Mengenal Payroll dan 5 Manfaat Bagi Pengusaha dan Pekerja

21 Jul 2021 by Laruan

Payroll merupakan sistem penggajian yang dilakukan perusahaan atau pemberi kerja kepada karyawannya dalam jangka waktu tertentu.  Sistem penggajian tersebut dikatakan sebagai sistem penggajian modern. Bagian HR merasakan kemudahan dari diterapkannya sistem payroll di perusahaan. Adanya  hal ini bisa mengefisienkan proses pembayaran karyawan yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan. 

Mengenal Payroll dan 5 Manfaat Bagi Pemberi Kerja dan Penerima Gaji

Di dalam sistem payroll, karyawan bisa tahu rincian dari setiap gaji yang diterima. Misalnya, uang lembur, uang makan, tunjangan transportasi, potongan pajak, dan BPJS. Aplikasi sistem penggajian tersebut biasanya otomatis terintegrasi dengan sistem absensi dan cuti karyawan, sehingga setiap karyawan akan secara otomatis mendapat potongan gaji apabila tidak masuk kerja. Biasanya dengan sistem penggajian tersebut, gaji didapatkan sekitar tanggal 23-27.

Manfaat payroll

  1. Adanya transparansi

Manfaat pertama adalah mengetahui dengan detail apa yang didapatkan. Setiap bulan karyawan akan mendapat gaji beserta keterangan dari gaji yang didapatkan. Sistem penggajian tersebut memberikan gambaran yang lebih jelas kepada karyawan mengenai berapa persentase potongan pajak dan BPJS serta gaji bersih yang diterima setiap bulannya. Selain itu, sistem pembayaran dengan sistem penggajian tersebut memudahkan karyawan dalam mengetahui slip gaji. 

  1. Efisiensi waktu

Menggunakan sistem pembayaran tersebut, HR dapat menghemat waktu. Keunggulan efisiensi waktu ini dapat membantu perusahaan dalam membuat laporan gaji per bulan bagi karyawan. Sistem penggajian tersebut menyediakan beragam fitur yang memudahkan dalam proses penggajian. 

  1. Data tersimpan secara aman

Keunggulan yang didapatkan selanjutnya adalah keamanan data para karyawan. Jika Sobat Pintar berwenang untuk mengatur sistem penggajian yang digunakan perusahaan, Sobat Pintar dengan mudah bisa mengedit data secara otomatis. Sistem penggajian tersebut adalah salah satu aplikasi yang dioperasikan oleh sistem, maka akan memudahkan perusahaan dalam prosesnya.

  1. Bebas akses

Fitur-fitur pada sistem penggajian tersebut bisa juga diakses oleh karyawan. Fitur ini juga memungkinkan karyawan yang ingin mengajukan sesuatu secara otomatis tanpa harus membuat surat permohonan kepada dulu ke HRD. Penyimpanan berbasis cloud bisa diakses siapapun, kapanpun dan dimanapun.

  1. Formulir pajak

Manfaat selain tentang penggajian, sistem penggajian tersebut bisa membuat suatu formulir pajak yang diperlukan pihak perusahaan dan pihak karyawan. Kedepannya, formulir pajak bisa dikirim atau dicetak pada pihak yang berkepentingan. Jadi, karyawan tidak perlu bingung lagi tentang formulir pajak.

Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji

Jika Sobat Pintar merupakan seorang karyawan, hak Sobat Pintar adalah mengetahui gaji dan komponennya. Perusahaan perlu memberikan rincian terhadap jumlah gaji yang tiap karyawan dapatkan. Apa saja komponennya?.

  1. Kehadiran

Sudah pasti, gaji yang Sobat Pintar dapatkan dipengaruhi oleh kehadiran Sobat Pintar di kantor. Jika Sobat Pintar absen, otomatis sistem pada sistem penggajian tersebut akan memotong gaji Sobat Pintar. Namun, hal tersebut tergantung pada kebijakan tiap perusahaan.

  1. Uang hasil lembur

Pekerjaan yang dikerjakan di luar jam kerja adalah lembur. Seseorang yang lembur akan diberikan uang tambahan sesuai waktu lemburnya. Jika Sobat Pintar lembur, pastikan perusahaan memerikan gaji yang sepadan dengan pekerjaan Sobat Pintar.

  1. Bonus

Karyawan yang mendapat bonus dari hasil penjualan atau jika mencapai target, akan diberikan uang tambahan oleh perusahaan. Bonus akan masuk sistem sistem penggajian tersebut, besarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Denda

Jika bonus akan diberikan pada karyawan yang berkinerja baik, maka denda akan diberikan kepada yang berkinerja buruk. Apabila seorang karyawan melakukan kesalahan pada perusahaan maka akan dikenakan denda, jelas gaji bulanan akan dipotong otomatis oleh sistem penggajian tersebut.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload