekomendasi tersebut menguntungkan? Di artikel ini, Sobat Pintar bisa dapatkan 10+ rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan dengan potensi untung besar.

1. Membuka jasa tour guide dan lahan parkir

Belakangan ini, banyak desa yang ditunjuk sebagai desa wisata karena keindahan alam, kerajinan khas, atau bahkan desa yang berlokasi dekat dengan situs sejarah.Dengan adanya desa wisata, Sobat Pintar bisa menyediakan jasa tour guide untuk mendampingi wisatawan agar bisa menikmati agenda wisata yang menyenangkan. 

Sobat Pintar juga bisa menyediakan lahan parkir berbayar yang terletak lebih dekat dari situs wisata agar wisatawan tidak kesulitan mencari lahan parkir.

2. Menyewakan penginapan dengan harga terjangkau

Peluang usaha di kampung yang satu ini juga sangat cocok dikembangkan di daerah desa wisata. Sebagai contohnya, ada banyak pemilik rumah yang menyewakan kamar maupun rumahnya sebagai penginapan bagi wisatawan Candi Prambanan (Klaten, Jawa Tengah). Harga penginapan yang ditawarkan pun sangat terjangkau dengan kisaran mulai dari Rp 100.00,-.

usaha di kampung

Baca juga: 7 Ide Usaha Sampingan Menjanjikan saat Pandemi

3. Kios bensin

Mencari pom bensin di daerah pedesaan tidak semudah di daerah perkotaan. Padahal kehabisan bensin bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, termasuk saat melintasi desa. Dari pengalaman tersebut, usaha kios bensin terdengar jadi rekomendasi usaha yang menguntungkan, kan?

4. Jasa rias pengantin 

Mencari rias pengantin adalah salah satu tugas calon mempelai yang cukup melelahkan. Pasalnya, banyak orang yang menyelenggarakan pernikahan di akhir pekan sehingga calon mempelai susah mendapatkan rias pengantin yang cocok. Selain itu akan lebih repot jika mereka harus mencarinya hingga ke pusat kota. Jadi, rasanya sayang sekali jika Sobat Pintar melewatkan kesempatan untuk membuka usaha jasa rias pengantin di desa. 

5. Jual pakaian

Pakaian adalah salah satu kebutuhan manusia maka jual pakaian bisa jadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Usaha jual pakaian bisa dimulai dengan menyediakan berbagai pilihan daster yang nyaman dikenakan. Jika barang ini terbukti punya banyak peminat, tidak ada salahnya untuk menambah lebih banyak pilihan pakaian.

peluang usaha rumahan di desa

6. Sewa alat pesta dan sound system

Tempat persewaan alat pesta dan sound system kerap kali ditemukan di daerah perkotaan. Namun, jika warga desa bisa menyewa alat pesta dan sound system milik tetangganya, kenapa tidak? Justru, inilah yang dicari warga desa agar mereka tidak usah repot pergi ke tengah kota.

7. Jual bahan bangunan

Permasalahan pembelian bahan bangunan yang dialami oleh pembeli yang tinggal di desa adalah biaya angkut dan kirim yang cukup tinggi. Jika ada toko bahan bangunan di sekitar desa, toko bangunan tersebut berpotensi punya banyak pelanggan dari daerah sekitar.

8. Sewa mainan anak

Jumlah kasus COVID-19 yang tidak bisa diprediksi kerap membuat orang tua ketakutan membawa anak-anak untuk bermain di luar. Untuk menyikapi hal ini, banyak masyarakat yang memulai usaha sewa mainan anak. Meskipun jenis usaha ini kerap ditemui di perkotaan, tapi tidak ada salahnya jika Sobat Pintar memilih persewaan mainan anak sebagai ide usaha di kampung.

9. Jual pakaian dan kebutuhan bayi

Toko pakaian dan kebutuhan bayi, jelas bisa ditemukan dengan mudah di tengah kota, namun tidak mudah ditemukan di desa. Dengan adanya peluang tersebut, membuka toko kebutuhan bayi bisa jadi pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

10. Studio cetak foto untuk berbagai keperluan

Jasa fotografi untuk berbagai keperluan, cukup sulit ditemukan di desa. Jadi, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar mencoba peruntungan membuka usaha studio foto untuk berbagai keperluan dan jasa cetak foto yang biasanya dibutuhkan untuk dokumen penting.

11. Toko elektronik

Sebenarnya toko elektronik bisa ditemukan dengan cukup mudah di pedesaan, namun umumnya terlihat sebagai toko alat-alat listrik yang hanya menjual perlengkapan kelistrikan rumah tangga. Dengan membuka usaha toko elektronik yang menjual kulkas, rice cooker, dispenser, dan alat elektronik lainnya, Sobat Pintar punya kesempatan meraih untung dengan mewujudkannya sebagai usaha sampingan di desa.

Baca juga: Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

12. Sewa gudang untuk penyimpanan barang

Ide usaha sampingan di desa yang satu ini cocok diterapkan untuk desa yang terletak dekat daerah industri. Umumnya, akan ada sebuah siklus dimana barang hasil produksi tidak lekas terjual sehingga memenuhi kapasitas gudang penyimpanan suatu pabrik. Sementara itu, biaya sewa gudang di daerah industri terbilang cukup mahal. Jadi, ada kesempatan bagi Sobat Pintar untuk menawarkan sewa gudang dengan harga lebih terjangkau untuk menjalankan usaha sampingan di desa.

Itulah berbagai rekomendasi usaha sampingan yang menguntungkan untuk dicoba di desa.  Jika Sobat pintar membutuhkan tambahan modal untuk membangun usaha, tenang saja, ada Kredit Pintar yang bisa selalu kamu andalkan agar kita semua dapat #PintarBersamaCariCuan. Dapatkan pinjaman dana tunai hingga Rp20 juta yang pencairannya hanya membutuhkan waktu 10 menit saja. Yuk, segera download aplikasinya dan ajukan pinjaman kamu di sini!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

17 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download