Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga Omzet Jutaan

11 Jul 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

Bisnis papan bunga termasuk dalam bisnis yang menjanjikan dengan peluang omzet mencapai jutaan. Cara bisnis papan bunga ini juga tidak tergolong rumit mengingat bahannya mudah untuk didapatkan. Disamping itu, diperkirakan usaha ini juga tidak akan lekang waktu karena permintaan terhadap ucapan berupa papan bunga mengalami peningkatan secara terus menerus. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\8\Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga Omzet Jutaan.jpg

Namun, meskipun begitu, banyaknya saingan di bidang bisnis ini membuat para pelaku bisnis papan bunga harus menjalankan strategi yang tepat. Dengan begitu omzet jutaan pun bisa diraih dengan cepat. Nah, seluruh tips untuk menjalankan bisnis papan bunga dan cara memulai bisnis ini bisa kamu simak sebagai berikut. 

Baca juga: Apa Itu KTA? Mari Kita Pahami Manfaat Pengajuannya | Kredit Pintar 

Tips Menjalankan Bisnis Papan Bunga

Strategi bisnis yang tepat akan membawa pada keuntungan yang cepat pula. Salah satu kiat dan cara bisnis papan bunga yang menghasilkan omzet jutaan bisa ditempuh dengan melakukan beberapa tips. Tips-tips tersebut diantaranya:

Lokasi Bisnis Strategis

Tips pertama dalam cara bisnis papan bunga yang harus diperhatikan adalah terkait dengan lokasinya. Suatu bisnis bisa dengan mudah diakses oleh orang banyak jika memiliki lokasi yang strategis. Apalagi jika lokasi tersebut dekat dengan jalan-jalan besar maupun berada di kawasan khusus pertokoan.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\8\Lokasi Bisnis Strategis.jpg

Untuk menentukan lokasi bisnis papan bunga yang strategis bisa dilakukan dengan melakukan riset dulu. Ketahui seperti apa target pasar yang kamu incar, dengan begitu kamu akan jadi lebih mudah memutuskan ingin membuka bisnis papan bunga di lokasi yang seperti apa.  

Pasarkan Secara Online

Mengingat sekarang ini sudah memasuki era digital yang mana sudah banyak penggunaan sosial media, akan lebih disarankan jika kamu juga memasarkan bisnis papan bunga secara online. Cara bisnis papan bunga secara online dapat kamu lakukan dengan membuka akun bisnis khusus, baik di Instagram, Twitter, maupun di Facebook. 

Disamping itu, untuk membuat pemasaran yang lebih menarik, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media TikTok. Biasanya orang-orang akan lebih tertarik untuk melihat promosi dalam bentuk video. Ini juga bisa menjadi cara jitu untuk mendatangkan lebih banyak customer dan pesanan ke toko kamu. 

Baca juga: Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan | Kredit Pintar 

Bagikan Promo Khusus

Nampaknya tidak ada seorang pun yang tidak menyukai promo. Tips atau cara bisnis papan bunga ini tentu bisa kamu manfaatkan untuk pelanggan yang memesan di momen tertentu. Misalnya, saat pembukaan bisnis pertama kali, kamu bisa memberikan potongan diskon dengan nominal sekian persen. 

Selain itu, kamu juga bisa memberikan spesial promo di peringatan hari-hari tertentu. Contoh, saat ada yang memesan papan ucapan selamat ulang tahun di tanggal 17 Agustus, kamu bisa sekalian memberikan diskon 17% sesuai dengan tanggal tersebut. 

Tingkatkan Kualitas dan Desain Papan Bunga

Salah satu nilai jual yang menarik dari sebuah bisnis papan bunga adalah keunikan dan kualitas desainnya. Sebuah ucapan papan bunga yang tulisannya mudah dibaca dan memiliki hiasan bunga yang menarik, pastinya akan menarik perhatian banyak orang. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\8\Tingkatkan Kualitas dan Desain Papan Bunga.jpg

Desain yang monoton dan terkesan begitu-begitu saja tentu akan membuat pelanggan merasa kurang puas. Jika perlu, kamu juga harus menyediakan dan menawarkan ukuran papan bunga yang beragam. Dengan begitu, akan lebih banyak variasi pilihan papan bunga yang bisa dipilih oleh para calon pelanggan. Tidak lupa, terus asah skill merangkai bunga dan menghias ucapan papan nama supaya bisa menghasilkan desain yang menarik dan unik. 

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik juga menjadi kunci mengapa suatu bisnis papan bunga bisa begitu dipercaya oleh pelanggannya. Bentuk pelayanan yang terbaik bisa dilihat dari cara pemilik bisnis atau karyawannya saat berbicara maupun membalas pesan pelanggan. 

Pesanan yang diproses dengan cepat dan diantarkan ke alamat penerima tepat waktu juga menunjukkan kalau layanan yang kamu berikan memang pelayanan terbaik. Jadi, penting untuk memberikan pelayanan yang baik supaya pelanggan tidak kecewa dan semakin banyak yang ingin berlangganan dengan bisnis papan bunga yang kamu miliki. 

Baca juga: Ini 10 Keuntungan Investasi Saham | Kredit Pintar 

Cara Memulai Bisnis Papan Bunga

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\8\Cara Memulai Bisnis Papan Bunga.jpg

Setelah mengetahui beberapa tips penting dalam cara bisnis papan bunga, kamu juga perlu menyiapkan hal lain saat baru pertama kali membuka bisnis papan bunga. Cara memulai bisnis ini bisa dilakukan dengan menyiapkan modal, merekrut karyawan, hingga menyiapkan akomodasi pengiriman. Selengkapnya bisa disimak dalam penjelasan berikut.

Siapkan Modal Bisnis Papan Bunga

Untuk membuka bisnis papan bunga, tentu kamu harus menyiapkan material untuk pembuatan papan papan bunga. Oleh karena itu, persiapan modal untuk bisnis papan bunga ini juga berkaitan erat dengan material yang harus disiapkan. Di bawah ini adalah rincian material sekaligus modal yang perlu kamu siapkan untuk pembukaan bisnis papan bunga.

  • Kayu (lebih disarankan menggunakan kayu meranti) 1×2 inch sejumlah 7 batang. Jumlah kayu bisa disesuaikan dengan ukuran dari ucapan papan kayu yang dipesan. 

Perkiraan harga: Rp45.000 x 7 = Rp315.000.

  • Busa dengan ketebalan 4 cm sejumlah 3 lembar. Perkiraan harga: Rp125.000 x 3 = Rp375.000.
  • Kain blacu atau beludru. Perkiraan harga: Rp60.000.
  • Lem kambing 1 kaleng. Perkiraan harga: Rp35.000.
  • Huruf karet papan bunga. Perkiraan harga: Rp250.000 per pack.
  • Paku payung 1 box. Perkiraan harga: Rp35.000.
  • Bunga satin sebanyak 5000 kuntum. Perkiraan harga: Rp400 x 5000 = Rp2.000.000.
  • Jarum pentul sebanyak 4000 biji. Perkiraan harga: Rp160.000.
  • Renda 1 gulung. Perkiraan harga: Rp40.000.

Dari bahan-bahan yang telah disebutkan, total perkiraan modal yang perlu dikeluarkan untuk bisnis papan bunga ini adalah Rp3.270.000. Namun, modal di atas sifatnya hanya berupa perkiraan saja. Nominal modal bisa berbeda jika bahan yang dibutuhkan juga berbeda. 

Baca juga: Cara Usaha Online Tanpa Modal | Kredit Pintar 

Mulai Rekrut Karyawan

Berikutnya, setelah menyiapkan modal, cara bisnis papan bunga bisa dilakukan dengan merekrut karyawan. Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha papan bunga biasanya yang bisa merangkai bunga dan juga bertugas untuk pengiriman. Disamping itu, dibutuhkan juga karyawan yang bisa berkomunikasi dengan pelanggan via sosial media, terutama jika bisnis yang kamu miliki dipasarkan secara online. 

Sebenarnya, merekrut karyawan hanya berupa opsi alternatif jika kamu cukup kewalahan dalam mengelola bisnis papan bunga. Apabila kamu merasa masih bisa mengelola bisnis dengan orang-orang terdekat maka perekrutan karyawan dirasa tidak begitu perlu dilakukan.

Siapkan Akomodasi Pengiriman

Bisnis papan bunga juga tidak lepas dari proses pengiriman. Mengingat papan bunga yang umumnya dipesan juga tergolong berukuran besar sehingga dibutuhkan akomodasi yang memadai untuk pengiriman. Untuk itu, persiapan dalam bisnis papan bunga juga membutuhkan akomodasi seperti mobil pick up

Baca juga: Bagaimana Cara Kita Supaya Bisa Bekerja Sama Dalam Keberagaman | Kredit Pintar 

Demikianlah seluruh tips dan cara bisnis papan bunga yang perlu dipersiapkan terutama jika kamu baru pertama kali membuka bisnis ini. Jangan sampai ada persiapan yang terlewat dan pastikan kamu menerapkan tips-tips yang ada untuk membuka peluang omzet jutaan rupiah. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download