7 Rekomendasi Situs Freelance Untuk Uang Tambahan

20 Aug 2021 by Laruan

Mencari pekerjaan tambahan memang ditujukan untuk memenuhi beberapa kebutuhan, karena kadang mengandalkan gaji utama tidak mencukupi. Biasanya pekerjaan tambahan ini pun hubungannya erat dengan hobi seperti misalnya mendesain logo, tulis artikel, dan lain-lain. Bahkan hingga saat ini sudah banyak sekali rekomendasi situs freelance yang bisa dijadikan sebagai alternatif.

7 Rekomendasi Situs Freelance Untuk Uang Tambahan

Menjadi seorang freelancer memang tidaklah mudah, karena tetap saja dibutuhkan keahlian khusus dan pemahaman yang tinggi tentang apa yang kita kerjakan. Namun, jika Sobat Pintar sudah berpengalaman dalam bidang yang disukai, maka bukan tidak mungkin jika penghasilannya pun bisa sangat besar. Bahkan sekarang ini ada beberapa orang yang bisa hidup hanya dengan mengandalkan gaji sebagai pekerja lepas.

Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

Sebagai seorang pekerja lepas, tentu saja ada banyak keuntungan yang akan Sobat Pintar dapatkan. Salah satunya ialah fleksibel waktu pengerjaan, di mana Sobat Pintar bisa melakukannya kapan saja Sobat Pintar mau. Hal ini tentu saja dengan pegawai kantoran yang mesti pergi ke kantor untuk kerja, sementara Sobat Pintar bisa mengerjakan berbagai tugas dari manapun tempatnya. Entah itu di rumah, atau di tempat umum seperti kafe dan sebagainya.

Sobat Pintar bahkan bisa mematok sendiri harga yang akan ditawarkan kepada klien, sehingga bisa mengatur pendapatan yang akan diperoleh. Namun, harga yang Sobat Pintar tawarkan tentu saja harus sesuai dengan kualitas yang nanti didapatkan oleh klien. Sebaiknya memasang harga yang sesuai, dalam artian jangan sampai terlalu mahal atau terlalu murah.

Pekerjaan freelance banyak dicari oleh masyarakat saat ini terutama di tengah adanya pandemi, sehingga kemungkinan Sobat Pintar butuh rekomendasi situs freelance sebagai tempat untuk mencari pekerjaan lepas. Di internet sendiri ada beberapa situs yang bisa dijadikan sebagai alternatif, pastinya semua situs mempunyai kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing.

7 Rekomendasi Situs Freelance yang Bisa Sobat Pintar Coba

7 Rekomendasi Situs Freelance Untuk Uang Tambahan

Daripada bingung, ada baiknya Sobat Pintar menyimak beberapa rekomendasi situs di bawah ini sebagai tempat untuk mencari pekerjaan lepas. Situs-situs yang direkomendasikan sering kali dipakai oleh para freelancer dan tentunya memiliki ulasan yang sangat baik. Apa saja rekomendasinya?

1. Fiverr

Sebagai website freelancer yang sudah terkenal, Fiverr menawarkan kemudahan bagi para pekerja lepas untuk mendapatkan kliennya. Sobat Pintar tak perlu repot melakukan apply satu per satu ke klien yang membutuhkan jasa, akan tetapi kalianlah yang akan mencari para freelancer sendiri. Hal ini pastinya membuatmu harus membuat pengumuman atau penawaran semenarik mungkin agar klien mau bekerja sama.

Di Fiverr, Sobat Pintar hanya harus mendaftar dan menunggu klien datang menawarkan pekerjaan. Sistemnya pun sudah dibuat secanggih dan seaman mungkin, sehingga mampu melindungi privasi baik dari klien maupun para pekerja lepas di situs ini.

2. Fastwork

Situs yang satu ini sudah memiliki aplikasi sendiri, jadi jika Sobat Pintar sudah mendaftar sebagai freelancer di website, maka harus mengunduh aplikasinya juga agar bisa mengobrol dengan klien lebih leluasa lagi. Sistem di Fastwork terbilang mudah untuk dipahami, sehingga tak heran jika situs freelance yang satu ini sangat laris.

Sobat Pintar juga tak perlu repot mencari klien ke sana kemari dan melakukan apply pada job-job tertentu. Karena di Fastwork sudah ada kategori yang memudahkan klien untuk mencari freelancer yang mereka inginkan. Ada banyak kategori mulai dari penulisan, desain dan sejenisnya sehingga mudah untuk mendapatkan klien di Fastwork.

3. Upwork

Pada situs ini ada 12 juta lebih pencari kerja dengan jutaan klien yang membutuhkan jasa. Upwork memiliki sistem pembayaran yang terbilang fleksibel di mana bisa dilakukan per jam atau bahkan per proyek yang sudah diselesaikan.

Upwork juga mempunyai beberapa fitur yang akan memudahkan pekerjaan seorang freelancer. Misalnya saja fitur Collaborative space dan juga invoice bawaan. Sehingga membuat para pekerja lepas merasa nyaman menggunakan situs satu ini.

Artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

4. Projects.co.id

Di sini Sobat Pintar akan menemukan beragam bidang jasa mulai dari jasa tulis, jasa penerjemah, jasa pembuatan logo dan macam-macam lainnya.

Namun, di Projects, Sobat Pintar harus melakukan apply satu per satu pada job yang sudah diumumkan oleh klien. Jadi, bukan klien yang mencari Sobat Pintar tapi malah sebaliknya. Hal ini bisa dibilang cukup merepotkan, karena harus bersaing dengan banyak sekali orang yang menginginkan 1 pekerjaan yang sama.

5. Sribulancer

Situs satu ini memiliki banyak sekali pekerja lepas dalam berbagai bidang mulai dari penulis, asisten toko online, penerjemah, jasa pembuatan situs dan lain-lain. Sribulancer memberikan klien dan juga freelancer yang berkualitas sehingga Sobat Pintar tidak perlu merasakan kekhawatiran apapun saat bergabung di situs ini.

Sistem pembayaran pada Sribulancer juga terbilang mudah karena menggunakan transfer bank. Sementara itu pada pilihan mata uangnya bisa menggunakan dollar atau rupiah. Situs ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh para freelancer dibandingkan yang lainnya.

6. Toptal

Sebagai orang yang menyukai dunia teknologi dan memiliki pemahaman yang sangat baik akan bidang itu, Sobat Pintar bisa mencoba Toptal. Situs ini tempat bagi para freelancer yang paham betul profesi sebagai Product Manager, UI/UX Designer, Software developer dan macam-macam lainnya.

Tentu hal ini membuat Sobat Pintar harus mempersiapkan diri akan seleksi yang ketat dari pihak Toptal. Karena pastinya pihak Toptal tidak ingin memberikan hasil yang asal-asalan kepada klien yang sudah memakai situs mereka.

7. Freelancer Indonesia

Situs ini dulunya merupakan rintisan start up yang berasal dari Australia, tapi kemudian semakin berkembang dan akhirnya populer di Indonesia. Freelancer mempunyai banyak sekali kelebihan, salah satunya ialah terhubung dengan klien yang berasal dari luar negeri.

Fiturnya pun sangat beragam dan banyak kategori pekerjaan yang dapat dipilih. Namun, pada situs ini sangat dianjurkan untuk membuat kartu kredit atau akun pembayaran virtual agar Sobat Pintar bisa menerima pembayaran. Banyak rumor beredar mengenai adanya penipuan dan sebagainya yang ada di aplikasi ini, sehingga Sobat Pintar harus sangat berhati-hati sebelum menerima pekerjaan apapun.

Nah, itu tadi adalah rekomendasi situs freelance ternama. Jika tekun melakukan pekerjaan sebagai freelancer, maka bukan tidak mungkin Sobat Pintar akan mendapatkan hasil yang besar. Terutama jika kliennya berasal dari luar negeri.

Artikel menarik lainnya: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload