Contoh Slip Gaji Karyawan untuk Berbagai Keperluan

03 Sep 2021 by Rindang Maulidia

Contoh slip gaji yang sering dipakai untuk berbagai perusahaan. Sebagai pihak yang menjadi pemberi upah, penting bagi perusahaan untuk menyediakan slip gaji bagi karyawannya. Slip gaji merupakan sebuah bukti bahwa perusahaan telah menuntaskan kewajibannya untuk membayarkan gaji kepada karyawannya dalam suatu periode yang ditetapkan. 

contoh slip gaji karyawan

Slip gaji memuat berbagai informasi yang berisi nama karyawan, jabatan dalam perusahaan, nominal gaji yang dibayarkan, nominal tunjangan dan bentuk pemberiannya, serta perhitungan gaji dan tunjangan. Dengan adanya slip gaji, karyawan bisa mengetahui perhitungan gaji dan benefit yang diterima. Selain itu, karyawan berhak untuk menuntut pihak pemberi upah apabila gaji yang diterima dalam suatu periode tidak sesuai dengan yang tertulis dalam slip gaji.

Selain itu, karyawan juga membutuhkan slip gaji untuk mengajukan cicilan jangka panjang untuk pembelian rumah maupun kendaraan. Slip gaji juga diperlukan apabila seorang karyawan hendak meneruskan karirnya di perusahaan lain. Biasanya, pembuatan slip gaji dikerjakan oleh departemen SDM. Untuk itu, penting bagi karyawan dari departemen tersebut untuk mengetahui contoh slip gaji karyawan dan mengetahui apa saja yang harus dimuat dalam pembuatan slip gaji karyawan. 

Inilah Daftar Fintech Resmi Terbaru dari OJK 2021, Simak Agar Kamu Terhindar dari Penipuan FIntech Ilegal!

Hal Yang Harus Dicantumkan Dalam Pembuatan Slip Gaji Karyawan

1. Nama dan logo perusahaan pemberi gaji

Nama dan logo perusahaan pemberi gaji adalah hal yang cukup krusial untuk dimuat dalam slip gaji karyawan.

Dengan mengetahui nama dan logo perusahaan, karyawan bisa memastikan bahwa perusahaan tempat mereka bekerja adalah perusahaan yang bertanggungjawab secara hukum.

Biasanya nama dan logo perusahaan akan dicantumkan dalam bentuk kop surat, dalam lembaran slip gaji.

Adapun yang tertulis di dalam kop surat tersebut antara lain berupa; nama perusahaan, logo perusahaan, alamat, serta nomor telepon perusahaan.

2. Periode gaji

Periode gaji adalah sebuah keterangan dalam slip gaji karyawan yang menyatakan pada bulan dan tanggal berapakah, gaji diterima oleh karyawan yang bersangkutan.

Dengan adanya periode gaji yang tercantum dalam slip gaji, perusahaan dapat menghindari kemungkinan slip gaji yang tertukar dengan periode sebelumnya.

Di sisi lain, karyawan juga dapat mengoreksi dengan lebih mudah apabila jumlah dan rincian gaji tidak sesuai dengan yang seharusnya diterima.

3. Identitas gaji karyawan

Slip gaji bersifat rahasia, sehingga penting bagi pembuat slip gaji untuk mencantumkan identitas karyawan, seperti departemen kerja, Nomor Induk Karyawan, serta nama lengkap karyawan.

Dengan begitu, pembuat slip gaji bisa mengurangi kemungkinan slip gaji seorang karyawan tertukar dengan individu lainnya.

Hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk menjaga identitas pribadi karyawan.

4. Nominal gaji dan informasi pajak

Nominal gaji adalah total gaji yang diterima per bulan.

Dalam nominal gaji, perusahaan wajib mencantumkan gaji pokok yang diterimakan, insentif yang diberikan untuk karyawan, uang lembur, iuran BPJS, dan nominal bonus.

Setelah mendapatkan rincian seputar nominalnya, perusahaan juga bisa menampilkan informasi pajak berdasarkan gaji yang diterima per bulannya.

Dengan begitu, pasti akan terlihat selisih gaji pokok yang diterima dengan nominal gaji yang tertera dalam slip gaji.

Untuk menghindari kesalahpahaman yang diakibatkan oleh adanya selisih tersebut, maka penting bagi pembuat slip gaji untuk mencantumkan nominal gaji dan informasi pajak masing-masing karyawan.

Contoh Slip Gaji Karyawan Dalam Bentuk Template dan Cara Pembuatannya

Bagaimana kita bisa membuat slip gaji karyawan dengan format yang benar?

Mudah saja! Sobat Pintar bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word maupun Microsoft Excel untuk membuat slip gaji karyawan dengan berbagai tips berikut.

1. Membuat slip gaji dengan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan software yang digunakan untuk pembuatan dokumen berbasis teks. 

Dengan Microsoft Word, Sobat Pintar bisa mengatur berbagai teks yang disertakan dalam sebuah slip gaji. 

Selain itu, akan ada fitur header and footer yang akan memudahkan Sobat Pintar untuk melampirkan informasi perusahaan secara lebih cepat dan lebih rapi.

Selain itu, ada juga fitur mail merge yang akan memudahkan Sobat Pintar untuk memberikan label rincian penerima slip gaji yang dapat menghindari resiko tertukarnya slip gaji.

2. Membuat slip gaji dengan Microsoft Excel

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa membuat slip gaji Excel dengan mudah.

Adanya berbagai fitur dalam Microsoft Excel, Sobat Pintar bisa memasukkan berbagai rumus yang dibuat untuk memudahkan perhitungan gaji karyawan.

Sebagai software yang berfungsi untuk mengolah database, tentunya akan sangat disarankan apabila Sobat Pintar membuat slip gaji dengan Microsoft Excel.

Agar lebih mudah membuat lembar slip gaji, berikut adalah template yang bisa Sobat Pintar gunakan dan disesuaikan menurut kebutuhan.

contoh slip gaji

Itulah berbagai hal yang harus dicantumkan dan contoh slip gaji karyawan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Hari gajian memang hari yang menyenangkan bagi setiap individu, namun bagaimana jadinya apabila ada suatu kebutuhan mendesak yang terlanjur tidak dianggarkan setelah gaji yang diterima sudah habis dianggarkan untuk berbagai kebutuhan?

Mudah saja! Sobat Pintar bisa andalkan Kredit Pintar untuk segala kebutuhan mendadak.

Dapatkan pinjaman tunai cepat cair dengan proses mudah hanya di aplikasi Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

Semoga membantu!

Ramaikan Semarak Shopee 9.9 2021 Dengan Tips Berikut Ini!

mobile-closeKredit PintarDownload