9 Ide Usaha yang Menjanjikan, Bisa dengan Modal Kecil

29 Oct 2021 by Laruan

Memiliki usaha yang menjanjikan dari rumah adalah salah satu hal yang tidak asing lagi di masa kini. Selain menambah penghasilan tambahan untuk diri sendiri, juga bisa menjadi lapangan kerja bagi orang lain. Modalnya tidak melulu soal uang, tetapi ketekunan, inovasi, ketelitian, serta kesabaran. Karena tidak ada kesuksesan yang prosesnya instan.

9 Ide Usaha yang Menjanjikan, Bisa dengan Modal Kecil

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, proses transaksi dalam bisnis rumahan pun makin dimudahkan. Anda tidak hanya bisa menjangkau pelanggan secara face-to-face, tetapi juga melalui sistem belanja online dan iklan-iklan di media sosial. Di luar paket internet yang digunakan, Anda hanya perlu mengeluarkan modal yang kecil atau bahkan hampir nol rupiah.

Mudah, bukan? Anda tinggal memikirkan ide usaha rumahan apa yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil, tetapi prospeknya menjanjikan. Kalau masih bingung, Anda bisa mendapat inspirasi beberapa ide usaha yang menjanjikan dengan modal kecil berikut.

1. Bisnis Camilan Atau Makanan Ringan 

Semua orang suka cemilan, bahkan seseorang yang sedang berdiet pun pasti masih mencari alternatif camilan yang sehat. Karena itulah, ide usaha rumahan yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan, apalagi kalau modal yang dimiliki masih kecil-kecilan.

Anda juga tidak perlu menunggu untuk jago masak dulu demi mencoba ide usaha yang satu ini karena proses pembuatan makanan ringan tidak rumit. Hanya pintar-pintar dalam mengkreasikan produk makanan ringan buatan Anda dan mengemasnya dengan menarik. Mengikuti tren yang sedang laris saat ini juga sangat diperbolehkan, asal tidak lupa untuk menonjolkan kualitas yang membedakan antara produk Anda dengan produk sejenis.

2. Jasa Laundry Kiloan juga Termasuk Usaha yang Menjanjikan

Jasa laundry kiloan punya prospek yang cerah sebagai usaha yang menjanjikan meskipun dirintis dengan modal kecil. Apalagi kalau Anda tinggal di lingkungan urban yang penduduknya cenderung punya mobilitas tinggi. Anda bisa melihat keadaan ini sebagai peluang untuk menarik pelanggan ke usaha laundry kiloan.

Karena Anda membuka usaha ini di rumah, ada kemungkinan lokasinya yang kurang strategis akan menyulitkan pelanggan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa sekaligus menawarkan jasa antar-jemput pakaian yang akan dicuci. Kamu juga harus menentukan harga yang sesuai dengan di pasaran. Jangan sampai terlalu mahal atau malah kemurahan.

3. Jasa Penjahit Pakaian juga Akan Selalu Dicari 

Pakaian adalah kebutuhan primer bagi makhluk bernama manusia. Jadi, selama manusia masih ada, maka jasa-jasa yang berhubungan dengan pengadaan pakaian pun pasti akan selalu dicari. Begitu pula dengan jasa penjahit pakaian. Memang perkembangan teknologi membuat proses pembuatan pakaian bisa dilakukan oleh mesin. Namun, bukan berarti jasa penjahit manual menjadi tidak laku.

Jasa penjahit pakaian masih akan dicari karena pakaian-pakaian industri yang diproduksi oleh mesin itu dibuat dengan ukuran standar. Padahal, pada kenyataannya, banyak orang yang memiliki ukuran tubuh di luar standar tersebut. Selain itu, pakaian industri yang diproduksi secara massal itu terkadang tidak sesuai dengan selera dan dress-code tertentu yang diinginkan oleh pemakainya. Karena itulah, jasa penjahit pakaian masih jadi usaha yang menjanjikan jika dijadikan sebagai ide usaha rumahan.

4. Jasa Servis Reparasi Barang-Barang Elektronik 

Semua orang di muka bumi bisa mengoperasikan benda-benda elektronik, tetapi belum tentu bisa memperbaikinya saat terjadi kerusakan. Itulah alasan yang membuat bisnis layanan perbaikan ini juga sangat menjanjikan. Anda bisa melakukannya dengan modal yang kecil di mana pun, termasuk di rumah.

Anda bisa menawarkan jasa reparasi untuk barang-barang eletronik tertentu yang sesuai dengan kemampuan Anda. Entah itu servis TV, LCD, lemari es, mesin cuci, AC, kipas angin, atau bahkan servis handphone. Modal untuk membuka ide usaha rumahan ini juga bisa dibilang kecil karena modal utama yang diperlukan hanyalah kemampuan untuk mengutak-atik mesin dan membuatnya kembali berfungsi normal. Untuk peralatan reparasi, Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan modal senilai 4 hingga 5 jutaan.

5. Jasa Cuci Motor dan Mobil dari Rumah 

Mobilitas yang tinggi di luar rumah cenderung membuat para pengguna kendaraan pribadi enggan mencuci kendaraannya sendiri. Mereka lebih memilih membayar orang lain untuk melakukan tugas bersih-bersih itu daripada mengorbankan waktu istirahat mereka yang memang tidak seberapa itu. Peluang inilah yang membuat jasa cuci motor dan mobil bisa menjadi ide usaha rumahan dengan modal kecil, tetapi prospeknya menjanjikan.

Anda tidak perlu punya keahlian khusus untuk bisa membuka usaha rumahan yang satu ini. Cukup ketahui caranya mencuci bagian-bagian motor dan mobil dengan benar. Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar karena Anda bisa menjadikan rumah sebagai lokasi usaha. Peralatan dasar yang dibutuhkan seperti peralatan cuci, kompressor, drum, selang, hingga sampo motor juga tidak akan membuat Anda mengeluarkan lebih dari 5 juta.

6. Budidaya Ikan Hias Bisa Menjadi Sarana Melepas Stres 

Kalau kamu jeli, Anda pasti tahu bahwa memelihara ikan hias merupakan salah satu hobi yang cukup populer di Indonesia. Kelihatannya sepele, tetapi bagi para pecinta ikan hias, hobi ini bisa menjadi sesuatu yang membuat mereka rela merogoh kantong lebih dalam.

Agar usaha Anda laris, kamu bisa menargetkan konsumen dari kalangan menengah ke bawah. Untuk kategori konsumen tersebut, Anda bisa menjual ikan hias yang hidup di air tawar seperti ikan cupang dan ikan koki. Selain bisa menjaring konsumen yang lebih luas, perawatan untuk ikan hias jenis ini cenderung lebih mudah.

7. Jasa Desain Grafis Juga Menjadi Usaha yang Menjanjikan

Anda bisa menargetkan pasar tertentu sebelum menawarkan jasa yang satu ini. Ahli desain grafis bisa menghasilkan banyak produk, misalnya kemasan produk, desain web, hingga membuka jasa periklanan. Setelah Anda menentukan produk yang akan menjadi fokus usahamu, Anda akan lebih memilih target pasar. Jangan lupa untuk melakukan banyak riset tentang tren di dunia pemasaran dan harga yang ditawarkan oleh pesaing dengan produk jasa yang sejenis.

9 Ide Usaha yang Menjanjikan, Bisa dengan Modal Kecil

8. Buka Tempat Kursus Memasak di Rumah

Memasak memang sudah menjadi salah satu skill wajib bagi semua orang. Namun, tingkat keahlian tiap-tiap individu tentu berbeda. Kalau Anda termasuk orang yang memiliki jam terbang yang tinggi di dunia masak-memasak, boleh mencoba ide usaha rumahan bermodal kecil yang satu ini. Kuncinya, Anda harus punya sertifikasi memasak terlebih dahulu. Untuk ruangan praktek dan peralatan masak yang dibutuhkan, Anda bisa menyiasatinya agar tidak perlu terlalu banyak menghabiskan modal.

9. Barbershop untuk yang Punya Keahlian Memangkas Rambut

Untuk memulai ide usaha rumahan yang satu ini, Anda hanya perlu mengeluarkan bujet dalam kisaran 3 jutaan. Usaha ini bisa direalisasikan dengan modal yang kecil karena Anda tidak perlu menghabiskan biaya untuk menyewa tempat. Anda hanya perlu menyediakan peralatan pangkas rambut, kursi, serta cermin besar. Nantinya, kalau bisnis makin ramai, Anda bisa menambahkan barang-barang lain seperti meja rias, kursi tunggu, hingga AC untuk membuat pengunjung makin nyaman. Bukan tidak mungkin pengunjung yang puas tersebut akan menjadi pelanggan tetap di tempat milik Anda.

Itulah deretan ide usaha yang menjanjikan yang bisa Anda coba dari rumah, sesuai dengan minat dan kemampuan. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload