Ini Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

20 May 2022 by Laruan, Last edit: 29 May 2022

Siapapun yang bekerja dalam sebuah perusahaan sudah pasti ingin mendapatkan gaji yang besar. Tapi, ternyata tidak semua pekerjaan bisa memperoleh gaji tinggi. Ada beberapa pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang mungkin bisa jadi referensi untuk Anda yang sedang menata karir. Apa saja jenis pekerjaannya? Ikuti terus ulasannya berikut ini. 

Baca juga: Tips Menabung 5 Juta Setahun, Caranya Gampang! | Kredit Pintar

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia 

Mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi memang impian banyak orang. Hanya saja, tidak semua karir yang ada di Indonesia mampu memberikan gaji tinggi. Kecuali jika Anda memilih pekerjaan berikut ini: 

C-Suite 

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang pertama adalah C-Suite. Kalau Anda sering mendengar kata CEO, CFO atau COO, maka itulah jajaran pekerjaan C-Suite. Ketiga pekerjaan ini adalah eksekutif atau petinggi sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan yang sudah dikenal atau besar yang memiliki ketiga posisi tersebut. 

Mau tahu berapa gajinya? Sekitar 150 juta rupiah hingga 250 juta rupiah. Tentu saja besaran gaji tersebut sebanding dengan risiko pekerjaan yang mereka lakukan. Menjadi seorang C-Suite tidaklah mudah karena sama saja dengan mengelola perusahaan secara keseluruhan. Tidak heran orang–orang yang berada di posisi ini dipilih dengan sangat teliti.

Mulai dari dedikasi, kinerja, prestasi dan lain sebagainya. Bahkan untuk mencapai posisi ini pun harus berjuang dengan keras. Apalagi pemilihannya tergantung juga dari keputusan pemilik saham. Maka daripada itu, tidak heran jika seorang C-Suite bisa mendapatkan gaji yang sangat tinggi. 

Risk Director 

Mungkin sebagian dari Anda juga tidak begitu mengenal pekerjaan yang satu ini. Risk Director  sendiri memegang peranan penting dalam sebuah industri, terutama jasa keuangan. Hal tersebut tidak lepas dari perkembangan bisnis yang sekarang lebih memilih melakukan operasi perusahaan menjadi online. 

Dimana ada risk management yang cukup tinggi, termasuk dalam financial risk, compliance risk hingga strategic risk. Semuanya tentu saja menjadi fokus perusahaan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka tidak heran apabila seorang risk director mendapatkan gaji yang sangat tinggi, yaitu 180 juta rupiah dalam satu bulannya. 

Masih tetap sebanding dengan pekerjaan yang mereka emban. Karena jika tidak memahami tentang kesulitan membaca risiko dari setiap strategi yang dijalankan, maka bisa jadi perusahaan akan habis dalam sekejap. Inilah yang menjadi alasan kenapa risk director memperoleh gaji besar. 

Country Sales Manager 

Pada sektor industri sendiri terdapat posisi yang bernama Country Sales manager, dimana biasanya perusahaan ritel membutuhkan tenaga ahli pada bagian ini. Tugasnya yang paling utama adalah memimpin sebuah tim penjualan perusahaan hingga sukses. Sehingga perusahaan pun bisa memberikan kompensasi yang besar akan kerja dari Country Sales Manager. 

Pekerjaan yang satu ini sendiri mampu mendapatkan gaji hingga 175 juta rupiah per bulannya. Dimana angka tersebut tentu saja lebih besar ketimbang industri lainnya. Meski dalam kondisi pandemi pun, industri ritel tetap bertahan karena memang menjual kebutuhan dari masyarakat di Indonesia. 

Mengingat bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, maka tidak heran jika distribusi ritel sendiri tetap dalam keadaan stabil. Dengan kemampuan Country Manager Sales memasarkan produk hingga pelosok, maka sudah terlihat jelas bahwa tidak mudah menjalankan pekerjaan yang satu ini. 

Vice President yang Berhubungan Dengan Pemerintah 

Sering disebut juga dengan posisi Vice President, Government Relations adalah pekerjaan sebuah presiden direktur yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan serta kebijakan perusahaan, dimana ia bertanggung penuh kepada pemilik perusahaan. Tidak hanya itu saja, kebijakan serta keputusan yang ia ambil pun berhubungan dengan pemerintah. 

Biasanya seorang Vice President, Government Relations akan menjadi penghubung antara perusahaan dengan perusahaan pemerintah, yaitu BUMN. Kerjasama antara perusahaan dengan BUMN ini akan berkaitan erat dengan Vice President, Government Relations. Sehingga tidak heran jika gajinya mencapai 170 juta rupiah per bulannya. Untuk wanita di Indonesia pun cocok mengemban pekerjaan ini. 

Karena memang tanggungan pekerjaan yang diemban oleh Vice President, Government Relations sangatlah tinggi. Sehingga tidak dapat dipungkiri orang yang memegang pekerjaan ini sangat berkompeten untuk selalu berhubungan dengan perusahaan pemerintah. 

Baca juga: https://www.kreditpintar.com/education/customer-relationship 

Head of Corporate Strategy 

Pekerjaan yang satu ini sendiri juga tidak dapat diremehkan dalam urusan gaji. Seseorang yang memegang jabatan sebagai Head of Corporate Strategy terlebih dalam bisnis dan jasa finansial mampu mendapatkan gaji hingga mencapai 150 juta rupiah dalam sebulan. Tugas dari Head of Corporate Strategy tidaklah mudah. 

Karena ia harus memikirkan strategi untuk bisa memimpin agar bisnis bisa mencapai puncak dan terus berkelanjutan. Sehingga seorang Head of Corporate Strategy sendiri harus bisa membaca dengan jeli peluang. Karena jika tidak, maka strategi yang diterapkan bisa jadi tidak berhasil dan mengacaukan seluruh bisnis. 

Project Director 

Pada sebuah perusahaan project director sendiri memiliki peranan sangat penting. Tugas utama seorang project director adalah membuat rekayasa proyek yang nantinya akan dilaksanakan dalam waktu yang sudah disepakati. Tentu saja, ia harus bertanggung jawab dengan proyek yang akan dilangsungkan. 

Karena project director harus bisa membaca akan isu yang berkaitan dengan biaya, pajak, efisiensi proyek dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran jika profesi ini mampu mendapatkan gaji sekitar 150 juta rupiah per bulannya. 

Technical Director 

Pekerjaan yang satu ini sendiri termasuk memiliki tanggung jawab yang sangat tinggi. Karena ia mengemban tugas segala macam hal yang berhubungan dengan teknikal. Misalnya dalam industri konstruksi yang memang benar-benar harus memperhatikan keselamatan tinggi. 

Tanpa adanya Technical Director bisa jadi banyak sekali hal yang tidak sesuai dengan rencana pembangunan dan mampu menyebabkan kecelakaan. Maka daripada itu, seorang technical director biasanya akan digaji hingga mencapai Rp. 150 juta rupiah per bulannya, terlebih untuk yang profesi insinyur. 

Marketing Director 

Bagi Anda yang bergerak dalam dunia marketing, pasti sangat tahu bagaimana beratnya menjalankan sebuah marketing. Karena tanpa marketing, bisnis sudah pasti tidak akan berjalan dengan baik dan tidak akan ada penjualan yang terjadi. Seorang marketing director sendiri akan membuat strategi pemasaran agar bisa meningkatkan penjualan. 

Bagi beberapa sektor industri seperti property, seorang marketing director mampu mendapatkan gaji lebih dari 130 juta. Mengingat pada sektor ini sendiri memiliki nilai jual tinggi. Sehingga strategi pemasaran pun harus tepat agar property bisa terjual. Tentu saja dibutuhkan pengalaman yang sangat tinggi jika ingin mendapatkan pekerjaan yang satu ini. 

Demikianlah pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang memang memiliki peranan sangat penting bagi sebuah perusahaan bahkan perekonomian rakyat. Karena mereka selalu memikirkan bagaimana memberikan produk serta layanan terbaik agar perusahaan dan bisnis bisa berjalan dengan baik. 

Baca juga: https://www.kreditpintar.com/education/negara-terkaya-di-dunia 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download